Pengertian Laporan Keuangan

Laporan keuangan merupakan hasil akhir dari suatu proses pencatatan, yang merupakan suatu ringkasan dari transaksi-transaksi keuangan yang terjadi selama tahun buku yang bersangkutan.

Pengertian laporan keuangan menurut Standar Akuntansi Keuangan:

“Laporan keuangan merupakan bagian dari proses pelaporan keuangan. Laporan keuangan yang lengkap biasanya meliputi neraca, laporan perubahan posisi keuangan (yang dapat disajikan dalam berbagai cara seperti misal, sebagai laporan arus kas, atau laporan arus dana), catatan juga termasuk skedul dan informasi tambahan yang berkaitan dengan laporan tersebut, misal informasi keuangan segmen industri dan geografis serta pengungkapan pengaruh perubahan harga

Dari pengertian diatas laporan keuangan dibuat sebagai bagian dari proses pelaporan keuangan yang lengkap, dengan tujuan untuk mempertanggungjawabkan tugas-tugas yang dibebankan kepada manajemen.

Penyusunan laporan keuangan disiapkan mulai dari berbagai sumber data, terdiri dari faktur-faktur, bon-bon, nota kredit, salinan faktur penjualan, laporan bank dan sebagainya. Data yang asli bukan saja digunakan untuk mengisi buku perkiraan, tetapi dapat juga dipakai untuk membuktikan keabsahan transaksi.

Laporan keuangan terdiri dari:

-Neraca, menginformasikan posisi keuangan pada saat tertentu, yang tercermin pada jumlah harta yang dimiliki, jumlah kewajiban, dan modal perusahaan.

-Perhitungan laba rugi, menginformasikan hasil usaha perusahaan dalam suatu periode tertentu.

-Laporan arus kas, menginformasikan perubahan dalam posisi keuangan sebagai akibat dari kegiatan usaha, pembelanjaan, dan investasi selama periode yang bersangkutan.

-Catatan atas laporan keuangan, menginformasikan kebijaksanaan akuntansi yang mempengaruhi posisi keuangan dari hasil keuangan perusahaan.

Laporan keuangan diharapkan disajikan secara layak, jelas, dan lengkap, yang mengungkapkan kenyataan-kenyataan ekonomi mengenai eksistensi dan operasi perusahaan tersebut. Dalam menyusun laporan keuangan, akuntansi dihadapkan dengan kemungkinan bahaya penyimpangan (bias), salah penafsiran dan ketidaktepatan. Untuk meminimkan bahaya ini, profesi akuntansi telah berupaya untuk mengembangkan suatu barang tubuh teori ini. Setiap akuntansi atau perusahaan harus menyesuaikan diri terhadap praktik akuntansi dan pelaporan dari setiap perusahaan tertentu.

More….

._____________________________________________________________
Dynasis bisnis clixsense yuwie kumpulblogger bisnis online  PELUANG USAHA jualan PULSA Elektrik

24 Responses to “Pengertian Laporan Keuangan”

  1. no commandt…

  2. mas tolong dunkz materi ya di perjelas or lebih detail lagi owkey, saya mahasiswa dari lamapung sangat senang dengan materi darir anda akan tetapi lebih senang jika lebih jelas lagi

  3. saya bikin tugas akhir saya dengan judul analisa likuiditas & rentabilitas.dosen pembimbing saya nanya kenapa ngambil judul itu,saya jawab untuk mengetahiu dan menganalisa rasio likuiditas & rentabilitas,dan dosen saya nanya lagi,kenapa tidak mengambil solvabilitas dan aktifitas juga,dan saya ga bisa jawab,menurat anda jawaban apa yang harus saya jawab?
    terima kasih sebelumnya

    • jawab naya di balas an ini aja ya

    • Kami sepertinya juga tidak bisa memberikan jawaban yang tepat sesuai dengan yang dimaksudkan dengan dosennya Hana.
      mungkin kita bisa balik bertanya dengan “Apakah itu perlu Pak, apakah tidak lebih baik jika kita batasi saja pembahasan dalam tugas akhir ini, agar tidak terlalu luas.”

    • thnks ya…
      coba nnti saya jwb itu..
      buka ap ya pak,menrut pak yg sesuai untuk analisa rasio?saya pake buku anwar,dosen ku kurang mau

  4. saya mahasiswa yang sudah semester 5 di jurusan perbankan…sekarang saya mau menyusun proposal tapi saya masih bingung mencari judul. pak tolong bantu saya kasih judul yang cocok dengan jurusan saya yaitu jurusan perbankan….thanks

  5. mas tau gak perbedaan pelaporan dengan pengungkapan???
    beserta contoh laporan keuangan nya dr salah satu negara
    thanx

  6. Terima Kasih atas usahanya membuat orang pintar dengan memberikan informasi mengenai laporan keuangan ;)

  7. saya sedang dalam skripsi. saya bingung untuk mencari rasio NPF di laporan keuangan saya. soalnya saya tidak tau dimana saya bisa menemukan nilai kredit bermasalahnya .. mohon bantuannya

Trackbacks

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.962 pengikut lainnya.

