Belajar Menulis Pantun – Dari Catatan Sekolah

pantun-berbalasPantun merupakan salah satu karya sastra Melayu yang sampai sekarang masih dikembangkan. Kata pantun mempunyai arti ucapan yang teratur, pengarahan yang mendidik. Pantun juga dapat berarti sindiran.

Zaman dahulu, pantun digunakan sebagai bahasa pengantar atau bahasa pergaulan.

Pantun dikenal di berbagai daerah, namun dengan nama yang berbeda. Di Jawa Tengah dikenal dengan parikan, di Toraja dikenal bolingoni, di Jawa Barat dapat ditemukan pantun dalam bentuk nyanyian doger, di Surabaya ludruk , di Banjarmasin tirik dan ahui ,

gandrung di Banyuwangi, dan di Makassar kelong-kelong. Selain merupakan ungkapan

perasaan, pantun dipakai untuk menghibur orang.

1. Ciri-ciri pantun

Pantun memiliki ciri-ciri tersebut, antara lain:

a. mempunyai bait dan isi,

b. setiap bait terdiri atas baris-baris,

c. jumlah suku kata dalam tiap baris antara delapan sampai dua belas,

d. setiap bait terdiri atas dua bagian, yaitu sampiran dan isi.

    Contoh:

    Pantun dua baris

    Anjing hutan suka melolong (sampiran)

    Jangan suka bicara bohong (isi)

    Pintu diketuk ada tamu (sampiran)

    Rajin membaca bertambah ilmu (isi)

    Pantun empat baris

    Desa sawah mulai menghijau (sampiran)

    Di tengah ada pematang (sampiran)

    Apa arti bertindak maju  (isi)

    Kalau tanpa pemikiran matang  (isi)

e. Bersajak ab ab

2. Bentuk dan jenis pantun

Pantun yang sering dipakai adalah pantun dua baris dan empat baris. Bentuk pantun bermacam-macam, misalnya: pantun anak-anak, pantun jenaka, pantun suka cita, pantun kiasan, pantun nasehat, pantun duka cita, pantun budi pekerti, pantun agama, dan lain-lain.

    Contoh:

    Pantun anak

    Enak nian buah belimbing

    Mencari ke pulau sebrang

    Main bola ada pembimbing

    Binatang apa berhidung panjang?

    Pantun jenaka

    Orang mudik bawa barang

    Pakai kain jatuh terguling

    Kamu senang dilirik orang

    Setelah sadar ternyata juling

    Indah nian sinar mentari

    Purnama datang tak berbelah

    Melihat orang malas berlari

    Ternyata sandal tinggi sebelah

    Pantun sukacita

    Gurih nian ikan gurami

    Tambah nikmat dengan kacang

    Alangkah senang hati kami

    Panen raya telah datang

    Pantun kiasan

    Luas nian samudra raya

    Pagi-pagi nelayan melaut

    Tak berguna memberi si kaya

    Bagai menebar garam di laut

    Pantun nasihat

    Jalan-jalan ke Semarang

    Bawa bandeng tanpa duri

    Belajar mulai sekarang

    Untuk hidup kemudian hari

    Pantun dukacita

    Beras miskin disebut raskin

    Yang mendapat tak semua

    Aku ini anak miskin

    Harta benda tak kupunya

    Pantun budi pekerti

    Siapa yang tak simpatik

    Melihat bunga dahlia

    Kulit putih berwajah cantik

    Sudah ayu berhati mulia

    Pantun agama

    Minum susu di pagi hari

    Tambah nikmat tambah cokelat

    Pandai-pandai membawa diri

    Siapa tahu kiamat sudah dekat

3. Pantun berbalas

Pantun berbalas adalah pantun yang dimainkan dua kelompok. Kelompok tersebut dapat dikembangkan menjadi kelompok “pro” dan “kontra” atau kelompok gadis dan kelompok jejaka.

Jumlah anggota per kelompok tiga sampai lima orang. Berbalas pantun dipimpin oleh seorang moderator yang bertugas untuk menengahi permainan. Setiap sesi berbalas pantun harus mempunyai tema. Urutan berbalas pantun terdiri atas pembukaan, isi, dan penutup.

Dari Buku Sekolah


Terima kasih: Duta PulsaPersewaan Alat PestaToko JilbabKoleksi Abaya-Busana MuslimKerudung Murah


About these ads

51 Responses to “Belajar Menulis Pantun – Dari Catatan Sekolah”

  1. akk mwu mntta pantun penutup ceramah / pidato dunkzz

  2. tlg dng cnth pntn brbls

  3. Bisakah anda buatkan 2contoh berbalas pantun agama,nasehat,dan remaja?

    Sekian dan terima kasih

  4. so intersting .. im so long dont see this type of pantun cause im in england

  5. pantun nya lumayan bagus!!!!!!

  6. ry6yretw tyrd t5uhfry

  7. aku minta puisi buat tugas anak SD donk adek ku punya tugas dia bingung Please !!!

  8. keren keren pantun nya saya copas ya hehe :p

  9. @intan: sama dong aku juga minta yang pantun nasihat itu ya thanks..
    soalnya susah bikin sendiri >_<

  10. heh yang bikin meni kudu pake biaya! gratis ue da saya mah cuma mau minta bikinin aja!! biayanya emg brp? hah?? 500 ya? paling juga 500 pereak kembalian keneh wkwk

  11. pantun agamana ngeri wech2 q jdi tobat ni

  12. nambahin dikit ya…

    Nasihat
    jalan-jalan kekota bandung
    jangan lupa oleh-olehnya
    masih kecil rajin menabung
    dihari tua pasti bahagia

  13. bagaimna sich klo berbalas pantun nasihat saya gg ngeti nich ..
    tolong di balas yya ..???

  14. tolong dong bikinin pantun berbalas masing2 4 buah dan 4 bais, tapi jangan yg aneh2 ya hahaha :P. reply as soon as possible!!! thanks ;)

  15. tolong dong bikinin pantun berbalas masing2 4 buah dan 4 baris, tapi jangan yg aneh2 ya hahaha :P. reply as soon as possible!!! thanks ;)
    Balas

  16. ngambil di bk aktif bhs ind untk smp kls 7

  17. @Yuni : bisa bener itu!

  18. sebenarnya pantun itu menambah ilmu kita tapi pr nyontek sini sich hehehe

  19. WOY MANA KATANYA ADA PANTUN BERBALAS PANTUN MALA PANTUN BIASA AJA
    KATA NYA ADA KOPLAK INTERNET SEKARAN DUSUN **,**,**

  20. WOY GUA ITU LG AD TUGAS SEKOLAH PLIS

  21. EH KAMU ORNG ITU KOPLAK MALA CARI di sini kooooooooooooooopppppppppppppplllllllllaaaaaaaaakkkkkkkkkkkkkkkk
    sampe kiamat gak bisa bisa

  22. wwwooooooooooooooyyyyyyyyyyy kkkkkmmm ooorrrnnnggg iiiituuuu kkkkkopakkkkkk bbbbbnnnnggggttt kale interrrnet bikkkin kkkkitttttttttta gooooblooooooookkkkkkkkkkkkkk bbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbaaaaaaaaaaannnnngggggettttttttttttt loooooooo
    tolong cariin sic

  23. nenek nenek main layangan love sayang

  24. hehehe………pantun bisa diperbanyak gak ,ada yang mau pantun teka teki

    Kalau tuan puan,puan cerana
    ambil gelas didalam peti
    kalau tuan bijaksana
    binatang apa tanduk di kaki?

  25. Используй телефон на полную – скачивай Opera Mini.

    Всегда последние версии мобильного браузера Opera Mini 5, Opera Mini 6 на сайте mobi-opera.ru

  26. tolong dong carikan pantun berbalas ..
    kalau bisa tentang hewan,
    kalau tentang yang lain juga gak papa kokk :)
    makasihh

  27. tolong kalau ada pantun cinta di pajangin ya …………….

  28. tolong donk Buat pantun nasehat lbh bnyak,,,
    Biza ngak Klo ngak Bizaa Ya ngak apa-apa,,,

    Thankz,
    BY:Alfa

  29. mna pantun NASIHAT b”balas”a

  30. maukah kamu cinta sama saya

  31. pantun tentang alat alat sekolah ad ga

  32. tlng pantun tenetang pendidikan yang 4 baris dong

  33. Hello there! This is kind of off topic but I need some help from an established blog.
    Is it hard to set up your own blog? I’m not very techincal but I can figure things out pretty fast. I’m thinking
    about making my own but I’m not sure where to begin. Do you have any points or suggestions? Many thanks

  34. ak ingin bepantun ?

  35. bagaimana berpantun

  36. Hi there! Do you know if they make any plugins to assist with Search Engine Optimization?
    I’m trying to get my blog to rank for some targeted keywords but I’m not seeing very
    good success. If you know of any please share. Appreciate it!

  37. If some one wishes to be updated with hottest technologies then he must be pay a quick visit this website
    and be up to date everyday.

  38. Ridiculous story there. What happened after? Good luck!

Trackbacks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.970 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: