Benua Amerika

benua amerika

Banyak orang menafsirkan Benua Amerika sebagai negara Amerika Serikat, padahal negara Amerika Serikat hanyalah bagian dari wilayah Benua Amerika yang terletak di bagian Utara. Adapun negara-negara di bagian Selatan Benua Amerika lebih dikenal dengan sebutan negara-negara Amerika Latin.

a . Letak, Luas, dan Batas

Amerika adalah benua terbesar kedua yang terletak di belahan bumi sebelah Barat. Secara astronomis, benua ini terletak antara ± 80°LU – 56°LS dan ±170°BB – 36°BB. Bentuk wilayahnya yang memanjang ini seolah-olah menghubungkan daerah Kutub Utara dengan Kutub Selatan.

Luas wilayah daratannya mencapai ± 41.825.581 km² atau sekitar 28,1% dari seluruh luas wilayah daratan dunia dengan batas-batas berikut ini.

1) Sebelah Utara berbatasan dengan Laut Arktik dan kawasan Kutub Utara.

2) Sebelah Timur berbatasan dengan Samudra Atlantik.

3) Sebelah Barat dan Selatan berbatasan dengan Samudra Pasifik.

b. Kondisi Fisik

Secara geografis, Benua Amerika dapat dibagi menjadi tiga kawasan, yaitu kawasan Amerika Utara, kawasan Amerika Tengah dan kawasan Amerika Selatan. Ketiga kawasan tersebut mempunyai karakteristik yang berbeda satu sama lain.

1 ) Iklim di Benua Amerika

Wilayah Benua Amerika yang bersifat meridian menjadikan benua ini memiliki semua jenis iklim matahari berikut ini.

a) Iklim tropis: terdapat di kawasan Amerika Selatan, tepatnya di kawasan Lembah Amazone (Brasil).

b) Iklim subtropis: terdapat di kawasan Amerika Serikat (Amerika Utara) dan di kawasan Argentina (Amerika Selatan).

c) Iklim dingin: terdapat di bagian Utara, yaitu di Alaska (Amerika Serikat) dan bagian Utara Kanada.

Selain itu, terdapat juga iklim kontinental di bagian tengah benua, baik di wilayah Utara maupun di wilayah Selatan, serta terdapat juga iklim laut di kawasan Amerika Tengah, khususnya di Kepulauan Karibia dan di wilayah-wilayah sepanjang pantai.

2 ) Gurun di Benua Amerika

Benua Amerika juga memiliki wilayah gurun, meskipun wilayahnya tidak seluas gurun di Benua Asia. Gurun yang terdapat di Benua Amerika, yaitu Gurun Great Basin, Gurun Mojave, Gurun Sonora, dan Gurun Chihuahua yang kesemuanya berada di wilayah Benua Amerika bagian Utara.

Meskipun merupakan kawasan terkering di dunia, Gurun Atacama pernah menjadi perebutan antara negara Bolivia, Peru, dan Cile di akhir abad XIX (antara tahun 1879 – 1883). Perebutan wilayah terjadi setelah diketahui bahwa wilayah gurun ini memiliki kandungan nitrat dan tembaga yang berlimpah.

Adapun gurun yang berada di wilayah Benua Amerika bagian Selatan, yaitu Gurun Atacama di Cile (± 140.000 km²) yang merupakan gurun terkering di dunia dan Gurun Patagonia di perbatasan Cile – Argentina (± 673.000 km²). Berbeda dengan kondisi gurun di kawasan Asia yang pada umumnya datar, gurun di Benua Amerika pada umumnya berbentuk pegunungan yang tandus.

3 ) Gunung dan pegunungan di Benua Amerika

Salah satu ciri khas Benua Amerika adalah memiliki ciri fisik berupa rantai pegunungan yang membujur dari Alaska di bagian Utara hingga di Pegunungan Tierra del Fuego di bagian Selatan.

Rangkaian pegunungan tersebut menyatukan barisan pegunungan, seperti Pegunungan Brooks, Pegunungan Alaska, Pegunungan Mc.Kenzie, Pegunungan Pantai, Pegunungan Rocky, Pegunungan Sierra Nevada, dan Pegunungan Sierra Madre di kawasan Pantai Barat Amerika Utara, sedangkan Pegunungan Andes membentang di sepanjang Pantai Barat Amerika Selatan. Barisan pegunungan tersebut memiliki banyak gunung api aktif, sehingga merupakan salah satu jalur gempa bumi aktif di dunia. Puncak tertinggi berada di kawasan pegunungan Selatan yaitu di Gunung Aconcagua (6.959 m). Selain itu, terdapat juga pegunungan di bagian Timur Benua Amerika, yaitu Pegunungan Appalachia (Amerika Utara) dan Pegunungan Espinhaco (Amerika Selatan).

4 ) Sungai dan danau di Benua Amerika

Sungai-sungai utama di Benua Amerika, yaitu Sungai Amazone (6.515 km) di Brasil yang merupakan sungai terpanjang kedua di dunia, Sungai Mississippi (6.020 km), dan Sungai Mc.Kenzie (4.250 km). Selain itu, terdapat juga Sungai Colorado yang alirannya mampu menoreh perlapisan batuan dan menyisakan pemandangan alam menakjubkan yang disebut Grand Canyon di Arizona.

Benua Amerika juga memiliki banyak danau besar, seperti Danau Superior (± 83.270 km) yang merupakan danau terluas kedua di dunia, Danau Huron, Danau Michigan, Danau Great Bear, Danau Great Slave, Danau Erie, Danau Winnipeg, dan Danau Ontario. Danau-danau tersebut berada di Benua Amerika bagian Utara, sedangkan di Benua Amerika bagian Selatan hanya dijumpai beberapa danau kecil, seperti Danau Titicaca, Danau Paopo, Danau Sao Paolo, dan Danau Reprosa De Furnas.

5 ) Dataran tinggi dan dataran rendah

Dataran tinggi yaitu Dataran Tinggi Guyana di perbatasan Guyana – Suriname dan Dataran Tinggi Mattogrosso di Brasil. Selain itu, di kawasan Amerika Tengah juga terdapat Plato Tengah Meksiko yang bentuknya semakin melandai ke arah Utara serta Dataran Tinggi Colorado (Amerika Utara). Adapun dataran rendah terdapat di Amerika Utara bagian tengah, yaitu di kawasan Kanada, bagian tengah Amerika Serikat yang disebut Great Plain di Lembah Sungai Mississippi, serta Dataran Tinggi Anahuac di Meksiko. Sementara itu di Amerika Selatan, dataran rendahnya terdapat di Lembah Sungai Amazone (Brasil), Grand Chaco, dan Lembah Sungai Parana di Argentina.

6 ) Flora dan fauna di Benua Amerika

Flora di kawasan Amerika Utara didominasi oleh padang rumput hijau (prairi) yang kini telah dimanfaatkan untuk lahan pertanian yang subur. Selain itu, terdapat pula tumbuhan khas daerah tundra berupa hutan konifera (berdaun jarum) dan tumbuhan semusim lainnya. Di wilayah Amerika Tengah mulai terdapat variasi tanaman, di daerah Karibia terdapat hutan tropis yang diselingi padang rumput dan pohon pinus tropis, sedangkan di daerah kering hanya dijumpai semak dan pohon yang dapat meranggas.

Wilayah Amerika Selatan didominasi oleh hutan hujan tropis yang lebat, bahkan kawasan Lembah Sungai Amazone merupakan kawasan hutan hujan tropis terlebat di dunia.

Hal ini tentu saja menyediakan habitat untuk berbagai variasi fauna yang hidup di dalamnya. Fauna endemik di daerah ini adalah ikan piranha dan burung macau di hutan Amazone.

Adapun hewan khas Amerika Utara adalah bison, beruang kutub, penguin, dan ikan salmon.

Karakteristik Benua Amerika

Benua Amerika memiliki ciri khas yang dapat membedakan dari benua-benua lain yang ada di muka bumi ini. Berikut ini beberapa ciri khas Benua Amerika.

1) Benua Amerika merupakan benua yang berbentuk meridian (memanjang dari Utara – Selatan).

2) Benua Amerika memiliki air terjun tertinggi, yaitu air terjun Angel (1.000 m) di Venezuela.

3) Benua Amerika memiliki air terjun dengan debit air terbesar di dunia, yaitu air terjun Guaira di Brasil (13.310 m³/detik).

4) Benua Amerika memiliki gunung api aktif tertinggi, yaitu Gunung Ojos de Salado (6.908 m).

5) Benua Amerika memiliki tanah genting dan terusan di Panama (Amerika Tengah) yang menghubungkan Samudra Atlantik dan Samudra Pasifik.

6) Benua Amerika memiliki peninggalan bersejarah, yaitu piramida bangsa Inca.

7) Benua Amerika memiliki lembah sungai terluas, yaitu Lembah Sungai Amazone (7.045.000 km²).

8) Benua Amerika memiliki tempat terkering di dunia, yaitu Gurun Atacama, Cile.

9) Benua Amerika memiliki ngarai terbesar di dunia, yaitu Grand Canyon di Colorado, Arizona.


Benua Asia

Benua Afrika

Benua Eropa

Benua Australia

Benua Antartika


Dari Buku Sekolah


Terima kasih: Duta PulsaPersewaan Alat PestaToko JilbabKoleksi Abaya-Busana MuslimKerudung Murah


About these ads
Tag: ,

37 Responses to “Benua Amerika”

  1. kok cuma ini doang sich!

  2. lumayan bagus , tapi aku maunya lebih komplit lagi , soalnya aku bingung , penemu benua amrik itu christoper colombus atau laksamana cheng ho , kalo di buku aku christoper , yang mna yang bener?

  3. mana ciri khas nya?????????

  4. luamayan tuk d masukkan ke otak….tetapi tuk kelemahannya: mana jumlah penduduk, SDM,serta perincian negara2 yang ad d benua amerika…!!!!!!
    tetapi ni sdah cukup…..!!!!!!

  5. mmm,,,kurang lengkap ah…
    klo gtu..nanya aja deh..
    hujan tropis di benua amrik tu nma’a apa??

  6. koq cuman gini doank sich nanmbah dikit kenapa sich…..??

  7. ciri utama nya pa sech

    masak cuma ni doank
    kurang keren

  8. ciri2 nya nanggung

    tambah atu aja napa sech!!!

    khan genap sepuluh

  9. wa mow tanya>>>>!!!!
    napa sech amrik dinamakan “Dunia Baru”

    Please jawab secepatnya ..>>???!!!!

    • Yang menamakan itu adalah orang Eropa, orang kulit putih, yang kebetulan sekarang menjadi penguasa daerah itu.
      bagi mereka itu kan daerah baru, karena sebelumnya mereka tidak tinggal disitu…
      bener ga kawan?

  10. terima kasih atas informasi tentang benua Amerika dan semua tentang benua benua yang anda kasih
    keep up your good work

  11. kurang lengkap,,, mohon lebih objektiv dan spesifik supaya bisa di jadikan referensi yang akurat.

  12. kirimi gambar benua amerika yg jelas

  13. makasih atas informasinya,,,

  14. Ya…..kok cuma segitu aja sich???
    kalau bisa sich, ditambah dengan profile negara-negara maju, dari letak, luas, batas negara, penduduk, iklim, perekonomian, dan faktor” pendukung negara itu sendiri sebagai anggota dari negara maju….
    kalau lengkap kan enak….!!???
    tp, thankz juga dch ats infrmasinya….

  15. Harus lebih lengkap lagi donk !!
    saya harus nemuin tentang benua amerika untuk tugas sekolah !! huhu NOT COOL :P

  16. apa kegiatan ekonomi disana ??

  17. bagai mana dengan kondisi penduduk di sana ?

  18. kaak pertanyaanku bisa dijawabkan gaak?
    1. nama kota-kota yang ada di benua amerika?
    2. nama kota-kota yang termasuk di europa?
    3. nama kota-kota yang ada di asia?

    (dijawabsekarang yah kak , minta tolong bangettttttt *kisshug :) )

  19. Bagus
    bisa menambah ilmu…

    visit
    almiqma wordpress com

  20. bisa menambah ilmu…

    visit
    almiqma wordpress com

  21. budaya nyaa mana…???

  22. kok tentang nama rangkaian pegunungannya gak ada sih !

  23. koq cuma ini gak ada luas dari pembagian negara- negara di benua amerika sich

  24. mana cerita kegiatan ekonominya…?

  25. KO GA ADA DI SITU

Trackbacks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.962 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: