Benua Afrika

Benua Afrika dikenal dengan julukan Benua Hitam. Hal ini dikarenakan mayoritas penduduk di kawasan benua ini adalah orang-orang kulit hitam (negro).

a . Letak, Luas, dan Batas

Benua Afrika terletak di sebelah Barat Daya Benua Asia. Pada

masa lalu, Benua Afrika dan Benua Asia menyatu, namun karena adanya pembangunan kanal atau terusan di Suez (Mesir), akhirnya kedua benua tersebut terpisah oleh perairan.

Secara astronomis, Benua Afrika terletak di antara ± 35° LU – 33° LS dan ± 18° BT – 53° BT. Luas wilayah Benua Afrika mencapai ± 29.800.540 km² atau hampir seperlima dari luas wilayah daratan dunia dengan batas-batas wilayah berikut ini.

1) Sebelah Utara berbatasan dengan Laut Tengah atau Laut Mediterania dan Benua Eropa.

2) Sebelah Timur berbatasan dengan Laut Merah dan Samudra Hindia.

3) Sebelah Selatan dan Barat ber-batasan dengan Samudra Atlantik.

b. Kondisi Fisik

Afrika merupakan benua yang unik, wilayahnya dilalui oleh tiga garis lintang utama, yaitu garis khatulistiwa (0°), garis balik Utara (23½°LU), dan garis balik Selatan (23½°LS). Sebagian besar wilayahnya merupakan dataran tinggi dan bergurun. Meski demikian, terdapat juga kawasan-kawasan subur di dataran rendah, misalnya di Lembah Sungai Nil dan Lembah Sungai Zaire yang merupakan lembah sungai terbesar kedua setelah Lembah Sungai Amazone.

1 ) Iklim di Afrika

Kondisi fisik Afrika tersebut memengaruhi variasi iklim yang terjadi. Di daerah pantai, iklimnya dipengaruhi oleh iklim laut, di daerah 0° terdapat iklim tropis yang basah sehingga banyak terjadi hujan, sedangkan di bagian Utara dan Selatan mendapat pengaruh angin gurun sehingga beriklim subtropis yang kering. Khusus di bagian Utara, sedikit terpengaruh iklim Laut Mediteran.

2 ) Gurun di Afrika

Persebaran gurun di Benua Afrika dapat dijumpai di sekitar garis balik Utara dan garis balik Selatan. Kawasan gurun di bagian Selatan memiliki posisi atau letak yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan kawasan gurun di bagian Utara. Namun begitu, gurun di bagian Utara memiliki wilayah yang lebih luas. Gurun di wilayah Utara dikenal dengan sebutan Gurun Sahara (± 9.065.000 km²), membentang dari Senegal di Barat hingga Kenya di Timur. Adapun gurun di wilayah Selatan, yaitu Gurun Kalahari dan Gurun Namibia.

3 ) Gunung, pegunungan, dan plato di Afrika

Plato dan pegunungan banyak terdapat di Afrika bagian Selatan.

Kawasan tersebut banyak memiliki mata air dan aliran sungai dengan ketinggian antara 500 – 1.200 m dari permukaan laut. Plato dan pegunungan di Afrika yang terkenal adalah Plato Umbagi dan Plato Tassilin-Ajjer di Sahara, Plato Shaba di bagian Tenggara, Plato Lunda dan Plato Drakensberg di bagian Selatan, Dataran Tinggi Ethiopia di sebelah Timur, serta Plato Angola di bagian tengah.

Pegunungan yang terdapat di Afrika, yaitu Pegunungan Atlas yang membentang dari Pantai Barat Laut Afrika hingga Tunisia dan Pegunungan Cape di bagian Selatan. Gunung di Afrika pada umumnya tidak aktif, namun masih ada beberapa yang aktif. Adapun titik tertinggi Afrika berada di Gunung Kilimanjaro (5.894 m) di Afrika Timur yang selalu tertutup salju.

4 ) Sungai dan danau  di Afrika

Afrika banyak memiliki sungai besar. Sungai-sungai terkenal di Afrika adalah Sungai Nil yang panjangnya 6.500 km (terpanjang di dunia), Sungai Kongo, Sungai Orange di Afrika Selatan, Sungai Niger di Nigeria, dan Sungai Zambesi di Zambia. Beberapa aliran sungai tersebut dibendung untuk irigasi dan pembangkit listrik, misalnya bendungan Aswan yang membendung Sungai Nil dan bendungan Akosombo yang membendung Sungai Volta di Ghana.

Danau-danau di Afrika, yaitu Danau Victoria (± 69.484 km²) merupakan danau terbesar di Afrika, Danau Tanganyika, Danau Mobutu, Danau Rudolf, Danau Chad, dan Danau Zambesi. Selain itu, Afrika juga memiliki banyak air terjun besar, yaitu air terjun Tuguela di Afrika Selatan (984 m) dan air terjun Victoria (108 m) di Zimbabwe.

5 ) Flora dan fauna di Afrika

Kondisi flora dan fauna terkait dengan kondisi iklimnya. Di kawasan iklim hujan tropis (di bagian Afrika Tengah) terdapat variasi tumbuhan dan hutan hujan yang sangat lebat. Di bagian Utara dan Selatan (subtropis) terdapat stepa dan sabana yang luas, sedangkan di kawasan gurun hanya terdapat stepa dan tumbuhan kaktus. Kondisi alam Benua Afrika sangat mendukung penyebaran fauna. Afrika mempunyai banyak jenis fauna, terutama hewan mamalia besar. Fauna khas Afrika, yaitu addax, zarafah, zebra, antilop, kuda nil, badak, dan gajah. Meskipun mempunyai kemiripan fisik dengan hewan-hewan sejenis di Asia, namun hewan-hewan Afrika memiliki ukuran tubuh yang relatif lebih besar daripada hewan-hewan sejenis di Asia.

Kondisi Sosial di Afrika

Saat ini penduduk Afrika mencapai lebih dari 861 juta jiwa dengan populasi terbanyak adalah warga kulit hitam, sisanya adalah warga keturunan Arab, Berber, Eropa, dan Asia. Sebagian besar penduduk kulit hitam tinggal di bagian Selatan Gurun Sahara, sedangkan bagian Utaranya ditempati warga keturunan Arab dan Berber.

Adapun keturunan Eropa banyak yang menempati wilayah Afrika Selatan.

Penduduk asli Afrika terdiri atas berbagai suku bangsa, yaitu suku bangsa Pigmy di pedalaman Zaire; suku bangsa Bushman, Zhun, Hatentot di Gurun Kalahari; serta suku bangsa Tuareg, Negroid, dan Sahrawi di Gurun Sahara. Banyaknya suku tersebut membuat Afrika kaya akan etnik. Lebih dari 800 bahasa digunakan di Afrika, namun bahasa Arab, Swahili, dan Hausa paling luas penggunaannya.

Adapun agama yang berkembang di Afrika adalah agama Islam, Kristen dan berbagai aliran kepercayaan.

Karakteristik Benua Afrika

Benua Afrika memiliki karakteristik atau ciri khas yang dapat membedakan dari benua-benua lain yang ada di muka bumi ini. Berikut ini beberapa karakteristik Benua Afrika.

1) Benua Afrika mempunyai wilayah daratan di benua lain, yaitu Semenanjung Sinai di Benua Asia.

2) Benua Afrika memiliki wilayah gurun terluas di dunia, yaitu Gurun Sahara.

3) Benua Afrika memiliki aliran sungai terpanjang di dunia, yaitu Sungai Nil.

4) Benua Afrika merupakan benua termiskin bila dibandingkan dengan benua-benua lainnya.

5) Benua Afrika mempunyai ketampakan alam berupa Lembah Celah Besar (The Great Rift Valley) yang terbentang sepanjang 6.400 km dari pantai Laut Merah di Afrika Timur hingga Danau Tanganyika di Afrika Selatan.

6) Benua Afrika memiliki Terusan Suez yang menghubungkan Laut Merah dengan Laut Tengah sehingga mempersingkat lalu 7) Benua Afrika memiliki bangunan-bangunan bersejarah, seperti piramida, patung Sphinx, dan patung raja Ramses II.


Benua Asia

Benua Amerika

Benua Eropa

Benua Australia

Benua Antartika


Dari Buku Sekolah

Terima kasih: Duta Pulsa -

About these ads
Tag:

51 Responses to “Benua Afrika”

  1. informasi yang saya dapat sudah baik/bagus hhanya saja ada kekurangan yang terjadi di dalamnya;yaitu hewan yang menjadi maskot negara ini tidak disebutkan serta gambarnya

  2. Apa yang menjadi maskot negara afrika?

  3. kurang ih tentang afrikanya!gak lengkap!

  4. aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa……………………………………………!!!!!!!!!!!!!!! sialll kg lengkap kg ada keadaan alamnya grrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr………………..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  5. geografisnya di gigi lw sama di p****t

  6. gigilw penyek di p****t gw di es-h**e lw tuh

  7. hai…
    aku ingin menanyakan
    keadaan alam benua afrika??
    salam kenal

  8. hai…blog ni agk bgus,,tp lg byk informasi lg la bgus..huhuu..klau blh trgkn lbh byk tntng keadaan iklm serta tumbuhan di sstu kaw..k.tq

  9. makasih…… yang ciptakan bagus lho……..

  10. kami semua suka dan daat jawaban nya……

  11. suku asli afrika mana? aku lagi nyari nih

  12. Umm… Masih ada yang kurang,,,, suku2nya??? Manaaa??

  13. cari tau donk engenai suku ADJA di bagian eropa barat kata dosennya..

    dah pening ne nyari nya…

  14. arigatou benar2 terbantu

  15. aduh gak lengkap nih huh!

  16. gw gi mo cari nama suku”ny bwt pr sklh, eh mlh g da
    gmn sich??? kurang lenggkap tuh!?!
    >_<

  17. aduh,,,dari tadi cari tentang persebaran flora dean fauna di benua africa,kox susah amt eah…

  18. aduh belum ke temu ………….

  19. lumayan lengkap sich… tpi msih ad yg kurang… gak ad dataran tingginya…

  20. perairan yang membatasi benua Afrika di sebelah barat itu apa ?

  21. sebutkan karakteristik dari benua afrika yang lain?

  22. Keren banget ! Smuanya dapet,makash banyaaaaaaak :D

  23. belum ada sabana dan stepanya. tapi saya hargai penciptanya…

  24. gak lengkap ane dimarahin buk guru nihhhhh byk yg g ke isi kuessseeeeeeeeeeeeellllllll deh

  25. Nice :D
    kalau boleh ngasih saran sih, tolong kasih objek wisatanya juga ya…
    Thank You… >.<

  26. kurang LENGKAP

  27. Waaaaaaahh.. g lengkap, n ada yang salah nih !!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    Rrrghhhh….
    >.<

  28. gx lengkap,gx seruu kpn pinternya klau gx lengkap kya gniii huh cpe’ dech

  29. . ‘ Mak’shii cmn. Kyk’nhaa kurang dech…

  30. jangan pada ngehina lo, hargain penulisnya woi

  31. kok nggk ada ciri* alamnya sih?

  32. kurang lengkap,,,,,,,,,,,,, data nya msih da yg kurang

  33. benua afrika saya sangat suka

  34. nan neol sarange afrika

  35. nama-nama negara maju dan berkembang di benua afrika apa aja sih?
    yg lengkap ya, jawabanya?
    biar jelass!

  36. yaaaa lumayan laaaah tapi tolong ditambahin tentang flora dan faunanya terus pertumbuhan penduduknya dari tahun ke tahun yaa,tapi BRAVO deh for the writer

  37. gak lengkap mna dataran tinggi sma dataran rendah nya…?

  38. pen duduk benua afrika berkulit

Trackbacks

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.972 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: