Samudra Pasifik, Atlantik, Hindia, Arktik

baju muslim terbarubusana muslim modernbusana muslimbusana muslimahbaju muslimahbusana muslimpakaian muslim modernbusana muslim terbarubusana muslim wanitabusana muslim 2012busana muslimah terbarubaju muslimah terbarubaju muslim wanitabusana muslim 2012busana muslim murahbaju muslim murahpakaian muslim pestabusana muslim pestabaju muslim pesta

Samudra Pasifik

Luas Samudra Pasifik mencapai ± 165.385.450 km² dengan kedalaman rata-rata 4.250 m. Jika dilihat di globe, luas samudra ini meliputi hampir separuh permukaan bumi. Samudra Pasifik terletak di antara tiga benua, yaitu Asia, Amerika, dan Australia.

Wilayahnya terbentang dari pantai Barat Amerika hingga pantai Timur Cina dan Australia dengan berbagai karakterstik berikut ini.

a. Samudra Pasifik merupakan samudra terluas di dunia.

b. Di Samudra Pasifik terdapat titik terendah di muka bumi, yaitu Palung Mariana (kedalaman 11.022 m) terdapat di Filipina.

c. Samudra Pasifik memiliki banyak palung, yaitu Palung Tonga (10.882 m), Palung Kuril (10.542 m), Palung Filipina (10.497 m), Palung Kermatec (10.047 m), Palung Tzu Bonin (9.810 m), Palung New Hebrides (9.165 m), Palung South Solomon (9.140 m), Palung Jepang (8.412 m), Palung Peru-Cile (8.066 m), Palung Akution (7.822 m), dan Palung Amerika Tengah (6.662 m).

d. Di Samudra Pasifik banyak terdapat gunung api aktif, sehingga sering terjadi gempa.

e. Samudra Pasifik merupakan tempat pertemuan antara garis bujur Barat dan bujur Timur (180°) sebagai batas penanggalan internasional.

f. Di Samudra Pasifik banyak terdapat negara kepulauan (kawasan Oceania).

g. Di Samudra Pasifik banyak terjadi gejala alam El Nino dan La Nina, terutama di perairan yang dilintasi garis katulistiwa.

h. Di Samudra Pasifik terdapat pertemuan arus panas Kurosyiwo dan arus dingin Oyasyiwo di Laut Bearing (Pasifik Utara) yang menimbulkan arus hangat dan merupakan kawasan tangkapan ikan yang sangat baik.

Samudra Atlantik

Luas Samudra Atlantik mencapai ± 82.217.000 km² dengan kedalaman rata-rata 3.350 m. Samudra ini terletak di antara Benua Eropa, Afrika, dan Amerika, sehingga berperan sebagai jalur lalu lintas penghubung antara dunia lama dengan dunia baru dengan karakteristik berikut ini.

a. Samudra Atlantik terletak di daerah bujur Barat.

b. Samudra Atlantik memiliki kawasan yang diyakini sebagai pusat medan magnet bumi, yaitu di kawasan Segitiga Bermuda di Perairan Karibia (Amerika Tengah).

c. Di Samudra Atlantik terdapat deretan punggung laut terpanjang di dunia, memanjang dari Utara (Samudra Arktik) ke Selatan sepanjang Samudra Atlantik dan ke Timur menuju Samudra Hindia.

d. Di Samudra Atlantik terdapat pertemuan arus dingin dari Perairan Greenland dan arus panas dari Teluk Meksiko di Perairan Labrador.

e. Di Samudra Atlantik terdapat beberapa palung laut, seperti Palung Puerto Rico (9.220 m), Palung South Sandwich (8.264 m), Palung Romance (7.856 m), dan Palung Caynon (7.500 m).

Samudra Hindia

Luas Samudra Hindia mencapai ± 73.481.000 km² dengan kedalaman rata-rata 3.850 m. Samudra ini terletak di sebelah Selatan Benua Asia, sebelah Barat Australia, sebelah Timur dan Selatan Afrika, serta berbatasan dengan Kutub Selatan. Berikut ini karakteristik Samudra Hindia.

a. Sebagian besar wilayahnya berada di belahan bumi Selatan.

b. Satu-satunya samudra yang seluruh wilayahnya berada di belahan bumi Timur.

c. Wilayah perairannya berfungsi sebagai penyedia air hujan bagi gejala alam angin monsun untuk sebagian wilayah Asia dan Australia.

d. Samudra Hindia memiliki arus yang relatif tenang dan jarang terjadi badai.

e. Samudra Hindia memiliki beberapa palung laut, seperti Palung Jawa (7.450 m), Palung Weber (7.440 m), dan Palung Diamantina (7.102 m).

Samudra Arktik

Luas Samudra Arktik mencapai ±14.056.000 km² dengan kedalaman rata-rata 5.400 m. Samudra ini terletak di kawasan Kutub Utara yang dikelilingi oleh daratan-daratan luas, seperti Greenland (Kanada), Alaska (Amerika), Rusia (Asia dan Eropa), dan kawasan Skandinavia (Eropa). Berikut ini karakteristik Samudra Arktik.

a. Samudra Arktik merupakan samudra tersempit di dunia.

b. Samudra Arktik merupakan satu-satunya samudra yang terletak di kawasan kutub yang tidak dilalui garis khatulistiwa.

c. Samudra Arktik mempunyai suhu perairan dan udara terdingin.

d. Sebagian besar wilayah perairannya tertutup oleh es dan banyak dijumpai bongkahan atau gunung es yang mengapung.

Dari Buku Sekolah


Terima kasih: Duta PulsaPersewaan Alat PestaToko JilbabKoleksi Abaya-Busana MuslimKerudung Murah


gamis modern

71 Responses to “Samudra Pasifik, Atlantik, Hindia, Arktik”

  1. aku tidak bisa membayangkan bagaimana jadinya kalo sampe terdampar di samudera pasifik…..dan…..jatuh ke palung mariana!!

  2. Sungguh Maha besar Allah telah menciptakan Alam Semesta, Samudera yang begitu luas untuk kita pelajari dan sangat bermanfaat untuk kehidupan umat manusia di muka bumi.

  3. thank’s 4 informations….
    :)

  4. sungguh luas skali samudra pasifik dan sungguh maha besar Allah tlah mnciptakan samudra pasifik yg sangat begitu luas.

  5. apa letak di belahan buminya

  6. saya ingin bertanya “sebutkan lima nama samudra yang ada di dunia beserta luasnya”
    tolong di jwab oke

    • tapi mau yang lengkap atau falid
      logis dan logika tolong sangat penting

    • 1. Samudra Pasifik ± 165.385.450 km²
      2. Samudra Atlantik ± 82.217.000 km²
      3. Samudra Hindia ± 73.481.000 km²
      4. Samudra Arktik ±14.056.000 km²
      5. Samudra Antarktika ±20.327.000 km²

      • Samudra Antarktika

        Samudra Antarktika atau Lautan Selatan adalah massa air laut yang mengelilingi benua Antartika. Ia merupakan samudra terbesar keempat dan telah disepakati untuk disebut sebagai samudra oleh Organisasi Hidrografik Internasional (IHO) pada 2000. Sebelum itu, pandangan umum adalah Samudra Atlantik, Samudra Hindia dan Samudra Pasifik langsung berbatasan dengan bibir pantai Antartika.

        65 00 LS, 0 00 BT (secara nominal), tetapi Samudra Selatan mempunyai beda karakter unik sebagai massa air laut yang besar yang mengelilingi benua Antartika sepenuhnya; samudra ini terletak antara 60° lintang selatan sampai bibir pantai benua Antartika, dan melingkupi 360° bujur bumi.
        Definisi untuk Samudra Selatan masih belum sama sepenuhnya untuk seluruh dunia. Australia memberikan definisi Samudra Selatan serupa dengan definisi IHO namun memasukkan juga seluruh massa air laut yang berada di antara pantai selatan Australia, Tasmania dan Selandia Baru sebagai Samudra Selatan, bukan sebagai Samudra Hindia.

        Luas: 20.327.000 km²
        Catatan: termasuk Laut Amundsen, Laut Bellingshausen, sebagian dari Drake Passage, Laut Ross, sebagian kecil dari Laut Scotia, Laut Weddell, dan massa air laut tributer lainnya
        Garis pantai: 17.968 km

        Temperatur air laut bervariasi antara 10 dan -2°C. Badai siklon berjalan dari arah timur mengelilingi benua dan sering sekali merupakan badai kuat karena adanya perbedaan temperatur yang nyata antara dataran es dengan laut terbuka. Wilayah samudra dari lintang 40 LS sampai ke Lingkar Antartika merupakan wilayah dengan kecepatan angin rata-rata paling kuat dibandingkan tempat manapun di permukaan bumi. Pada musim dingin, samudra membeku hingga mencapai 65° LS di sektor Pasifik dan sampai 55° LS di sektor Atlantik, temperatur permukaan turun hingga di bawah 0 °C. Pada beberapa titik di pantai benua, masih ditemukan daerah bebas es, hal ini disebabkan adanya angin yang kuat yang terus menerus berhembus dari dalam benua ke arah samudra.

        Samudra Selatan dalam, rata-rata kedalaman 4.000 – 5.000 m pada hampir semua penjuru samudra, hanya sedikit tempat yang mempunyai kedalaman yang dangkal. Dangkalan benua Antartika umumnya sempit dan lebih dalam (400 – 800 m) dibanding rata-rata kedalaman dangkalan di benua lainnya (133 m).
        Selimut es Antartika membesar dari minimum 2,6 juta km² pada bulan Maret mencapai 18,8 juta km² pada bulan September, berarti luasnya meningkat hampir 7 kali lipat. Arus Sirkumpolar Antartika (sepanjang 21.000 km) bergerak ke arah timur; merupakan arus samudra terbesar di dunia, mengalirkan 130 juta m³ air per detik, berarti 100 kali lipat seluruh aliran air sungai yang ada di dunia.

  7. kok blm lengkap sih

  8. thanks info nya….
    sgt pnting nih…

  9. trus .. letak geografis dan goegrafis nya ?

  10. Mana letak geografisnya ?

  11. apha2 jha sich nma2 samudera yg ada di dunia?
    tlong di kestau ea, s0alny pnting ne………..

  12. krang lngkap data2 ny…….

    plisss dtmbah lge ea

  13. trims. banyak yang telah terbantu

  14. Samudra pasifik ternyata memiliki palung terdalam di antara samudra lain
    dan tempat bertemunya arus korusiwo dan arus orasiwo yaitu arus dingin dan arus panas

  15. Subhanallah. It’s very amazing. . . :-)

  16. letak tanggul nya dimana..?

  17. muantap! :D

  18. mau nanya,, berapa volume air yang ada di samudera pasifik?

  19. mau tanya,. ada gak gmbar benua dan samudra yg greenlandnya itu ikut eropa,. dan juga ada keterangan samudranya,.???

  20. hmmm thangkyou yaw,,,,,,,,,,,,

  21. thanksssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssss….. :)

  22. mw tanya kalo bisa dijawab sekarang ya ?
    – luas samudra antartika tuh berapa sih ?
    – letak belahan bumi samudra antartika itu dimana ?
    – letak belahan bumi samudra hindia itu dimana ?
    – letak belahan bumi samudra atlantik itu dimana ?
    – letak belahan bumi samudra pasifik itu dimana ?

  23. apakah yg di maksud benua?
    sebutkan nama-nama benuayg menjadi bagian dari permukaan bumi!
    mengapa benua antartika tdk berpenghuni?
    apa nama samudra yg berbatasan langsung dgn indonesia?
    apa dasar pemisahan benua asia dgn eropa?

  24. gx lepkap kali sih murah han nyo diakkkkkkk !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  25. letak astronomis nya?

  26. soooooo deeeeeeeeeeeeeeeep,i think everybody never want to swimming there.

  27. thanks infonya, ngopy. ijin

  28. Jngan dibyangin klau jth ke samudera pasifik entr mlh jd psing byangin aj jebur ke bak mandi!

  29. Jngan dibyangin klau terdampar ke samudera pasifik entr mlh jd psing byangin aj trdampar ke hati yg km suka!

  30. thanks atas infonya,, i can linghten my task

  31. itu sih biasa

  32. Ahamdulillah,,,, akhirnya Pertanyaanku terjawab juga………

  33. letak belahan buminya apa

  34. letak belahan buminya apa kasi tau donk plizzzzzzz

  35. Letaknya belahan buminya kgk dikasih tauu..
    gimana siih..

  36. Thank’s yack buat infox..
    Sngat b’mnfaat ^.^

  37. tolong kasih tau samudra-samudra pemisah antar benua di dunia….

  38. makasih y dta nya lngkp bnerrr………..

  39. kalo pasang surut samudra artik itu gimana?

  40. pasang surut samudra artik gimana? buat tugas sekolah nh\ih

  41. wawwwwwwwwwwwww…………!!!!!!!!!!!

  42. mn fungsi samudra arktik nya ??

  43. Thanks ya , !;-)

  44. mau tanya, batas samudra” itu apa ya? apakah benua?

  45. Terima ksaih infonya. Tugas saya akhirnya terselesaikan :D

  46. KAlo lum lengkap !!!! nih tanya ke gua……….!!!!!!!!!!

  47. kebanyakan…..!!!!!!!!

Trackbacks

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.972 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: