Dari Bank Soal -Ujian Akhir Sekolah (Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 6)

1. Sebelum kita menuntut sesuatu, terlebih dahulu melaksanakan ……..

A. kewajiban
B. hak

C. perintahAbaya Popon, Desain sederhana dengan motif batik jawa yang unik
D. kemauan

2. Raja pertama dari kerajaan Demak adalah ……..

A. Sultan Trenggono
B. Raden Patah

C. Pati Unus
D. Pangeran Sekar

3. Globalisasi berasal dari kata globe yang artinya ……..

A. budaya
B. bangsa

C. dunia
D. seperti dunia

4. Masyarakat masa kini dapat berkomunikasi langsung dua arah dengan menggunakan ……..

A. Surat
B. e-mail

C. telegram
D. telepon

5. Salah satu contoh usaha di bidang industri kecil adalah ……..

A. ternak lele dumbo
B. pedagang kaki lima

C. kerajinan
D. tukang batu

6. Tokoh yang mengusulkan nama Pancasila sebagai dasar negara adalah ……..

A. Ir. Soekarno
B. Mr. Moh. Yamin

C. Drs. Moch. Hatta
D. K.H Wahid Hasyim

7. Pancasila sebagai budaya Bangsa, artinya bahwa nilai-nilai Pancasila bersumber dari ……..

A. budaya asing
B. budaya daerah

C. budaya luar negeri
D. budaya modern

9. Tokoh yang sangat berperan dalam peristiwa 10 November 1945 dan mengobarkan semangat perjuangan rakyat Surabaya adalah ……..

A. Bung Karno
B. Bung Syahrir

C. Bung Tomo
D. Bung Hatta

10. Perilaku menghormati jasa para Pahlawan adalah ……..

A. mengunjungi tempat makam Pahlawan
B. mengikuti hari upacara Hari Pahlawan
C. ingin mendapat penghargaan
D. bermalas-malasan karena sekarang telah merdeka

11. Negara Indonesia saat ini terdiri atas ……..

A. 28 Provinsi
B. 29 Provinsi

C. 30 Provinsi
D. 33 Provinsi

12. Keberadaan perusahaan asing dapat juga menimbulkan akibat negatif, yaitu ……..

A. munculnya sikap hidup boros
B. berkembangnya alih teknologi
C. meningkatkan ekspor barang
D. penyerapan tenaga kerja

13. Semua perkumpulan pemuda pada masa pergerakan nasional bercita-cita mewujudkan……..

A. persatuan daerah
B. sumpah pemuda

C. persatuan bangsa
D. persatuan pemuda

14. Di bawah ini yang menjadi potensi bangsa sebagai pengganti generasi tua di masa depan adalah ……..

A. pahlawan
B. pelajar

C. orangtua
D. tokoh masyarakat

15. Badan yang bertugas mempelajari dan menyelidiki mengenai kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945 adalah ……..

A. BPUPKI
B. Konstituante

C. PPKI
D. DPR

16. Badan yang pertama kali mengesahkan UUD 1945 adalah ……..

A. BPUPKI
B. PPKI

C. KNIP
D. MPR

17. Badan Pusat Statistik adalah lembaga yang ditunjuk untuk melaksanakan ……..

A. pemilihan umum
B. program transmigrasi

C. sensus penduduk
D. mendata migrasi

18. Keputusan hasil musyawarah sebaiknya disetujui oleh ……..

A. kelompok
B. sebagian anggota masyarakat

C. seluruh anggota masyarakat
D. golongan

19. Negara di Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah oleh bangsa Eropa adalah ……..

A. Singapura
B. Filipina

C. Vietnam
D. Thailand

20. Koperasi yang melayani anggotanya untuk menabung dan meminjam modal adalah ……..

A. koperasi konsumsi
B. koperasi simpan pinjam

C. koperasi produksi
D. koperasi serba usaha

21. Pemuda Indonesia yang pertama kali mendengarkan berita kekalahan Jepang dari sekutu adalah ……..

A. Ir. Soekarno
B. Drs. Moh. Hatta

C. Sutan Syahrir
D. Sayuti Melik

22. Penerima kedaulatan Republik Indonesia Serikat (RIS) di negeri Belanda adalah ……..

A. Drs. Moh Hatta
B. Sri Sultan Hamengku Buwono IX

C. Ir. Soekarno
D. Mr. Assaat

23. Batas alam benua Eropa dengan benua Asia adalah pegunungan ……..

A. Pyrenia
B. Ural

C. Alpen
D. Himalaya

24. Hak anak untuk memperoleh pendidikan dan pengajaran dijamin dalam UUD 1945 pasal……..

A. 29 ayat 1
B. 30 ayat 1

C. 31 ayat 1
D. 32 ayat 1

25. Usia anak Indonesia wajib mengikuti pendidikan dasar 9 tahun adalah pada umur ……..

A. 6 -12 tahun
B. 7 -12 tahun

C. 7 – 15 tahun
D. 12 -15 tahun

26. Di bawah ini termasuk hak-hak dasar manusia yang dibawa sejak lahir, kecuali ……..

A. mendapatkan perlindungan
B. mendapatkan bimbingan

C. mendapatkan pekerjaan
D. mendapatkan pendidikan

27. Jenis usaha yang membantu menyelesaikan pembuatan SIM atau KTP adalah biro ……..

A. perhubungan
B. jasa

C. layanan masyarakat
D. swasta

28. Naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia disusun dan dirumuskan di rumah ……..

A. Laksamana Yos Sudarso
B. Laksamana Wiratno

C. Laksamana Sudomo
D. Laksamana Muda Maeda

29. Daerah Waktu Indonesia Timur (WIT) meliputi wilayah ……..

A. Manado dan Maluku
B. Maluku dan Papua

C. Manokwari dan Manado
D. Maluku dan Gorontalo

30. Salah satu contoh gaya hidup kepribadian bangsa Indonesia yang berfalsafahkan Pancasila adalah ……..

A. pola hidup bebas
B. pola hidup sederhana

C. pola hidup mewah
D. pola hidup seadanya

31. Di bawah ini yang termasuk manfaat satelit bagi kehidupan manusia, kecuali ……..

A. sarana komunikasi telepon
B. memandu pelayaran

C. memandu penerbangan
D. memantau terjadinya gempa

32. Jenis fauna Indonesia yang tergolong tipe peralihan di antaranya ……..

A. harimau, gajah, dan badak
B. orang utan, anoa, dan cendrawasih
C. anoa, rusa, dan komodo
D. cendrawasih, kasuari, dan burung nuri

33. Hasil keputusan musyawarah harus dapat dipertanggungjawabkan secara moral kepada seluruh peserta musyawarah dan ……..

A. Tuhan Yang Maha Esa
B. bangsa dan negara Indonesia
C. pimpinan musyawarah
D. masyarakat luas pada umumnya

35. Setiap warga negara di Indonesia diberikan kebebasan memilih agama, bebas memilih pendidikan, dan pengajaran, hak tersebut telah diatur dalam UUD 1945 Bab XA pasal……..

A. 28 B
B. 28 C

C. 28 D
D. 28 E

. Home. Ok Rek. Testimoni. FAQ. Produk Duwur. Martapura. Batik Unik. Gamis Modern. Batik Tulis. Perhiasan Martapura. Millo Shop

About these ads
Tag: ,

118 Responses to “Dari Bank Soal -Ujian Akhir Sekolah (Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 6)”

  1. terimakasih atas soalnya….tidak perlu didownload…hanya di copy saja dari computer saya….tetapi…kok tidak ada peta butanya ya?padahal itu yg sering kali membuat anak saya bingung dan kewalahan,,,,,tolong dilengkapi lagi yaaa

  2. yach ini soal bagus bgt sich.aku jadi sering belajar gara2 ada soal seperti ini tolong diperbanyak algi dong soal seperti ini yach sayakan ingin jadi juara kelas. saya juga tadi udah melihat soal ilmu pengetahuan alam itu juga soal yang bagus yach.apa masih ada soal ilmu pengetahuan alam dan ilmu pengetahuan sosial untuk kelas 1 2 3 4 5.yach aku ingin belajar ips dan ipa untuk kelas 1 2 3 4 5.yach walau pun aku udah kelas 6 tapi aku ingin belajar ips dan ipa kelas 1 2 3 4 5 yach kalau adik ku nanya soal seperti itu aku bisa jawab dengan benar terimah kasih

  3. wah kalau ini sih udd aku pljarin tp harus bljr lg sih biar nilai.a bgs ya mudh2n ajj.mksh ya!

    • yap betul,,,,,,,,,,,,,, mudahh2 n’ dah pernah di pelajarin ya,,,,,,,,,,,,,,,,,
      eh ngomong2 cindyliany skul di mn????????????

  4. soalnya bagus banget

  5. ko gak ada kunci jawabannya????????????????????????????????????????????????????????
    ???????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????
    ………………………………………………………………………..
    ………………………………………………………………………..

  6. waw,,,,,!!!!!!!!!!!!
    soalnya keren2,lumayan mudah,,,,,,
    n’,,,,,,,,,kok gk ada kuncinya sih?????????
    gmn mau belajarnya,,,,,,,,,,,
    hahahahaaaa
    bener2 aneh ni org yg bikin,,,,,,,,,,,,,,,

  7. makasi ya soalnya , jadi qwh bisa belajar dan qwh gk gugup menghadapi ujian bulan ni makasi banyak supaya ada soal lagi ips yang lebih banyak supaya anak – anak indonesia gampang belajarnya dan mudah mengetahuinya tapi sehrusnya bisa kita jwab supaya kita tau bagian mana yang kita salah menjawab soalnya . buat yang lebih bagus lagi ya bank soal

    • bnr itu zainab.ech azal nyebut nma org coir y.
      tp btljg kok kta zainab.”cmg nnt paz ujian kta gag gu2p,bza ngrjkn coalx,AAAMMMIIIEEENNN”

  8. makasih ya atas soal-soalnya yang telah ditampilkan mudah2an bermanfaat bg smua yg mau membacanya. amiin.

  9. kunci jawabannya mana dongk….????

  10. makasih atas bank soalnya moga-moga bermanfaat bagi yang membacanya. amin

  11. thank’s ya atas bank soal ini sangat membantuku belajar,thank’s bgtz ya………!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  12. bank soal ips itu membikin saya pintar
    dan mendapatkan nilai 100
    trima kasih bank soal ujian akhir sekolah :(

  13. yang beginian mah tuk kelas satu astagfirullah hal adzim :P :P

  14. in betulan ap bohongan yacc….????

  15. WAH SOOOOOOOOOOOOOOOOOOAL NYA GAMPAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAANG BANGET KALAO GITUN AQUW NGGA USAH BELAJAR

  16. wahhhhhhhh,,,,,,,,,
    bagustu soal a,,,,,,,,,,,,
    tapi kurang a gx ada kunci jawaban,,,,,,,,,,,

  17. mantap soal-soalnya. bisa nambah buat persiapan menghadapi ujian nasional.

  18. madah sekali

  19. wachhhhhhhhhhh soalnx seru bgt jd ketagihan dech.
    buat lgie soal yg byk dong,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,biar aq bsa memperbayk ilmu

  20. Ips adalah hidup saya dengan adanya bank soal saya dapat banyak menambah wawasan..
    tnkksh Bank soal

  21. SOALX BAGUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUS DEH

  22. Makasih ya,semoga bermanfaat untuk aku,dan mudah2an kamu dapt PAHALA nanti!
    Bagi saya ini sangat penting,karna saya sebentar lagi akan ada UAS/UASBN d sekolah!
    Sekali lagi terima kasih banyak ya!

  23. banyak yg masuk gk soal nya??????

  24. Ntahlah. Smoga aja masuk soalnya.. Tetap semangat,ya!! :D

  25. …………………………………

  26. lebih baik belajar dari pada bermain

  27. wiii,,,,,,,,,,,al-hamdulillah gampng soalnya.coba jha ujuian soalnya kyak gni pasti bnyak yg dpat nilai 100.hehehehheheheh :”)

  28. Everyone loves what you guys tend to be up too.
    This sort of clever work and reporting! Keep up the fantastic works guys I’ve incorporated you guys to blogroll.

  29. I’m really enjoying the design and layout of your
    site. It’s a very easy on the eyes which makes it much
    more pleasant for me to come here and visit more often. Did
    you hire out a designer to create your theme?

    Great work!

  30. Every individual celebrate this significant day with loads of
    enthusiasm, eventful activities and delicious food.
    Show all friends and neighbors your allegiance to the United States of America.
    In order to keep from heat exhaustion, try setting up a picnic under some shade.
    Throughout, we glimpse moments of anguish and triumph in the making of a moral leader, as well as his courtship of society belle
    Mary Todd (Marjorie Weaver). Since July is almost always one of the hottest months, make your 4th of July picnic cooler with a
    bit of swimming and water fun.

Trackbacks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.970 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: