Seniman Pengkhianat – (naskah drama karya HB. Jassin)

“Orang-orang yang sudah menjual jiwa dan kehormatannya kepada fasis Jepang disingkirkan dari pimpinan revolusi kita (orang-orang yang pernah bekerja di propaganda polisi rahasia Jepang, umumnya di dalam usaha kolone 5 Jepang). Orang-orang ini harus dianggap sebagai pengkhianat perjuangan dan harus diperbedakan dari kaum buruh biasa yang bekerja hanya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.” (Perjuangan Kita, oleh Sjahrir, h. 24).

X : “Belum juga dia datang. Janjinya pukul sebelas. Sekarang sudah lewat setengah jam.”

Y : “Ah, dia banyak urusannya barangkali. Sandiwara sangat maju.”

X : “Itu dia! Manuskripku sekarang ada padanya.”

Y : “Manuskrip yang mana?”

X : “Sandiwara 4 babak, Kesuma Negara.”

Y : “Oh, yang baru lagi?”

X : “Ya, abis? Kemauan zaman. Kita mesti turut zaman, bukan?”

Y : “Aku heran melihat engkau. Apa saja acaranya, engkau membuatnya menjadi sajak, cerita pendek, sandiwara, dan sebagainya.”

X : “Apa susahnya. Bikin saja, asal u sama u, a sama a, b sama b, sudah beres. Bikin cerita pendek syaratnya asal jangan lupa: menghancurkan musuh, musuh jahanam, musuh biadab; kemenangan tinggal tunggu hari lagi. Pihak kita: kesayangan Tuhan, Tuhan telah menjanjikan kita kemenangan dan sebagainya yang muluk-muluk, yang jelek-jelek pada pihak lawan.”

Y : “Kuheran. Engkau dapat menulis demikian.”

X : “Mengapa heran? Engkau juga bisa, kalau engkau mau.”

Y : “Biarpun aku meu, aku tidak bisa.”

X : “Bohong! (berbisik). Mengapa engkau begini bodoh? (sambil menunjuk ke sepatu Y). Lihat! Sepatumu sudah ternganganganga.

Bajumu telah berjerumat. Kalau engkau mau… kantor kami senantiasa akan menerima engkau.”

Y : “Kerjaku menjadi apa?”

X : “Biasa. Seperti aku sekarang. Sekali-sekali ada bestelan sajak, atau cerita pendek, atau sandiwara, atau lelucon.”

Y : “Lantas kalau ada bestelen, engkau yang bikin?”

X : “Mau apa lagi?”

Y : “Engkau bisa tulis?”

X : “Bisa.”

Y : “Wah! Engkau ini orang aneh. Misalkan, pemerintah memerlukan rambutan untuk santapan serdadunya. Lantas dia menginginkan rambutan yang jitu, temponya tiga hari, engkau bisa bikin?”

X : “Gampang, tiga hari terlalu lama. Pukul sebelas dibestel jam dua belas sharp, tanggung siap.”

Y : “Tapi engkau toh mengerti, bahwa pekerjaan yang demikian tidak ada jiwanya?”

X : “Jiwa? Perlu apa jiwa sekarang? Jiwa diobral di medan perang.

Hanya engkau yang meributkan perkara jiwa.”

Y : “Bukan demikian. Padaku sesuatu itu mesti ada ‘aku’-ku di dalamnya. Kalau tidak, aku tidak puas.”

X : “Kalau sekarang engkau hendak memasukkan ‘aku’–mu ke dalam suatu pekerjaan, nanti engkau akan mendapat panggilan dari Gambir Barat1.

Y : “Oleh karena itulah, engkau tidak bisa menulis seperti kehendakmu itu.”

X : “Bung! Aku bilang saja terus terang.

Gerak gerikmu sekarang diamat-amati oleh Gambir Barat.”

Y : “Aku sudah tahu lama. Tapi itu aku tidak ambil perduli.”

X : “Engkau harus hati-hati. Omonganmu jangan terlalu lancang.”

Y : “Aku tahu. Aku lemah. Aku tidak punya karaben. Tapi, kalau aku disuruhnya menulis-menulis, seperti yang engkau laksanakan, lebih baik aku makan tanah.”

X : “Apa hinanya? Dia kuanggap majikan, aku buruh. Aku makan gaji. Apa yang dia suruh, toh aku mesti bikin?”

Y : “Engkau mesti ingat. Engkau bukan buruh biasa. Engkau seorang seniman.”

X : “Tidak! Aku tidak pernah bilang aku seorang seniman. Aku orang biasa. Namaku X.”

Y : “Tapi pekerjaanmu? Pekerjaanmu mempropaganda ini itu kepada rakyat.”

X : “Rakyat toh mesti diberi penerangan?”

Y : “Betul! Tapi bukan penerangan yang menjerumuskan itu, kalau engkau bikin propaganda tentang laut, misalnya.”

X : “Aku tidak tahu.”

Y : “Memang. Engkau tidak tahu. Tapi mereka, anak-anak muda yang terpedaya oleh ajak, atau cerita pendek, atau sandiwaramu tentang laut, apa engkau bisa tanggung?”

X : “Mereka mesti tahu sendiri.”

“Sobat! Engkau bangsa apa?”

X : “Aku bangsa Indonesia.”

Y : “Tulen?”

X : “Tulen!”

Y : “Tidak ada campuran?”

X : “Tidak! Ibu bapak 100% bangsa Indonesia.”

Y : “Kalau begitu aku tidak tahu, mengapa engkau mau menggali kubur untuk bangsamu sendiri.”

X : “Aku tidak menggali kubur. Aku makan gaji.”

Y : “Tapi gajimu berlumuran darah bangsamu sendiri.”

X : “Tidak dengan pekerjaanku, bangsa kita toh sudah berlumuran darah.”

Y : “Jadi engkau hendak menambahnya lagi?”

X : “Pekerjaanku ini seperti titik dalam lautan. Tidakkan menambah dan tidak akan mengurangi.”

Y : “Oleh sebab itu, engkau kerjakan?”

X : “Mengapa aku saja yang engkau terkam?”

Y : “Karena aku anggap engkau wakil dari gerombolanmu.”

X : “Bukan golonganku saja yang diperbudak. Semua golongan, tidak ada terkecualinya.”

Y : “Aku juga tahu. Yang menjerit-jerit berteriak-teriak di lapangan besar, seperti orang edan, juga bangsa kita. Juga tukang tipu rakyat.”

X : “Nah. Itu dia. Jadi bukan aku saja.”

Y : “Itu bukan alasan untuk melakukan pekerjaanmu seperti sekarang ini.”

X : “Lantas maumu aku mesti makan angin?”

Y : “Bukan. Engkau dapat bekerja di lapangan lain. Pendidikanmu cukup.”

X : “Maaf. Tapi aku tidak dapat hidup seperti engkau.”

Y : “Engkau mempunyai cita-cita?”

X : “Penuh.”

Y : “Cita-citamu akan dapat menahan segala deritaan.”

X : “Aku tidak bisa. Tinggal di gubuk rebeh seperti engkau, maaf saja. Aku biasa tinggak di Laan. Baju mesti saban hari ganti, sepatu mesti necis, jangan sampai ternganga. Jajan tidak bisa di pinggir jalan, nongkrong seperti engkau. Aku bisa duduk di Oen.”

Y : “Tapi jangan anggap, buah penamu telah kercap seni. Di luar kantomu ini, masih banyak pemuda-pemuda yang benar-benar berdarah seni, 100% lebih bersih dari darahmu. Mereka sekarang gelisah menanti akhirnya penindasan ini. Tapi dalam sementara itu, mereka menangis melihat kelakuan gerombolanmu yang melontekan diri sebagai alat propaganda.”

X : “Engkau cemburu melihat kedudukanku sekarang ini. Itu sebabnya engkau caci-caci aku.”

Y : “Aku tidak ingin kedudukanmu. Aku tidak ingin menjadi beo.

Aku tidak ingin menjadi ekor. Aku tidak ingin menjadi lonte seperti engkau.”

X : “Kalau tidak ingin, engkau boleh tutup mulutmu.”

Y : “Aku tidak akan menutup mulutku.Aku akan meneriak-neriakkan pengkhianatanmu terhadap bangsamu sendiri, yang engkau jadikan mangsa kebengisan tokehmu dan yang engkau coba meliputinya dengan tulisan-tulisanmu, untuk kepentingan kantongmu sendiri. Seandainya leherku yang kurus ini engkau suruh penggal pada tokehmu, aku akan terus berteriak: meneriakkan pengkhianatanmu selama ini!”

Sumber: Kesusastraan Indonesia di Masa Jepang, HB. Jassin, Balai Pustaka, hal. 88- 92.


Persewaan Alat PestaKoleksi Abaya-Busana MuslimKerudung Murah okRek.com · DutaPulsa


dari buku sekolah

About these ads
Tag:

56 Responses to “Seniman Pengkhianat – (naskah drama karya HB. Jassin)”

  1. Pak sy minta tolong supaya sy dibuatkan contoh drama humor dngan plaku 5 orang…. Kirim aja pak di email saya.

  2. pak tolong buatkan naskah drama tentang pendidikan buat anak smp donk tokohnya ada 7 orang …
    soalnya penting nie buat tugaz

    tolong kirimkan naskahnya ke alamat saya ya….pleaaazzzeeeee ya tolong saya

    sebelumnya makasih banyak…..

    • hei sobat…..
      tolong dong buatin naskah drama yang dimainkan oleh anak amp dan pemainnya berjumlah 7 orang. 4 perempuan and 3 laki laki.
      tolongya. plisssssssssss.
      kalau udah kirimkan ke alamat aq ya.

  3. tolong kirimin saya contoh drama tentang apa saja yang bertokoh maximal 19

  4. makasih banyak y

  5. pa atau ka yh q pggilnya…………
    ochhh yh pgen d bkinin teks ndrama yg gadis desa donk coz bgus bgt deh klo d pentasin buat mnggu dpan. cozz da tgas dri gru bat bkin drama…. thankkss yh pleace mkinin yh???????????? hhuhuuuuuuu

  6. ochhh yh pgen bat 6 ornk gto. semunya pda nak cew ka…. pgn x scptnya coz ,nggu dpn d pntasin. makasihhh yh wie tggu loh drama x….

  7. pak tolong kirimkan drama untuk 12 orang
    tolong kirim ke email saya ya pak
    saya tunggu loh dramaya

  8. pak tolong kirimkan naskah drama untuk 8 orang
    tolong kirim ke email saya ya pak
    saya butuh banget buat tugas
    saya tunggu naskah dramanya

  9. pak tolong besok kirimkan ke e-mail saya naskah lelucon ketoprak humor seperti opera van java.

  10. pak tolong kirimkan saya naskah drama tentang teliti 10 pemain segera ya pak,TRIMS YA PAK

  11. pak tolong buatkan saya naskah drama yang temanya tentang lingkungan hidup

    atau temanya tentang narkoba tolong buatkan saya sekarang dan kirimkan ke

    alamat e-mail saya.

  12. Pak, tolong kirim ke e-mail saya, naskah drama yang temanya persahabatan.
    Terima kasih banyak pak

  13. Pak sy minta tolong supaya sy dibuatkan contoh drama tema pencurian dengan tokoh 5 orang…. Kirim aja pak di email saya.
    scptnya y pak
    terima kasih

  14. pak, bisa gak saya minta tolong buatin drama tentang sahabat yang berkhianat bisa gak pak???
    Tolong banget
    Terima Kasih ya, pak……………….

  15. pak tolong saya buat kn naskah drama buat 6 org.5cowok 1cewek.
    tolong kirim ke email sya secepatnya…
    terima kasih ya pak

  16. pak saya minta tolong dibuatkan drama 5 orang dengan tema pendidikan, tolong ya pak soalx dibutuhkannya hr senin, kirim aja ke e-mail sy

  17. kak bisa buatkan naskah drama tentang kewarganegaraan ga ?
    untuk 10 orang .

  18. punten.. kalo naskah drama komedi ada nggak??
    Klo ada kirim ke email saya..
    trima kasih pak

  19. pak, saya ingin dibuatkan sebuah naskah drama tentang guru, boleh humor atau drama teater,yg pelakunya 5 orang. maaf y pak,,,terimakasih sebelumnya, ^_^

  20. maaPh,,,
    kalo ada yg k0medi kirim ke email saya ea??
    cz lg btuh bdettt.
    mksichhhhhhh

  21. tolong buatkan drama persahabatan yang bisa dimainkan oleh anak SMP yang jumlah pelaku.y 6 orang terimakasih

  22. kirimkan drama percintaan/persahabatan.2 cwo n 4 cwe.klw bsa skrng bwt ambil nlai…….thank

  23. minta tlong krimkan naskah drma yng dlakonkan oleh 6 laki-laki, yng menceritakan tntg khdpan anak kos, yng kocak ? thnks advnce
    bls aja d email ku

  24. pak tolong carikan drama lucu untuk 7orang yang di perankan 5 cewek dan 2 cowok balas ke email saya ya pak…
    trim’s

  25. kirimkan naskah drama bertema “pentingnya pendidikan” makasih sblmnya..bls k email ku..

  26. tolong kirimkan naskah drama yang ceritanya tentang persahabatan yang diperankan 10 orang lebih,please!!!
    kalau bisa besok jumat soalnya buat pensi, tolong kirim ke email gfriek@rocketmail.com

  27. bisa tolong kirimkan naskah drama yg ceritanya tentang persahabatan atau pendidikan, diperankan sekitar 4-5 orang,
    secepatnya ya, soalnya tanggal 30 mei sudah harus ada,
    tolong kirim ke email ryotaro_karra@yahoo.com

  28. pak tolong kirin saya contoh naskah drama yang bertema tentang, sumpah pemuda atau kepahlawanan ya pak tolong saya. ld ada tugas cari di om goole susah g ketemu ketemu. tolong bantu saya pak kirim ja ni email saya. http://www.newrogtog@gmail.com

  29. Pak, tolong dong buatin saya naskah drama dlam bahasa inggris_
    untuk 5 cewek dan 3 cowok,,, temanya apa aja deh, yang penting bisa di mengerti, tapi kalau bisa, drama bhs. inggris humor ya, supaya yg nonton bisa ketawa. please ya pak, kirim k e-mail q aja_
    mkasih sbelumnya_

  30. bsA TLONG dI bUaTiN Ga nAsKh dRMa yG angGoTANYA 5 ORANG 3 cow 2cew………….

  31. monconge aldi guedi

  32. pak tolong saya buat kan drama yang di perankan 7 orang,,soal nya mau buat tugas

  33. pak tlg dong buatin drama yg berjumlah 4 org,
    kirim aja lewat e-mail saya
    kalo bisa ttg anak remaja yg hobinya basket.
    thx pak

  34. pak buatin drama lucu/sedih dong pak dengan pelaku 6 orang. 2 cewe 4 cowo dan berdurasi 20 menit. terima kasih pa. kirimin lewat email aja ya :)

  35. pak tlg buatkan saya drama dgn 4 pemeran y pak 2 cowok 2 cewek .
    terima kasih

  36. pak bisa minta tolong buatkan naskah drama tv gak? apa saja masalahnya saya kurang mengerti penuturuan kata bahasanya dan penempatannya terima kasih sebelumnya.

  37. pak, minta text drama untuk 5 orang dunk.. yang gak usah terlalu panjang pak yang sedang – sedang aja karna buat tugas b.indonesia (menghafal)
    nanti bapak kirim ke email saya ya pak…
    aku tunggu ya pak…
    aq minta tolong ya pak??
    hehehhe :)
    cing_lophupig@yahoo.com
    kirim ke sna ya pak..
    kirim hari ini ya pak kalo bisa.. makasii banyak pak.. :)

  38. tolong dong sya di bwatin naskah drama dngan plaku 9 tokoh, plissss,,,
    qrm ajja d alamat email sya oke,,

    • Ass..
      tolong dong bikinin naskah drama percintaan, 6 orang tokohnya^^

      kirimin ke email saya yaa…
      kalo bisa secepatnya “thanks”

  39. sya jga kirim ke email kuh y . !

    DRAMA persahabatan yg tokohnya 5 orang cwe smw

    PLEASE scepatnya yah :)

  40. Ass..
    tolong dong bikinin naskah drama percintaan, 6 orang tokohnya^^

    kirimin ke email saya yaa…
    kalo bisa secepatnya “thanks”

  41. asslmualaikum,
    mnta tolong bgt bkin in naskah drama teater yg brtema apa saja kalau bisa komedi utk 7 pemain 3 cewk 4 cowk.
    M’f sbelum nya terima kasih.. ^_^

  42. pak tlong buatkan saya naskah drama yang bertema perjuangan….

  43. banyak sekalii

  44. pak sy minta tolong, bwtkan naskah drama yg anggotanya terdiri dri 10 orng, tolong d krim k alamat email sya. trima kasih sbelumnya :)

  45. pak..saya mnta tolong, buatkn saya naskah dramayg anggotanya 6 orang bertemakan teliti, tlong di kirim k almat e-mail saya. trima kasih sblumny :)

  46. tolong dong kash drama untuk 6 orang

  47. pak,, bisa gak tolong bantu q buatin naskah teater tradisional yang pemainnya 5 cewek dan 6 cowok,, pleas,,,
    tolong kirim ke email q y,,,,:-) makasih sebelumnya

  48. Pak, tolong buatkan Saya Naskah Drama bertema Perjuangan ya..
    Yang beranggotakan 6 Orang, masing masing 3 Laki-laki dan 3 Perempuan.
    Untuk Ulangan Praktek Bahasa Indonesia nanti.
    Terima Kasih sebelumnya.

  49. pak, tolong lah yg temanya apa aja bloh asalkan 4 orang 2pr 2lk2

  50. Pak Tolong Kirimin Drama Untuk 8 Orang Ber Tema Teman Penghianat Tolong y pak Trimakasih

Trackbacks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.967 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: