Kampuchea

Pusat industri di Kampuchea mengalami kerusakan karena perang saudara di tahun 1970 dan karena pengelolaan yang salah di bawah pimpinan Khmer Rouge.

Perindustrian pulih secara perlahan pada tahun 1980 dan 1990, tetapi perekonomiannya belum pulih total.

Nama resmi : Preah-reach-anachâk KampucheaAnting Kristal Swarovski Hati AKS01

Ibukota : Phnom Penh

Luas wilayah : ± 181.040 km²

Jumlah penduduk : ± 13.363.421 jiwa (2004)

Kepadatan : ± 74 jiwa/km²

Agama : Mayoritas Buddha (95%), selebihnya Islam, Kristen, Hindu, Animisme, bahkan Atheis

Suku bangsa : Khmer (mayoritas), Vietnam, dan Cina

Mata uang : Riel

Bahasa : Khmer (resmi) dan Prancis

Lagu kebangsaan : Nokoreach

Kemerdekaan : 17 April 1953 (dari penjajah Prancis)

Secara astronomis, Kampuchea terletak antara 11°LU – 14°LU dan 103°BT – 108°BT. Negara ini berbatasan langsung dengan Thailand dan Laos di sebelah Utara, Vietnam di sebelah Timur dan Selatan, serta Teluk Siam dan Thailand di sebelah Barat. Dilihat dari topografinya, bagian pinggir wilayah Kampuchea terbentuk oleh sejumlah pegunungan, seperti Pegunungan Dong Rak di Utara, Pegunungan Cardamon di Barat, serta Plato Rotanokiri dan Plato Mondol Kiri di Timur. Daerah pantai yang berupa tanah bebatuan berada di sepanjang Teluk Siam. Selain itu, di bagian tengah Kampuchea terdapat Danau Tonle Sap, salah satu danau terluas di wilayah Asia Tenggara.

Kampuchea adalah sebuah negara berbentuk monarki konstitusional di Asia Tenggara. Negara ini merupakan penerus Kekaisaran Khmer yang pernah menguasai seluruh Semenanjung Indochina antara abad ke-11 dan 14. Sisa-sisa kejayaan Kekaisaran Khmer dapat dilihat dari peninggalan-peninggalan sejarahnya. Akan tetapi, situasi di Kampuchea sejak tahun 1970 selalu mengalami perang saudara. Hal inilah yang membuat banyak bangunan bersejarah yang rusak atau hancur.

Setelah melalui serangkaian kudeta, perundingan, bahkan sempat berada di bawah pemerintahan Vietnam, maka pada tahun 1989 Kerajaan Kampuchea kembali terbentuk. Kepala negara dijabat oleh raja, sedangkan kepala pemerintahan dijabat oleh perdana menteri.

a. Potensi Alam

Mayoritas daratan Kampuchea adalah berupa dataran rendah yang dilalui banyak sungai besar dan kecil. Kondisi tanahnya yang subur menjadikan negeri ini sebagai salah satu penghasil beras terbesar di Asia Tenggara, di samping memiliki hutan yang cukup luas. Kampuchea mempunyai danau terluas di Asia Tenggara yang disebut Danau Tonle Sap.

b . Potensi Sosial Budaya

Penduduk Kampuchea didominasi oleh suku bangsa Khmer (90%), sisanya adalah Cina dan Vietnam. Negara tersebut memiliki sejarah peradaban masa lalu yang maju. Agama Buddha adalah agama yang dianut oleh mayoritas penduduk. Selain itu masyarakatnya masih memegang teguh tradisi dan aturan keagamaan.

c . Potensi Industri

Kampuchea memiliki beberapa sumber mineral, seperti batu bara, fosfat, bijih besi, emas, dan tembaga.

Kampuchea juga memiliki banyak hasil pertanian sehingga memunculkan usaha-usaha penggilingan padi, pengolahan kayu, tekstil, dan berbagai kerajinan tangan.

d . Potensi Pariwisata

Kampuchea sebenarnya kaya akan potensi pariwisata. Akan tetapi, kondisi politik dan keamanan yang belum stabil membuat negara ini belum mampu mengembangkan potensi tersebut lebih lanjut. Salah satu objek wisata terkenal yang telah dikembangkan sebagai objek wisata adalah kuil Angkor atau Angkor Wat yang merupakan kuil terbesar di Kampuchea.

e. Potensi Perdagangan

Komoditas perdagangan yang dikembangkan oleh Kampuchea adalah hasil-hasil alam, seperti karet alam, beras, kayu, dan lada. Adapun hasil-hasil tambang masih dalam taraf untuk memenuhi kebutuhan domestik.

 

Dari Buku Sekolah


Terima kasih: Duta PulsaPersewaan Alat PestaToko JilbabKoleksi Abaya-Busana MuslimKerudung Murah

 


About these ads
Tag:

10 Responses to “Kampuchea”

  1. Makasi..
    Dgn adanya artikel ni, aq bsa nyelesai.in tgas geografi.ku.. :)

  2. susahh ne tugass geografii !!!

  3. apa Gunung tertinggi di Kampuchea?

Trackbacks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.970 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: