Sekretaris

Pengertian Sekretaris

Istilah sekretaris berasal dari Bahasa Latin yaitu secretum yang artinya rahasia. Dalam Bahasa Perancis disebut secretaire, dalam Bahasa Belanda yaitu secretares, sedangkan dalam Bahasa Inggris disebut secretary yang berasal dari kata secret yang berarti rahasia. Sesuai dengan asalnya, maka seorang sekretaris harus bisa menyimpan rahasia dalam arti rahasia perusahaan atau yang tidak perlu diketahui oleh orang lain atau para pegawai.

Beberapa pengertian sekretaris menurut para ahli:

Menurut H. W Fowler dan F. G Fowler The Concise Oxford Dictionary of Current English, cetakan ke-3, hal 1142.

Sekretaris adalah:

1. Orang yang bekerja pada orang lain untuk membantu dalam korespondensi, pekerjaan tulis, mendapatkan informasi dan masalah-masalah lainnya.

2. Pegawai yang ditunjuk oleh masyarakat atau perusahaan atau perserikatan untuk melakukan korespondensi, memelihara warkat-warkat, terutama yang berurusan dengan perusahaannya.

3. Menteri yang mengepalai kantor pemerintahan, menteri di Amerika Serikat dan Vatikan.

(Drs. Sutanto, 1992: 1-2)

Menurut Louis C. Nahassy dan William Selden, Business Dictionary, 1960, hal 184. Sekretaris adalah:

“Seorang pegawai kantor yang memiliki kedudukan yang lebih bertanggung jawab daripada seorang stenographer dan tugas-tugasnya biasanya meliputi pengambilan dan penyalinan dikte berurusan dengan publik untuk menjawab telepon, mengundang pertemuan, membuat perjanjian dan memelihara atau mengarsip warkat-warkat, surat-surat, dan lain-lain. Seorang sekretaris sering bertindak sebagai seorang pembantu administrasi atau pimpinan muda.” (Drs. Sutarto, 1992: 2).

Menurut C. L Barnhart, sekretaris adalah:

1. Seorang yang melakukan korespondensi, memelihara warkat, dan lain- lain untuk perorangan atau organisasi.

2. Seorang kepala pejabat pemerintah yang mengawasi dan memimpin suatu departemen pemerintahan tertentu: Menteri Luar Negeri.

3. Sebuah perabotan untuk dipakai sebagai meja tulis.

4. Sebuah meja dan rak buku diatasnya.

(Drs. Sutarto, 1992: 2)

Menurut M. Braum dan Roman dari Portugal, sekretaris adalah:

“Seorang pembantu dari seorang kepala yang menerima pendiktean, menyiapkan surat-menyurat, menerima tamu–tamu, memeriksa atau mengingatkan kepalanya mengenai kewajibannya yang sesuai atau perjanjiannya, dan melakukan banyak kewajiban lainnya yang berhubungan guna meningkatkan efektifitas dari kepala itu.” (Drs. Sutarto, 1992:3)

Berdasarkan uraian diatas mengenai sekretaris, maka secara umum sekretaris adalah seorang karyawan atau pegawai yang diangkat oleh pimpinannya sebagai pembantu pribadinya untuk mengerjakan tugas-tugas kantor atau perusahaan, karena dianggap dapat dipercaya dalam mengerjakan tugas-tugas pimpinan dan dapat memegang rahasia perusahaan.

Syarat-syarat Seorang Sekretaris

1. Syarat Kepribadian

2. Syarat pengetahuan

3. Syarat keahlian

4. Syarat praktik

Sebelum seorang diangkat sebagai sekretaris, orang tersebut harus cukup mempunyai pengalaman dalam berbagai pekerjaan tata usaha kantor, maka dengan demikian orang itu harus mencoba menangani pekerjaan yang tanggung jawabnya belum begitu luas, misalnya: sebagai resepsionis, operator, korespondensi dan lain-lain.

(Waworuntu, 1995: 59-61)

Pekerjaan Sekretaris

Adapun pengelompokan pekerjaan sekretaris meliputi:

1. Pekerjaan keterampilan

a. Menerima dikte dengan stenografi atau merekam dengan tape recorder

b. Mengetik komputer dan mesin ketik manual atau elektrik

c. Mengerjakan pembukuan ringan

d. Menyimpan arsip-arsip untuk pimpinan

e. Membuat surat

f. Menerima tamu

g. Mengatur perjalanan, hotel, tiket pesawat, dan sebagainya

2. Pekerjaan keahlian

Adapun pengelompokan pekerjaan sekretaris yaitu:

a. Melaksanakan keputusan kebijaksanaan dalam memberikan tugas-tugas kepada pegawai-pegawai bawahannya

b. Sebagai penerjemah pimpinannya

c. Mengikuti jalannya seminar-seminar yang dilakukan oleh perusahaan yang ada kepentingannya dengan jalannya organisasi

d. Mengolah data untuk penyusunan laporan

e. Mengatur rapat dan menulis notulen rapat

(Waworuntu, 1995: 62-63)

Walaupun sekretaris orang kedua dari perusahaan atau tangan kanan pimpinan, janganlah mengabaikan untuk tidak memberitahu apabila tidak masuk kerja, karena sekretaris dan pimpinan merupakan satu kesatuan yang bekerja ke arah satu tujuan dan pimpinan akan mencari seorang pengganti untuk sementara. Dengan memberitahukan sebelumnya tidak masuk kerja itu merupakan salah satu etiket sekretaris.

Macam-macam Sekretaris Berdasarkan ruang lingkup dan tanggung jawab

Macam-macam Sekretaris Berdasarkan kemampuan dan pengalaman kerja

Tugas sekretaris

Tanggung Jawab Sekretaris

Peranan Sekretaris

Terima kasih Mbak Dwi

dari Catatan Kuliah

Dynasis

Link Bisnis Internet

Pasang Iklan

Duta Pulsa

Catatan Sekolah

Belajar Berbagi

NgeblogDapetDuit

KumpulBlogger

okRek.com

PenghasilanFulltime

Yuwie

Usaha Dirumah

44 Responses to “Sekretaris”

  1. hi… kebetulan aku lagi butuh banget niy.. u/ informasi sekretaris lagi..
    khususnya untuk : jenis sekretaris berdasarkan sifat pekerjaan, bidang kekhususan… tolong donk kirimkan jawabannya segera ke email aku……..

    thankssssssss before…………..

    :) :)

  2. oh ya.. email aku di v3a_ulfa@yahoo.com

    ok!!! aku tunggu yach!!!!!

  3. thx banget atas tulisannya…

    tulisan di atas sangat membantu ^^

  4. Dear Narasumber,

    Efekif satu bulan dari sekarang saya akan menjadi sekretaris baru dalam sebuah perusahaan. Tulisan anda sangat membantu saya dalam mempersiapkan posisi ini. Terima kasih sudah mau berbagi.

    Salam,
    Chonie

  5. Hi… Mengapa sekretaris itu diprioritaskan kepada kaum wanita ? alasan mendasar apa sehingga perempuan yang diprioritaskan?

    mohon kirimkan jawan yang pasti ke Email address saya ya !
    Thanks.

  6. assalamualaikum,
    aduh makasih nih ada info dr sini,mesti aq ud ga skull lagi,tp aq seneng bgt belajar ttg administrasi perkantoran yg bersifat kesekretarisan,(hehhehehehehheehehh)
    secara dl wktu SMK aq ambil jurusan ini,(^_^)
    makasih yah,
    aq minta izin mw copy trs aq save bwt belajar lagi,sapa tau ntr jd sekretaris beneran?alhamdulillah..hehehehehheheh

    wassalamualaikum,

  7. Silakan di copy Ratih Septiana,
    kami senang bisa memberikan sesuatu yang berguna

    waalaikum salam wrwb

  8. asalamualaikum
    makasih bgt ya tentang informasi ini,coz kami dapat mempelajari berbagai macam hal tentang kesekertarisan.

    Wasalam

  9. mba/mas, saya mau nanya..
    gmn sich cara membuat agenda kerja pimpinan yang baik dan benar??

    trimakasih

  10. assalamu’alaikum…

    makasih banget nich ilmunya, aku baru aja 2mggu jadi sekretaris di salah satu perusahaan besar di Indonesia. Secara aku blm pernah jadi sekretaris & di divisi aku ini blm pernah sejarahnya ada sekretaris.. Naaah.. sekarang aku bener2 dari awal. Bisa dibantu.. ada artikel yg aku baca ttg sekretaris yg bunyinya: Seorang sekretaris dapat dijadikan “Pusat Informasi” di dalam kantor, paling tidak sekretaris harus sangat mengetahui bagian yang ditanganinya sendiri. Dengan bertindak sebagai pusat informasi, sekretaris mampu menjalankan kedudukannya sebagai peran Strategis, Peran teknis dan peran pendukung.Bisa dibantu utk contoh2 sekretaris di Peran Strategis, Peran Teknis & Peran Pendukung.. trims.. kirim ke email aku Mulyanti@pamapersada.com.

    Trims
    Wassalamu’alaikum.

  11. thank bgt, ya atas tulisanya, ini sangat membantu sekali karena saya sekarang bekerja dikantor, dimana saya bekerja mengurusi semuanya,kalau bisa jngn cuma ini aja, soalnya aku butuh bgt neh artikel mengenai struktur admin kantor dari mulai pembelian barang, penjualan barang, pembayaran customer dan banyak lagi mengenai admin kantor. thank

  12. tolong dong mengapa kok ada ujiannya padahal tahun kemarin tidak

  13. thankz bgt y mbk…….

  14. sekretaris equal with cantik

  15. bisa g diberikan contoh agenda kerja seorang skeertaris dalam sepekan?

  16. Berapa uang saku yang diberikan perusahaan buat pimpinan yang lagi dinas keluar negerii??
    aku lagi ad tugas ni…
    Aku lagi skul di Akademi Sekretaris..tolongin dung mba …thx.

  17. assalamualaikum. wr.wb
    mba’ saya mau nanyak masalah rujukan buku
    ada gak judul buku “analisis tugas-tugas sekretaris”
    tapi terbitan diatas tahun 2005 n karangannya.
    terima kasih sebelumnya.
    wassalam.

  18. apakah peranan seorang sekretaris dalam meningkatkan pendapatan suatu perusahaan?

  19. bisa tolong bantu saya mengumpulkan bahan2 untuk paper??
    judulnya arti keberadaan seorang sekretaris…
    tapi saya kekurangan bahan…
    > batasan-batasan antara sekretaris dengan pimpinannya
    > kewajiban sekretaris terhadap pimpinana
    > kewajiban sekretaris terhadap perusahaan
    > keterkaitan sekretaris dengan pimpinan

    apabila ada mohon dikirimkan ke alamat e-mail saya

    terimakasih

  20. Mohon info batasan – batasan pekerjaan sekretaris dan operator, karena operator di tempat saya kerja kadang tidak memberikan laporan divisi kepada saya untuk di acc pimpinan tapi dia langsung meminta acc kepada pimpinan apa itu benar dan bagaimana cara saya untuk menegur secara halus agar tidak terjadi ketersinggungan ?? bila saya tanya kenapa anda tidak menyampaikan kepada saya terlebih dahulu dia menjawab karena orang divisi itu memerintahkan dia (operator) untuk langsung memberikan kepada pimpinan, ya ga salah sih tapi tidak sesuai prosedur … bisa bantu ???????????

    • prosedur kerja biasanya memang sesuai dengan kebijakan pimpinan.
      jika yang terjadi adalah demikian, maka Tri Suharti bisa menyampaikan kepada pimpinan agar setiap laporang juga ditunjukkan kepada Suharti, agar bisa dicatat dan jika diperlukan lagi di lain waktu, dapat ditunjukkan kepada pimpinan.
      Jadi untuk menyampaikannya, bukan pada operator itu, tapi pada pimpinannya, atau langsung pada pimpinan Anda, sehingga prosedur itu adalah keinginan pimpinan dan demi kemudahan pekerjaan beliau.

  21. tolong dong kk, ngasih juga pengetian sekretaria dan sekretariatan menurut para ahli… please email me (arul_blitz@yahoo.co.id)

  22. emmmmm gmn yah cranya jadi rang sukses agar jadi sekertaris profesional????

  23. thank’s for all,
    gw jd bsa bntu doi ngrjain tgas sekretaris.ny,
    dr pd mrh” mulu ..
    skli lg makasi ..

  24. salam narasumber,

    saya sedang membuat bahan presentasi mengenai masalah Ruang Lingkup bidang kesekretarisan.

    Mohon bantuannya, apa saja yang harus ditambahkan kedalam materi ini. Agar materi presentasi saya berkembang.

    MOhon balas ke Email saya.

    Terima kasih
    Lita

  25. Mba boleh ga aq minta dikirimin contoh2 surat yang biasa di kerjakan sekretaris dalam tugas surat menyurat khususnya untuk perusahaan asing. thx a lot untuk bantuannya yah….

  26. Saya mw tw ttg skrtaris lbh jauh lg..saya dari kampus mw magang jd sekretaris..saya mw tanya
    1. hal2 ap saja yg perlu diperhatikan dlm mempersiapkan diri untuk melaksanakan magang?
    2. 10 contoh etiket selama mengikuti magang tsb

    thx

  27. kalo w lagi nyari gimana menjadi seorang sekretaris yagn efidiens dan efektif . . .

  28. bang, ijin kopas ya :D

  29. Bahsa sangat penting buat sekertaris, beruntung mereka yang menguasai lebih dari 2 bahasa, pasti sangat membantu…

    TRANS|Q

    Translation & Interpreting
    Accurate|Quick|Guarantee|Competitive

    Looking for translator . . . .?

    We do translation for you….all language

    Visit Indonesia for business, traveling, pleasure, partnership and other . . . . ?

    We are ready to help you . . . .

    Anda mencari penerjemah . . . .?

    Hubungi kami, untuk semua bahasa.

    Was experienced in translation and interpreting more than 10 years, the document includes all purposes for business, office, legal and other.

    TRANS|Q

    Translation & Interpreting
    Phone: 08180 780 9*** | 021.9575 7***
    Fax : 021.7888 9***
    infotransq.blogspot.
    Email: info.tranq
    Jakarta – Indonesia

  30. thank’s bget coz materinya komplit n pas ma yang q btuhkan skarang…

  31. mbak/mas …….. q mw tx dmn schul skretaris stlah smp thanks

  32. Artikel-nya bagus sekali :) Mau tanya donk, ada gak sih forum khusus untuk sekretaris biar bisa sharing dan berbagi ilmu gitu. Thanks :)

  33. bisa ngga tolong dikasih contoh format buku agenda kerja pimpinan berdasarkan waktu, media (tmpat), dan pemakai atau pengguna

    thanks ya butuh bgt nih

  34. bagaimana sich cara mengatur jadwal pimpinan dan perjalanan dinas pimpinan ?

  35. Ikuti Dan Hadiri Seminar “Sekretaris Sebagai Duta Manajemen Perusahaan”
    Sabtu ,17 Maret 2012
    Di Restoran Sajian Sunda Samabara ,Semarang
    Jam 09-00 s/d 14.30

    Fasilitas :
    1.Makalah
    2.Seminar Kit
    3.Snack dan Makan Siang
    4.Sertifikat
    5.Dorprise

    Info pendaftran hubgi : 089 566**** (Christian)

  36. assalamualaikum wr wb

    saya lagi butuh pengertian atau pendapat tentang sekretaris menurut para ahli” tapi dari buku tahun 2005 ke atas, mohon bantuannya yah .

    terima kasih :)

  37. Terima kasih ya ilmunya, ini sangat bermanfat bagi saya untuk mengembangkan bahan ajar untuk siswa SMK jurusan sekretaris, kalau ada yang berbahasa Inggris tolong dong

Trackbacks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.965 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: