Uang giral (Giro bilyet, Cek, Telegraphic transfer)

Masih ingat tentang uang giral, atau giro? Baiklah, kali ini kita baca kembali tentang uang giral ini. Oh, ya jangan lupa ya, kasih komentar di bawah, sekalian kamu bisa tampilkan nama kamu kan. Sponsor tulisan ini masih sama yakni DutaPulsa dan Okrek.com

Uang giral adalah uang yang dimiliki masyarakat dalam bentuk simpanan (deposito) yang dapat ditarik setiap saat sesuai kebutuhan. Uang ini hanya beredar di kalangan tertentu saja, sehingga masyarakat mempunyai hak untuk menolak jika ia tidak mau barang atau jasa yang diberikannya dibayar dengan uang ini.

Uang giral dapat ditarik dengan menggunakan cek, bilyet giro, dan perintah pembayaran (telegraphic transfer).

a) Giro bilyet adalah simpanan yang penarikannya dapat dilakukan setiap saat dengan menggunakan cek, bilyet giro, atau sarana perintah pembayaran lainnya dengan cara transfer uang. Giro sangat bermanfaat bagi pengusaha, karena dengan giro berbagai pembayaran untuk berbagai transaksi dalam jumlah besar tidak perlu dilakukan dengan tunai. Cukup dengan menggunakan selembar kertas cek (untuk pembayaran tunai) atau bilyet giro (untuk pembayaran nontunai).

b) Cek adalah surat perintah dari seseorang yang mempunyai rekening di bank agar bank membayar sejumlah uang kepada orang yang namanya disebutkan dalam cek tersebut atau orang yang membawa cek. Orang yang mempunyai rekening di bank dan mendapat buku cek dari bank disebut client (nasabah).

c) Telegraphic transfer, pembayaran menggunakan telegraphic transfer dilakukan dengan memindahkan sebagian atau seluruh rekening di bank kepada seseorang yang ditunjuk yang bertempat di daerah lain.


Berikut ini proses terjadinya uang giral.

1) Seseorang menitipkan sejumlah uang kartal kepada sebuah bank.

Bank mencatat dalam bukunya sebagai rekening orang yang menitipkan uang. Titipan semacam ini dinamakan primary deposits, yang berarti uang titipan.

Dengan kejadian tersebut uang kartal yang dititipkan berubah menjadi uang giral.

2) Seseorang meminjam uang pada sebuah bank. Uang tersebut tidak diambilnya, tetapi dititipkan di bank agar sewaktu-waktu dapat diambil. Bank mencatat uang tersebut pada buku sebagai rekening si peminjam. Titipan semacam itu disebut loan deposits yang berarti uang pinjaman yang dititipkan. Uang pinjaman yang belum dikeluarkan itu merupakan uang giral. Orang yang berutang sekaligus menjadi orang yang berpiutang.

3) Uang giral dapat pula diciptakan dengan cara seseorang menjual surat berharga ke bank dan bank membukukan hasil penjualan surat berharga itu sebagai deposit dari yang menjual (derivative deposit).


Persewaan Alat PestaKoleksi Abaya-Busana MuslimKerudung Murah okRek.com · DutaPulsa


dari buku sekolah

  

About these ads

17 Responses to “Uang giral (Giro bilyet, Cek, Telegraphic transfer)”

  1. bagussssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssss

  2. hukum tentang bilyet giro di indonesia??

  3. cara t/t ke luar negri gmn boz?

  4. akhir ny Q tau jugaaaa . . . . . he…..he……he…..

  5. dpt ug jawaban nya…………………….hhhhhhh….

  6. bermanfaat sekali, saya jadi tahu apa itu uang kartal dan bagaimana akhirnya bisa menjadi uang giral, thank’s berat infonya.

  7. mksihh yaa,,,
    udah membantu z mengetahui tntang akuntansi

  8. kurang bnyak jenis2nya……

  9. kurang jenis2nya……

  10. Ya, penggunaan uang giral akan lebih praktis penggunaannya dan lebih aman apalagi dalam jumlah besar. Hanya saja uang giral tidak dapat dilakukan untuk belanja ke warung. lol

  11. trimakasihya… sudah ngasihtau thank……………………………………………

Lacak Balik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.955 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: