Kelainan dan Penyakit pada Ginjal

Kelainan dan Penyakit pada Ginjal

Ginjal manusia dapat mengalami gangguan karena berbagai sebab. Beberapa jenis kelainan dan penyakit pada ginjal sebagai berikut.

a. Batu ginjal

Batu ginjal dapat terbentuk karena pengendapan garam kalsium di dalam rongga ginjal, saluran ginjal, atau kandung kemih.

Batu ginjal berbentuk kristal yang tidak bisa larut dan mengandung kalsium oksalat, asam urat, dan kristal kalsium fosfat. Penyebabnya adalah karena terlalu banyak mengonsumsi garam mineral dan terlalu sedikit mengonsumsi air. Batu ginjal tersebut lebih lanjut dapat menimbulkan hidronefrosis. Hidronefrosis adalah membesarnya salah satu ginjal karena urine tidak dapat mengalir keluar. Hal itu akibat penyempitan aliran ginjal atau tersumbat oleh batu ginjal.

b. Nefritis

Nefritis adalah kerusakan bagian glomerulus ginjal akibat alergi racun kuman. Nefritis (perhatikan Gambar 1.5) biasanya disebabkan adanya bakteri Streptococcus.

c. Glukosuria

Glukosuria adalah penyakit yang ditandai adanya glukosa dalam urine. Penyakit tersebut sering juga disebut penyakit gula atau kencing manis (diabetes mellitus). Kadar glukosa dalam darah meningkat karena kekurangan hormon insulin. Nefron tidak mampu menyerap kembali kelebihan glukosa, sehingga kelebihan glukosa dibuang bersama urine.

d. Albuminuria

Albuminuria adalah penyakit yang ditunjukkan oleh adanya molekul albumin dan protein lain dalam urine. Penyebabnya karena adanya kerusakan pada alat filtrasi.

e. Hematuria

Hematuria adalah penyakit yang ditandai adanya sel darah merah dalam urine. Penyakit tersebut disebabkan adanya peradangan pada organ urinaria atau karena iritasi akibat gesekan batu ginjal.

About these ads
Tag:

85 Responses to “Kelainan dan Penyakit pada Ginjal”

  1. udah bagus bgt nii..

    tapi,,kalo bisa kasih tau juga :
    1. ciri2 penderita
    2. cara pencegahan
    3. cara pengobatannya juga

    biar lebih mantabh…
    OK..

  2. bagus buangetzzzzzzzz………..

  3. kok isinya sama kayak di buku bse ipa kelas 9 punyaku sihh????

  4. Eh, ketemu lagi …
    Saya lagi nyari buat bahan pelajaran–lewat google–dan akhirnya ketemu wordpress-nya lagi …
    ^_^

    Ini kali ketiga saya …

  5. Wah,,,
    bagus, bagus, bagus

  6. W
    a
    H
    H
    H,
    K
    e
    b
    t
    U
    l
    A
    n,
    isi’Y
    P
    a
    s
    ‘n

    T
    o
    P
    b
    G
    t
    dEh, ^_^

  7. isinya udh bgus

    tpi cra pencegahannya juga donk… :)

  8. emmm… kalo bisa kasih tau juga . bnyebab.a, gejala, cara menanggulangi, cara mencegah… :)

  9. kk aku disuruh bikin artikel dari albuminuria….
    bisa gk klo itu di perjelas lagi,, kaya Cara encegahan, ato apa ke.. OK…

  10. memang gangguan pada ginjal cuma 5 aja?

  11. MANTEPS MELALUI INI SYA BSA MENGERJAKAN TUGAS SYA DAN BSA TAU …………..BANYAK TENTANG GINJAL

  12. isinya udah bgus
    ..tapi kurang pengertian nya
    .mohon untuk di perjelas lagi

  13. thanks y…………. Aq jadi terbantu dlm m’buat pe_er. Tapi masih ada yang kurang kayaknya, cara pencegahan dan cara penanggulangannya nggak ada…………….

  14. isinya krg lengkap…………………………
    saran saya agar dibuat penyebabnya, gejalanya,dan cara penceghannya……………………
    thanks……………………………………………………

  15. Waaah keren kalo kyak gini PR tentang ginjal ku bisa selesai makasih yah kk yg buat forum ini coba gak ada forum ini pasti PR ku belum selesai
    tapi kalo bisa cara mencegah dan mengobati nya juga ditambahkan supaya lebih lengkap….

  16. kak ni sudah bagus… tapi akankah lebih bagus kalau ditambahkan cara pencegahan dan cara mengobatinnya…
    tolong ya kk…

    klo gk ngasih taw gw h lw !!!
    oke !!!
    mantap.. !

  17. N NI ….
    GAK JELAS……
    B……….
    BA……..

    LW KLO BIKIN TAG TW YANG LENGKAP DONG N…. JANGAN BIKIN ES. !

  18. wah,hebat 3x but kurang deh

  19. hai hdfgydydwdywqfdqyfwyqfdwfsfwgewgewgeywq ywlkp[ugjrhguegt6783393y84y3urte896ryr7e6483uyreyr74u5ye7r645ytr6e5 itu artinya bagus and sippppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppp!

  20. kok kayaknya penjelasanya kurang deh
    kurang penjelasanya,cirinya,pokoknya kurang jelas deh

  21. ah gk seru !
    gk ada cara pengobatannya -.-

  22. Wah aku senang

  23. wah……bagus ea…….

  24. tolong dii issii PenCegahan plus Pengobatan and penanggulangannya duengss,,,,
    biiarr lebiih LgKapph !!!

  25. K
    E
    R
    E
    N

    A
    B
    I
    Z

  26. baguzz banget tpi knp tdk ada cara mengatasinya

  27. Bila gejala sudah sampai urine berwarna merah darah,tu parah bgt G?
    dan msh da solusi penyembuhannya????

  28. INI YANG SAYA CARII…….. AHAHHAHAAH

  29. mksih ya infonya……..

  30. maksi ya,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

    akhirnya tugas ku selesai juga ………………………………………………………………………………………………………………………….

  31. akhir’a…. tugaz biologi klz IX slsai jugaaa……….
    mksih ya.. walou gk lngkap” amadh v ntar d’lngkapin donkk…
    biar lebih jelaz… okeehh???

  32. manntab pas sama tugas saya

  33. NURUL
    MET NACH

  34. bagus nih .. tapi ada yang kurang (cara pencegahannya) ~

  35. bagus nih .. tapi ada yang kurang (cara pencegahannya)

  36. memudahkan untuk belajar ,, :)

  37. wachhhhhhhhhhhhhh,bagus th buat jursn k’dkteran

  38. mksiihh ya…
    klu bsa tmbah cara pencegahan n ciri2 ny apabila sudah brtmbah parah parah…

    thX…

  39. oh gitu ya kk !!!!!!

    bru tau ne……!!!!

  40. ni udh bguz tp sdkit krang lengkp..
    :)thx

  41. gra” slah bwa mkanan wat ospek jdi d hukum
    suruh nyari nama” pnylakit+arti.y. . .
    .untung nemu. . .

    thanxs bnget iyYa. . .^_^

  42. Thanks for the information…………………..
    That’s very help me to do my Biology homework
    :)
    ;)

  43. kalo aku sering sqit di bagian ginjal!.
    rasanya sprti ad yg nusuk..
    kdang juga perih bangeeettt.. :(
    kira2 gangguan ginjal ap itu??

  44. trima ksih tas informasinya.

  45. Kelainan dan penyakit pada ginjal…ginjal mrupakan alat ekskresi yg utama scra anatomis gnjal trsu2n atz lpisan luar yg d sbut kulit gnjal (kortez) dan lapisan sblah dlam yg d sbut su2m gnjal (medual).lapisan pling dlm brupa rongga gnjal yg d sbut pelvis renaliz..

  46. MAKASIH INFONYA !

  47. wah baguzzzz bangetzzzzz tugasnya jady selesai degh

  48. Jawabannya lumayan bagus tapi belum terlalu lengkap,, tapi makasih ya atas informasi nya !?!

  49. saya bertrima kasih atas forum ini .. karna telah memberi saya pengetahuan untuk penyakit dan kelainan pada ginja :D thankzz

  50. bagus-bagus

  51. makasih

  52. ini isi nya bgus bget…..
    and ga terlalu panjang…
    thnks….

    • hem ,, dah bguss sih ,, tpi lau mw lbih bgus lagi ,, hrus ad gejala*.a ,,, penyebab , n penjegah tau pund cra mengobati.a
      oce dech
      thank’s yeaaaa

  53. thanxzzzz

  54. sya ingin mendonorkan ginjal saya untuk menutup semua hutang2
    saya,gol darah B+,umur=25th,tb=175cm,bb=60kg,suka olah raga terutama sepak
    bola,perokok, no drugs & no alkohol, siap medichal chekc up,ada surat keterangan sehat / hasil lab (HIV blood report) domisili
    malang,jawa timur,bagi yang berminat & serius hub:085655541219 /
    085233323745

  55. kurang lengkap penjelasan’y,,,

Trackbacks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.967 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: