Penyakit Pada Sistem Reproduksi Manusia

Meskipun banyak penyakit yang dapat menyerang organ-organ reproduksi. Sebenarnya sebagian besar dapat dicegah dengan menjaga kebersihan secara umum dan kebersihan organ-organ reproduksi. Jamur yang menyukai tempat lembap dapat dihindari dengan selalu menjaga daerah perineum (selangkangan) selalu kering. Rasa gatal dapat dikurangi dengan mengenakan celana dari bahan katun. Cara pencegahan yang lain adalah tidak membiasakan bertukar handuk atau pakaian. Selain kebersihan diri. lingkungan juga perlu dijaga kebersihannya. misalnya selalu mencuci selimut atau alas tidur.

Beberapa penyakit dapat menyerang sistem reproduksi manusia, penyakit tersebut antara lain sebagai berikut.
1. Gonorhea (Kencing Nanah)
Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae dan ditularkan terutama melalui hubungan seksual. Bakteri ini selain menimbulkan radang pada organ reproduksi (vagina, saluran Fallopii, epididimis, kelenjar prostat), juga dapat menimbulkan radang pada saluran kemih, mata, persendian, dan selaput otak. Kalau tidak segera diobati, penyakit ini dapat menyebabkan kemandulan. Penyakit ini dapat menular dari seorang ibu yang terinfeksi kepada bayi yang dilahirkannya. Beberapa bayi menjadi buta karenanya.

Adapun tanda dan gejala-gejala penyakit ini sebagai berikut.

  • Terdapat nanah di ujung saluran kencing.
  • Rasa terbakar pada saat buang air kecil
  • Pada laki-laki, uretra menjadi sempit sehingga sulit buang air kecil. Pada beberapa kasus, testes menjadi rusak sehingga orang yang bersangkutan menjadi mandul.
  • Pada wanita, terdapat nanah dari vagina yang mungkin dapat menyebar ke rahim dan indung telur. Akibatnva, wanita yang bersangkutan menjadi mandul.

2. Sifilis
Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum dan ditularkan terutama melalui hubungan seksual. Penyakit ini terdiri atas beberapa stadium. Pada stadium lanjut, sifilis tidak hanya menyerang organ-organ reproduksi, tetapi juga menyerang organorgan tubuh yang lain, misalnya hati, susunan saraf, dan otak.

3. Herpes Genital
Penyakit ini disebabkan oleh virus herpes simpleks serotipe 2 dan ditularkan melalui hubungan seksual. Virus ini selain menyerang organ-organ reproduksi laki-laki dan perempuan, juga menyerang kulit. Sekarang sudah diketahui bahwa ada hubungan antara infeksi virus herpes dan kanker leher rahim.
4. Keputihan (Fluor Albus)
Penyakit yang dialami perempuan ini disebabkan oleh berbagai parasit, antara lain jamur Candida albicans, Protozoa dari jenis Trichomonas vaginalis, bakteri, dan virus. Candida albicans menyukai lingkungan yang mengandung gula dan hangat. Jamur ini sering ditemukan pada perempuan hamil dan penderita diabetes melitus (kencing manis).

5. AIDS
AIDS merupakan singkatan dari Acquired Immune Deficiency Syndrome (sindrom hilangnya kekebalan karena bentukan). Penyakit ini disebabkan oleh virus HIV (Human Immtmodeficiency Virus). Sampai sekarang, penyakit mematikan ini belum ada obatnya. Orang yang terinfeksi virus HIV tidak langsung menderita AIDS. Penyakit ini baru terlihat setelah enam bulan sampai lima tahun, bergantung pada ketahanan tubuh seseorang. Penyakit ini menyerang sel-sel darah putih yang merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh. Akibatnya, jika terinfeksi kuman tertentu yang bagi orang biasa tidak membahayakan. penderita AIDS dapat meninggal. Kita tidak perlu panik menghadapi penyakit ini jika mengetahui cara penularannya. Tidak seperti influenza yang penularannya melalui udara, penyakit ini menular melalui cairan tubuh. Menghirup udara
di sekitar penderita AIDS atau bersalaman dengan penderita AIDS, tidak menyebabkan tertular. AIDS dapat menular melalui transfusi darah dari penderitaAIDS, melalui jarum suntik yang pernah dipakai penderita AIDS, dan berhubungan seksual dengan penderita AIDS. Bayi yang dikandung ibu penderita AIDS kemungkinan juga dapat tertular.

 

.Besi Beton Murah


Batik Cantik | Belajar MODE Busana | Besi Beton Murah | Waralaba Depo Air Minum | Pemasangan Depo Air Minum Isi Ulang | Batik Sarimbit

About these ads

63 Responses to “Penyakit Pada Sistem Reproduksi Manusia”

  1. Menurut saya penyakit kelamin ditularkan oleh pasangan seks yang mengidap penyakit tsb, bukan hanya menjaga kebersihan pribadi.

  2. hm…………kok gx lengkap sih
    trus knpa gx pake huruf latin nya?

  3. doain aja jangan sampai aku ngidap penyakit kayak gitu…..iiiiiiihhhhhh ngeri dech.

  4. emmmpt…npa g da
    pnyebab.x ???
    cra pnulran.x
    cra pncgahan.x ????

  5. Alat reproduksi pada perempuan terdiri atas sepasang ovarium (indung telur) yang terletak di rongga perut, saluran telur (oviduk/tuba Fallopii), uterus (rahim), vagina dan organ kelamin bagian luar.

  6. wuih…………..dgar nya aza udah serem pa lagi sampe ngalami ngak deh psan aq ni jlni hidup dgn hal2 yg wazar aza ngax sah macem2…………..

  7. Kurang banyak&tambah gambar

  8. kok gak lengkap ceeeh????????

    TOLONG DI TAMBAH DONK…………………
    PEYAKIT2 NYA……..

  9. Ditambahkan lgii jenis pnyakitnya..

  10. tahede depe cara penularan mana

  11. di tambahin lgi daftarnya

  12. hMmmZzz,,,,,,
    toLonG dunKzZ kLoe iCa dii iSii GamBar,,,,,!!!!

  13. ehm…
    slain penyakit itu ada lagi ngak

  14. tolong penjelasan dikit penularan dari mana sa?

  15. ygst llengkap eea ?

  16. hem ngeri euy vha gi yg kena penyakit ni huft ngan smpe dh kena ke aku hehehehehe

  17. menyebalkan… kata.a kumpulan soal…
    mn??? g’ da soal.a blaz…

  18. kalo cara mengatasi keputihan tu gimana iiaa??

  19. bagi saya . . . .
    penyakit itu ditularkan karena ada sex bebas .. ..

    Dave

  20. Google

  21. tolong informasinya lebih lengkap…
    saya sangat butuh ini…
    karna utk tgs skolah…

  22. sekalioan dong ada pertanyaanny,kurang lengkap ni!

  23. lEngkPin dOn9 pEnykitnya zUsah nE cArinya

  24. wele welew Krg Lengkap akan Lepngkap klo ada penyebab na , cara penularan , cara pengobatan , cara penyegahan , cara alternatif tuk menghindari orang yg terkena penyakit tersebut dan gambar

  25. kok cuma sgini …..
    plese cr yg banyak donk ….??
    jd sulit cary tgs….
    OK….

  26. k*** tu harus diaga

  27. yang banyak penyakitnya

  28. benran tuch!!! kan mu thu uga lbh dlm tntmg itu.. mga ja kt d lindungi oleh allah jauh dri pnykit itu. AMIN

  29. ada lagi gak penyakit yang lain…….
    perlu nich……………….

  30. benturan moch

  31. jangan sampai kayak gitu dech! yg jelas jalani hidup ini sebaik2 mungkin.

  32. tlong donk… jelasin tntang p’nykit sistem reproduksi dgn lengkap…

    please…

  33. kira2 sampai kapan obat HIV AIDS ditemukan????

  34. cara pencegahannya gimana yach ??

  35. tambahin cara pencegahannya donn.. ;)

  36. buiiii,,,
    penjelasan.y booozzzzzzz…!!!

  37. ah penyakit na gk lengkap…………….

  38. Salah satu pusat retailer on-line yang menjual obat herbal XAMthone Plus, juice kulit buah manggis yang terbukti berkhasiat mengobati berbagai penyakit kronis, seperti; kanker, diabetes, jantung, asam urat, ginjal dan lain-lain.

    Selain menjual produk XAMthone Plus kami juga menyediakan pelayanan penjualan obat Jelly Gammat Gold-G, yaitu obat multi khasiat yang diolah dari keistimewaan tripang emas (Gold Sea Cucumber).

  39. lagi ada tugas cara pencegahan dan penularan penyakit sistem reproduksi nih……
    bisa bantu tugas saya?????

  40. ada yg bs gk nambahin
    aku di ksh tugas nih

  41. apakah ada cara mengobati penyakit pada alat reproduksi

  42. penjelasan tentang penyakit pada sistem reproduksi manusia sekaligus gambarnya

Trackbacks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.965 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: