ZAT ADITIF

 

Pengertian

Zat aditif adalah zat-zat yang ditambahkan pada makanan selama proses produksi, pengemasan atau penyimpanan untuk maksud tertentu. Blus Batik LawarPenambahan zat aditif dalam makanan berdasarkan pertimbangan agar mutu dan kestabilan makanan tetap terjaga dan untuk mempertahankan nilai gizi yang mungkin rusak atau hilang selama proses pengolahan.

Pada awalnya zat-zat aditif tersebut berasal dari bahan tumbuh-tumbuhan yang selanjutnya disebut zat aditif alami. Umumnya zat aditif alami tidak menimbulkan efek samping yang membahayakan kesehatan manusia. Akan tetapi, jumlah penduduk bumi yang makin bertambah menuntut jumlah makanan yang lebih besar sehingga zat aditif alami tidak mencukupi lagi. Oleh karena itu, industri makanan memproduksi makanan yang memakai zat aditif buatan (sintesis). Bahan baku pembuatannya adalah dari zat-zat kimia yang kemudian direaksikan. Zat aditif sintesis yang berlebihan dapat menimbulkan beberapa efek samping misalnya: gatal-gatal, dan kanker.

Macam-macam Zat Aditif

  1. Zat Pewarna

Adalah bahan yang dapat memberi warna pada makanan, sehingga makanan tersebut lebih menarik.

Contoh pewarna alami: Contoh pewarna sintetik:

a. Anato (orange) a. Biru berlian (biru)

b. Karamel (cokelat hitam) b. Coklat HT (coklat)

c. Beta karoten (kuning) c. Eritrosit (merah)

d. Klorofil (hijau) d. Hijau FCF (hijau)

  1. Penyedap rasa dan aroma serta penguat rasa

Zat aditif ini dapat memberikan, menambah, mempertegas rasa dan aroma makanan.

    1. Penyedap rasa dan aroma (flavour)

Penyedap rasa dan aroma yang banyak digunakan berasal dari golongan ester.

Contoh: Isoamil asetat (rasa pisang), isoamil valerat (rasa apel), butil butirat (rasa nanas), isobutil propionat (rasa rum)

    1. Penguat rasa (flavour echancer)

Bahan penguat rasa atau penyedap makanan yang paling banyak digunakan adalah MSG (Monosodium Glutamate) yang sehari-hari dikenak dengan nama vetsin.

    1. Zat pemanis buatan

Bahan ini tidak atau hampir tidak mempunyai nilai gizi, contohnya sakarin (kemanisannya 500x gula), dulsin (kemanisannya 250x gula), dan natrium siklamat (kemanisannya 50x gula) dan serbitol.

  1. Pengawet

Zat aditif ini dapat mencegah atau menghambat fermentasi, pengasaman atau penguraian lain terhadap makanan yang disebabkan oleh mikroorganisme.

Contoh bahan pengawet dan penggunaannya:

a. Asam benzoat, natrium benzoat dan kalium benzoat, untuk minuman ringan, kecap, acar ketimun dalam botol dan caos.

b. Natrium nitrat (NaNo3), untuk daging olahan dan keju.

c. Natrium nitrit (Na No2), untuk daging olahan, daging awetan dan kornet kalangan.

d. Asam propionate, untuk roti dan sediaan keju olahan.

5. Anti oksidan

Zat aditif ini dapat mencegah atau menghambat oksidasi.

Contoh:

a. Asam askorbat (bentukan garam kalium, natrium, dan kalium), digunakan pada daging olahan, kaldu, dan buah kalangan.

b. Butil hidroksianisol (BHA), digunakan untuk lemak dan minyak makanan

c. Butil hidroksitoluen (BHT), digunakan untuk lemak, minyak makan, margarin dan mentega.

6. Pengemulsi, pemantap, dan pengental

Zat aditif ini dapat membantu pembentukan atau pemantapan sistem dispersi yang homogen pada makanan.

Contoh: agar-agar, gelatin, dan gom arab

7. Pemutih dan pematang tepung

Zat aditif ini dapat mempercepat proses pemutihan atau pematangan tepung sehingga dapat memperbaiki mutu pemanggangan.

Contoh: Asam askorbat, aseton peroksida, dan kalium bromat

8. Pengatur keasaman

Zat aditif ini dapat mengasamkan, menetralkan, dan mempertahankan derajat keasaman makanan. Contoh: asam asetat, aluminium amonium sulfat, amonium bikarbonat, asam klorida, asam laktat, asam sitrat, asam tentrat, dan natrium bikarbonat

9. Anti kempal

Zat aditif ini dapat mencegah pengempalan makanan yang berupa serbuk. Contoh: aluminium silikat (susu bubuk), dan kalsium aluminium silikat (garam meja)

10. Pengeras

Zat aditif ini dapat memperkeras atau mencegah melunaknya makanan. Contoh: aluminium amonium sulfat (pada acar ketimun botol), dan kalium glukonat (pada buah kalangan)

11. Sekuestran

Adalah bahan yang mengikat ion logam yang ada dalam makanan. Contoh: asam fosfat (pada lemak dan minyak makan), kalium sitrat (dalam es krim), kalsium dinatrium EDTA dan dinatrium EDTA

12. Penambah gizi

Zat aditif yang ditambahkan adalah asam amino, mineral, atau vitamin untuk memperbaiki gizi makanan.

Contohnya: Asam askorbat, feri fosfat, vitamin A, dan vitamin D.

More….

Artikel Sejenis:

__________________________________________________________
Duta Pulsa

. Home. Ok Rek. Testimoni. FAQ. Produk Duwur. Martapura. Batik Unik. Gamis Modern. Batik Tulis. Perhiasan Martapura. Millo Shop

About these ads

59 Responses to “ZAT ADITIF”

  1. Artikelnya bagus n informatif banget, Bisa minta lengkap atau referensi buku tentang jumlah2 zat aditif seperti pewarna dan pengawet yg diperkenankan ????? Btw thanks

  2. Terima kasih atas perhatiannya. semoga berguna juga untuk yang lain.
    Tentu saja artikel seperti ini jauh dari lengkap bila dibandingkan dengan web-web resmi yang berhubungan dengan hal tersebut.

  3. tolong jelasin dong, kenapa zat aditif bila disintesis secara kimiawi lebih mahal dibandingkan dengan fermentasi jamur? pr nih….pleeez

  4. Ya mudah saja toh Fat.

    Zat kimia yang digunakan untuk disintesis harus beli ke toko kimia lebih mahal, apalagi untuk penggunaan dalam jumlah yang banyak, dibandingkan proses secara biologis dengan memanfaatkan jamur yang dapat bekembang biak secara alami. Tentu saja pertamanya jamur juga beli, kalau belum ada. Selain harganya lebih murah, juga dapat diperbanyak dengan cara alami.

    Kira-kira begitu Fat.

    Semoga dapat membantu.

  5. artikelnya bagus banget….cuman bisa gak zat adiktif,khusunsnya asam deberi rumus kimianya????soalnya di sekolahan sekarang lagi cari asam basa dan garam,lengkap dgn rumus dan gunanya..tolong ya…plizzzzzzzzzzz

  6. Nzhu,
    aduh pas pelajaran itu aku kayaknya ngantuk tuh, makanya tidak ada ada dalam catatanku. Ntar kalau ketemu bukunya tak kasih deh ke email kamu. Terima kasih atas perhatiannya ya.

  7. mas, emang situs resminya apa? q’sih tau donk

  8. Nay,

    Ya, ini cuma artikel kiriman dari Mbak Wati dan Mas Afandi, katanya dari catatan saat sekolah.
    Entar tak mintakan, keterangan lebih lanjut. Kayaknya dia lagi sibuk dengan si kecilnya.

    Maaf ya, kalau tidak bisa membantu dengan memuaskan.

    Saya (Dahlan F), juga belum ketemu web yang memuaskan tentang zat aditif ini.

    ______________

  9. zat aditif tuch bahaya juga yach…………
    Tyuzzss…koq gag dicantumin kerugian2annya cegh….

    kan qta sbgai peljar jga btuh informsi tntng ituu…..

    ntar klo aqw buka web nech…
    hrys udah ada manaat dan kerugian dari zat aditif.
    Okey…………………..
    THANKS

  10. zat aditif tuch bahaya juga yach…………
    Tyuzzss…koq gag dicantumin kerugian2annya cegh….

    kan qta sbgai peljar jga btuh informsi tntng ituu…..

    ntar klo aqw buka web nech…
    hrys udah ada manfaat dan kerugian dari zat aditif.
    Okey…………………..
    THANKS cuuuaaant3k….he…he…

  11. C.K.C.K.C.K

    AsiKkkk aBieZzz…

    Niie aRtikeLLL… OkkHHzz PoenJa…
    YaKinnn deChhh…

    nGebaNtuu aBiezz GitooHH…

    TuGas-Tugas guuwH LanGsunGG keLaRRR!!!CukUp dGn bUka Niieee aRtiKelll…

    ..PeaCeee..
    ..LopH..

    ProMMmm

    CutEzz_giRLzz

  12. Seeee…
    tHanKzz PuLLL yawhhh…

    TuGaS guuWWhh daHH mawww jadi…

    TaaapPPiiii…
    KoooQ gaGhhh adHHzzz piCtuRexxxx SicHHhhh…

    cObaaa kLLuu adHHzz GamBarxxx…
    PasTiiieee LebiHHhhh oKsss PunJJ…

    ..SaYzzz..

    ..PaeCee..
    ..LopHH..
    ..SmiLLeee..

    (-_o)

    CuTezzz_giRLLLzzz

  13. mo nanya lah…
    klu website resmi zat aditif apa?

  14. Dengan Hormat,

    Artikel tentang zat aditif ini sangat bagus dan berguna bagi orang2 awam seperti saya,

    Masi dalam kontek zat aditif, saya kesulitan untuk membeli “aluminium ammonium sulfate” untuk keperluan teknis bukan analis. kiranya bila ada rekan yang tau dimana membelinya di jakarta ataupun wilayah tangerang saya sangat berterima kasih.mohon bantuannya

    sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih, email saya fananie2002@gmail.com

    Hormat Saya

    Fananie

  15. waww .
    thank you very much much much .
    hha hha hha . :D

    berkat nihh artikel .
    gue jadi bisa ngedapetin info zat aditif .
    tuhh materi buat presentasi gue di sekolah .

    and . by the way .
    gue juga lumayan dapet nilai bagus .
    karena apa yang guru gue mintaa .
    pas banget ma info inii .
    hho hho . *senangg*

    once again .
    THANK YOU SO MUCH !!
    *muahh muahh buat honey kuu*
    *makasii buat yang bikin artikel*
    hhe hhe .

  16. nak minta tolong…

    saya ingin mencari zat aditif yang sesuai digunakan untuk kerepok ikan segera….
    saya ingin menambahkan kualitinya dengan mengekalkan kerangupan dan tidak mempunyai bau minyak…..

    jenis zat aditif yang manakah patut saya gunakan??
    di mana saya boleh mendapatkan dalam pasaran??

    plz…. tolong….
    thanks…..

  17. MKASSIH ATAS INFORMASINYA YAA ..

  18. wah2

    lumayan nih

    thx ya

    buat tugas skul

    cuman kurang lengkap ttg dampak negatifnya om

  19. c!nxx zUumMpah.Na ge,,

    w taX n9rtii vZund,,

    hoHO*

  20. Wuiih banyak juga. . .
    Pi aku butuh sekalian dampaknya . .
    Salam wt mua anak SMANung ROHUL

  21. Saya sebenarnya pingin kenalan sekaligus jadi pacarnya dengan teman sekelas saya yang bernama EFRISTA yang bersekolah di SMPN 6 Malang…
    He,tolong kabulkan permintaan saya

  22. bodo………..tp pnting juugga ci………………………………

  23. please… ada foto nya ga tentang pencampuran zat adiktif pada makanan contohnya bakso ,,,perbedaan yg menggunakan zat adiktif makanan dan yang tidak … please kirim ke emailku ya nana_lye@rocketmail.com. thx b4

  24. Ehmm…. baHasa nya Ribet..???
    tapi, jadi tambah Ilmu nech…

  25. Tengkyu banget coy !!!

    selesai dah tugas gua !!! hahai . . .

  26. kok cm segini sih …!!!!!!!!!!!!!!!
    yang lengkap dnk madesuu loee !!! gk tw drii …
    !!!!!!!!!!!!!!

  27. makasih infonya, ngebantu banget! :D

  28. Thankz ea dh bntuin q ngrjain tgaz bioligi q . . ,

  29. saya minta fungsi dari semia zat aditif yang ada di atas ya………,please….,,,,……!!!!!!!!!

  30. wah………….artikel tentang zat adiktif itu bagus banget jadi kita bisa tahu apa itu zat aditif

  31. llllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllll

  32. mau nanya lah.

    kalo pengaruh zat aditif buatan terhadap kesehatan sistem pencernaan????……..
    apa dong PR nih
    JAWAB LAH
    PLIZZZZZZZZZZ

  33. menurut saya pemerintah juga harus benar-benar tanggapi dengan serius mengenai Zat aditif karena tadi di jelaskan di atas, Aditif buatan atau sintesis mempunyai efek samping kanker dan gatal-gatal jadi tolong di sikapi dengan cermat, kalau memang di bahan makanan kemasan yg memiliki kadar aditif tinggi dan berbahaya jangan di berikan ijin untuk di pasarkan, thanks.

  34. Thax….
    bwat infonya…
    karnanya saia bisa ngerti tentang zat aditif…
    well,, tinggal gambar ajj yg kurang

    penjelasannyaa emaang jelas..,
    coz,pertahankan,!

    >Athena,misS oMorpHos..

  35. Thx bgt ya…..
    Atas semua informasi tentang zat aditf nya…
    Mmmmm… Sangat bermanfaat nih…
    Tp gambar nya kurang, jd kurang tertarik untk m’baca nya….
    Bahasa penjelasannya juga bgus…

    >Aphrodite Pulchra Amor… <3

  36. thx bgt ats informasi.a..
    saiia bisa ngerti..

    tp krang gmbar.. mm..
    ga bisa mgerti amatt..
    he..he..
    thx.. :)

  37. trimakasih ea,,berkat nie aq jadi ngerti tentang zat aditif,,,,,,,:) :)

  38. thank’s informasinya

  39. tulisanya bagus dan terimakasih sangat bermanfaat, kalau bisa cara penulisanya lebih jelas lagi, saya belum bisa memahami cara penulisanya…

Trackbacks

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.972 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: