Proses Pembuahan Atau Fertilisasi

Pembuahan adalah proses peleburan antara satu sel sperma dan satu sel ovum yang sudah matang. Proses pembuahan ini terjadi di bagian saluran Fallopii yang paling lebar. Sebelum terjadi poses pembuahan, terjadi beberapa proses sebagai berikut.
Ovum yang telah masuk akan keluar dari ovarium. Proses tersebut dinamakan ovulasi. Ovum yang telah masak tersebutakan masuk ke saluran Fallopii. Jutaan sperma harus berjalan dari vagina menuju uterus dan masuk ke saluran Fallopii. Dalam perjalanan itu, kebanyakan sperma dihancurkan oleh mukus (lendir) asa di dalam uterus dan saluran Fallopii. Di antara beberapa sel sperma yang bertahan hidup, hanya satu yang masuk menembus membran ovum. Setelah terjadi pembuahan, membran ovum segera mengeras untuk mencegah sel sperma lain masuk.

Hasil pembuahan adalah zigot. Kemudian mengalami pertumbuhan dan perkembangan sebagai berikut:

  1. Zigot membelah menjadi 2 sel, 4 sel, dan seterusnya.
  2. Dalam waktu bersamaan lapisan dinding dalam uterus menjadi tebal seperti spons, penuh dengan pembuluh darah, dan siap menerima zigot.
  3. Karena kontraksi oto dan gerak silia diding saluran Fallopii, zigot menuju ke uterus dan menempel di dinding uterus untuk tumbuh dan berkembang.
  4. Terbentuk plsenta dan tali pusat yang merupakan penghubung antara embrio dan jaringan ibunya. Fungsi plasenta dan tali pusat adalah mengalirkan oksigen dan zat-zat makanan dari ibu ke embrio, serta menglirkan sisa-sisa metabolisme dari embrio ke peredana darah ibunya.
  5. Embrio dikelilingi cairan amnion yang berfungsi melindungi embrio dari bahaya benturan yang mungkin terjadi.
  6. Embrio berusaha empat minggu sudah menunjukkan adanya pertumbuhan mata, tangan, dan kaki.
  7. Setelah berusia enam minggu, embrio sudah berukuran 1,5 cm. Otak, mata, telinga, dan jantung sudah berkembang. Tangan dan kaki, serta jari-jarinya mulai terbentuk.
  8. Setelah berusia delapan minggu, embrio sudah tampak sebagai manusia dengan organ-organ tubuh lengkap. Kaki, tangan, serta jari-jariny telah berkembang. Mulai tahap ini sampai lahir, embrio disebut fetus (janin).
  9. Setelah mencapai usia kehamilan kira-kira sembilan bulan sepuluh hari, bayi siap dilahirkan.

Jika ovum yang sudah masak tidak dibuahi oleh sperma, jaringan penyusun dinding rahim yang telah menebal dan mengandung banyak pembuluh darah akan rusak dan luruh/runtuh. Bersama-sama dengan ovum yang tidak dibuahi, jaringan tersebut dikeluarkan dari tubuh lewat vagina dalam proses yang disebut menstruasi (haid).

Yang Lain:

Penyakit Menular Lewat Hubungan Seksual (PMS)

Magang di Majalah Sexy

Siklus Menstruasi

Posting yang berhubungan dengan Reproduksi

Remaja Harus Dapat Informasi Kespro (kesehatan reproduksi)

Proses Reproduksi pada Manusia

.

Jual Gelang Aksesoris


Harga gelang imitasi


Grosir Gelang Murah


Grosir Aksesoris Imitasi


Anting Kristal 004
84 Responses to “Proses Pembuahan Atau Fertilisasi”

  1. Sel seperma yang masuk akan bertahan hidup berapa lama?untuk bisa bertemu sel telur?

  2. tq buat info dan tulisannya, menolong saya mengerti,selamat berkarya

  3. klu mnurut sya,sel sperma brtahan hny beberpa hr sj,stelah brtmu dgan sel tlur akn trjd fertilisasi,jika dlm wktu 42 hr tdak trjd fertilisasi mka tdk akn trjd pembuahan.

  4. Saya mau tanya.knapa y stiap sy brhubgn sperma swami sy slalu kluar.

  5. Sy mw ty,stiap x kmi brhubungan.. Sperma suami sy sllu d keluarkan diluar vagina. Ap itu bs memungkinkan tjd pmbuahan?

    • Dengan cara seperti itu, terkadang terlambat mengeluarkan, jadi ada sperma yang masuk ke V, jadi tetap saja bisa terjadi pembuahan, meskipun kemungkinannya lebih kecil.

  6. apakah disaat sperma masuk ke ovum akan terasa sakit atau perih???

    mohon di balez…

    saya lagi ada tugas..

    • Tidak, tidak sakit.
      jika ada sakit bukan itu sebab, mungkin disebabkan hal yang lain.
      Mala pada banyak pemilik ovum, merasa nikmat saat merasakan sperma masuk.

  7. saya mau tanya saya apakah tangan yang memegang jeans yang agak basah terkena cairan mani laki-laki,namun lupa mencuci tangan, lalu setelah itu sekitar 5-10 menit, tangan tersebut memegang vagina yang basah oleh cairan mani vagina. apakah sisa basahan sperma tadi bisa ikut masuk dan menyebabkan hamil?

    mhon di jawab,untuk mengatasi masalah teman…

  8. Apakah kalau habis analsex (ML Lwt dubur) dan sperma keluar didalam dubur dan ada yg meleleh keluar dan mengenai vagina akan menyebabkan kehamilan?Tolong dibalas

  9. Bgmn jika sperma encer? Apakah tetap terjadi pembuahan? Dan bisakah pembuahan trjdi stlh 2-4 hari sesudah haid?
    Trma ksh.
    Tolong d jwb

    • Sperma encer, berarti dalam air mani kandungan spermanya lebih sedikit (normalnya terdapat 3 juta hingga 3,6 juta sel sperma), tetap ada kemungkinan hamil, jika ada sel sperma yang bertemu sel telur yang matang di tuba falopi dan terjadi pembuahan.

      Masa subur atau kemungkinan besar terjadi pembuahan adalah pada hari ke 8 sampai hari ke 21 setelah haid pertama, tergantung siklus haid.
      Sel telur hanya beberapa jam saja masa matangnya dan (normalnya) hanya satu sel telur saja yang matang itu.
      Sedangkan sel sperma bisa bertahan dalam waktu 1 hingga 3 hari di saluran tuba (saluran yang dilalui oleh sel telur yang matang).
      Jika 2-4 hari sesudah haid itu adalah 8-21 hari sesudah hari pertama haid, maka ada kemungkinan terjadi pembuahan.
      8 hari sesudah haid pertama bisa dikurangi 3 hari lagi, (jadi 5 hari setelah haid pertama) karena sperma bisa bertahan hingga 3 hari didalam saluran milik perempuan.
      Jadi masa tidak subur (sangat kecil kemungkinan terjadi pembuahan) adalah setelah 21 hari sejak hari pertama haid, hingga haid lagi dan sebelum 5 hari berikutnya.
      Sedangkan masa paling subur (paling besar kemungkinan terjadi pembuahan) adalah hari ke-12 sampai hari ke-16 sejak hari pertama haid.

  10. Bgmn jika perempuan itu haidnya selalu tdk teratur mslnya 2 bln hanya 2 kali saja ? Apakah msh ada kmungkinan trjdi pmbuahan dgn mani encer tsb.?
    Trma ksh
    tlg d jwb.

    • Tetap masih ada kemungkinan untuk bisa hamil.

      Namun sebaiknya yang menyebabkan haid tidak teratur diperiksa dan diberi obat atau suplemen yang bisa membantu normalnya haid.
      Demikian juga dengan mani encer, harus diperiksakan ke dokter, sehingga bisa mengetahui penyebabnya dan bisa dibantu untuk memperbaiki kualitas sperma.

      Hal yang secara umum perlu dilakukan untuk memperbesar kemungkinan terjadinya kehamilan adalah dengan mengurangi stres. Hal yang paling baik untuk membuat hati dan jiwa tenang jauh dari stres adalah dengan mendekatkan diri pada Tuhan.

  11. Mr.sperma itu pembuahannya terjadi di dalam ovum kan dok ???
    Mr.sperma itu bertahan di luar (udara) berapa lama ?, trus, klo tangan (jari) dari pasangan kita (he) bekas mengelap lendir / Mr.sperma yang keluar, dan kemudian memasukkan bekas tangan (jari) tersebut dengan menyentuh mulut miss vagina, apakah bisa terjadi pembuahan (kehamilan) dok ???
    mohon jawabannya.. Terima Kasih.

  12. sya ingin tanya,
    apakah org yg smentara berenang trus ad sperma cowok yg kluar..
    apakah ad kmungkinn bisa masuk kedalam vagina???
    n apakah mmungkinkan trjadi pmbuahan???

  13. Jika saya berhubungan trakir tgl 13 Sept, mungkingkah pasangan saya sudah hamil?
    Jika sudah, brp lama umur janin nya? terima kasih..

  14. Mau tanya…
    Pada saat berhubungan, sperma suami saya keluar di dalam Mrs. V. Anjuran dari temen2 & sodara, dalam posisi tidur bokong diganjel ama batal tujuannya supaya posisi vagina lebih tinggi sehingga membantu sperma masuk ke saluran wanita. Bener gak?
    1 jam kemudian pada saat saya kembali beraktifitas, ada sperma yang keluar dari vagina. Kenapa sperma nya keluar lagi? Wajarkah? Apa ada kemungkinan saya hamil. Tambahan, saat ini saya dan suami sedang treatment dari dokter ahli kandungan dan diberi obat penguat hormon. Terimakasih atas jawabannya. Salam

    • Diganjal untuk variasi posisi dalam berhubungan, juga untuk mengurangi sperma yang langsung tumpah keluar.

      Normal jika ada sperma yang tumpah keluar lagi dari vagina, wajar saja.

      Obat penguat hormon yang sesuai dosis memang baik untuk kesuburan.

      Yang tidak kalah penting selalu berlaku hidup sehat dan menenangkan pikiran dan mental dengan banyak beribadah dan bersedekah.

      :D

  15. Apakah kalau habis analsex (ML Lwt dubur) dan sperma keluar didalam dubur akan menyebabkan kehamilan?Tolong dibalas dok,,makasii..

  16. menurut pendapat saya sel sperma yang kluar d waktu renang akan trjadi pembuahan bila sel sperma itu masuk dan bertemu dengan sel ovum.

  17. saya mau tanya, bagaimana kita mengetahui apakah terjadi pembuahan atau tidak setlh kita berhubungan di masa subur?biasanya berapa lama waktu untuk terjadi pembuahan diitung dr masa ovulasi?apakah kita harus tunggu sampai kita telat haid atau seminggu seblm tanggal haid berikutnya kita sudah bisa mengetahui apakah terjadinya pembuahan atau tidak?thanks

  18. jika saat renang sperma kluar n brtmu dg ovum bsa trjadi fertilisasi apkah hymenx akn sobek jg???

  19. bagaimana cara mendeteksi hamil dan tidak setelah hubungan apa ada alat untuk mendeteksi dalam kurun waktu 1×24 jam.
    tolong dibalas dok.

  20. umur berapa seorang wanita menghadapi menopaus tolong dibls dok

  21. saya mau tanya, apakah mungkin terjadi pembuahan jika setelah keluar sperma ke vagina, namun 2-4 hari kemudian istri saya haid? apakah artinya itu tidak terjadi pembuahan? ataukah pembuahan akan tertunda sampai istri saya beres haid?

    terima kasih mohon pencerahannya

  22. Saya mau tanya,, saya berhubungan sex dengan pacar saya dan saya sempet ejakulasi 2x dalam satu hubungan sex.. ejakulasi yg pertama sperma saya encer dan saya keluarkan tdk sengaja kira2 2cm dari mulut vagina. Tapi yg kedua sperma saya kental dan saya keluarkan diluar vagina. Apakah sperma yg encer tersebut itu bisa menyebabkan kehamilan?

    • sperma yang encer, karena kandungan air maninya lebih banyak dari sel spermanya, jadi tetap saja ada sel sperma meskipun prosentasenya lebih sedikit,
      bisa menyebabkan kehamilan jika sel sperma tersebut bertemu sel telur yang masak di saluran perempuan.

  23. saya ingin beratanya.
    saya mengeluarkan sperma di bulu kemaluan Mrs. V.
    apakan bisa terjadi kehamilan?
    setelah 2 minggu berhubungan, tetap terjadi datang bulan, tapi bulan berikutnya tidak, apahkah terjadi kehamilan?
    tolong di jawab.
    terima kasih..

  24. Tes pack paling cpt bs dlihat stlh brp hri dr hub.intim y?
    Tmn saya cek 5hr stlh itu masih minus..
    Ap btuh wkt lg?sdgkn dy hubg tu 3hri sblm haid dtg (bdasar bln kmrn yaitu tgl5).
    Skg udh telat 4hri..
    Tp dy haidna tdk tratur..bhkn prnh telat 1bln..
    Mohon dg sgt jwbnnya..

    • untuk memastikan ya, tes lagi saja setelah satu bulan,
      apakah telatnya itu karena tidak teratur atau hamil.

      Jika kehamilannya memang diinginkan, ya coba berhubungan lagi.
      Jika normal, coba aja terus, nanti akan terjadi kehamilan juga.

  25. Haidna tdk teratur dokt..
    Mgkn kh bs hamil?tp itu tdk dinginkn tjdi..
    N prosesnya gak intim dokt..
    Cum gesekan aj..
    Truz spermane sempt tumph darea rambut(tp dlm keadn pake celana dlm si cew)..
    N mgkn jg kena krn jari biz ngelap mani kmdian nyentuh bibir vagina..
    Ap itu mgkn?
    Obat yg ampuh bwt nglancarin haid ap dokt?

    • banyak kan obat untuk itu.
      misalnya.
      paling murah
      EM kapsul
      yang lebih mahal
      cyclo proginova
      ada yang lebih mahal lagi
      thermolyte plus

      sebaiknya diperiksa ke spesialis agar mengetahui lebih jelas penyebabnya.

  26. Haidna tdk teratur dokt..
    Kl diliat dr wkt yaitu 3hari sblm haid(bdasar bln kmrn)
    Mgkn kh bs hamil?tp itu tdk dinginkn tjdi..
    N prosesnya gak intim dokt..
    Cum gesekan aj..
    Truz spermane sempt tumph darea rambut(tp dlm keadn pake celana dlm si cew)..
    N mgkn jg kena krn jari biz ngelap mani kmdian nyentuh bibir vagina..
    Ap itu mgkn?
    Obat yg ampuh bwt nglancarin haid ap dokt?

  27. Mau tanya Pak Dahlan. Saya sudah 4 tahun menikah tapi belum dikaruniai anak. Kendala yang terjadi pada kami adalah bahwa istri saya kadang-kadang mengeluarkan darah ketika berhubungan suami istri (ML). Padahal saya ML sesuai dengan petunjuk Pak Dahlan yaitu 8 hari setelah haid pertama. Misalkan haid terjadi tgl 1, maka saya melakukan ML di antara hari ke 9 sampai hari ke 20 atau disebut masa subur. Darah tersebut keluar tidak beraturan. misalkan saya ML hari ke 9 tidak mengeluarkan darah. Habis tuh saya ML lagi hari ke 12 maka terjadi pendarahan ketika ML. kemudian saya ML lagi hari ke 10 normal (tidak berdarah).

    Lalu kami putuskan berobat ke dokter, awal nya istri saya dikatakan dapat penyakit POLIP. dianjurkan KUREK. Saya bilang ama istri jangan dulu, coba kita jaga istrirahat kemudian perbanyak makan sayur dan buah2an. Setelah 3 tahun kemudian di cek lagi kedokter POLIP tersebut telah hilang. Dokter bilang tinggal keputihan saja lagi, dan dia bilang sudah gak apa2 lagi. Tapi berdarah ketika ML tidak juga mau hilang. Lalu dokter memberi obat lagi berupa tablet untuk minum dan kapsul yang dimasukan kedalam Vagina. SAya pun juga dikasih obat seperti Vitamin gitu.

    Pertanyaan saya bagaimana menurut Pendapat Pak Dahlan tentang Kasus seperti itu.
    Terima kasih atas Jawabannya.

  28. pagi..
    saya mau tanya,apakah kita sudah mengeluarkan sperma kita d’luar V, lalu melakukan’y lagi n secara tidak sengaja keluar d’dalam V..
    apakah terjadi pembuahan..??

  29. saya mau tanya dok,, waktu saya mau berhubungan intim klihatan di mulut penis saya sudah kluar sedikit cairan bening dan licin, apakah cairan itu bisa membuahi sel telur pada saat penis saya masuk ke dalam mis v nya pasangan saya ???
    mohon di jawab…

    • cairan itu biasanya belum mengandung sel sperma, kecuali ada sisa sel spema yang keluar sebelumnya dan belum bersih berada di saluran penis.

      • Apakah sisa sperma yang sudah di lap dapat menyebabkan kehamilan jika berhubungan intim lagi ? Tlong d jawab dok.. Penting sekali

  30. kenapa ya fertilisasi paling besar peluangnya waktu masa ovulasi ?

    • 1) Sel telur hanya beberapa jam saja masa matangnya dan (normalnya) hanya satu sel telur saja yang matang itu, itu terjadi pada masa ovulasi.
      2) Sel sperma bisa bertahan dalam waktu 1 hingga 3 hari.
      Jika 1 dan 2 bertemu, bisa terjadi pembuahan.

  31. dok, saya mau bertanya…

    waktu berhubungan badan yang pertama saya gunakan kondom sampai mencapai orgasme dan keluar sperma.

    setelah itu, saya melepaskan kondom yang telah berisi sperma, membuangnya dan membersihkan penis hanya dengan jari dan tangan sampai terasa kering.

    beberapa saat kemudian, saya memasukan lagi penis ke dalam vagina istri dan melakukan penetrasi lagi sampai cukup lama, tetapi tidak sampai keluar sperma lagi.

    namun, saat itu vagina istri saya dalam keadaan sangat “basah”.

    mungkinkah saat itu masih ada sperma yang menempel di penis dalam keadaan hidup dan bisa “berenang” mencapai mulut rahim sehingga bisa menyebabkan kehamilan?

    mohon penjelasannya. terima kasih.

  32. Dok saya ingin bertanya?
    Berapa lama sperma di saluran batang dapat bertahan?

    Malam saya ejakulasi, lalu saya bersihkan dengan air, dan mandi. Paginya saya berhubungan badan dengan istri saya, awalnya memakai kondom, tetapi saya lepaskan dan semenit saya penetrasi, saya keluarkan di mulut pasangan?
    Apakah dapat menyebabkan kehamilan?
    Lalu menelan sperma apakah dapat membuahi ovum meski beda jalur antra pencernaan dan kewanitaan?
    Tolong di jawab.

    • Sperma bisa bertahan 1 hari s/d 3 hari
      Ada kemungkinan bisa terjadi pembuahan jika ada sisa sperma dalam P yang kemudian masuk ke V
      Menelan sperma tidak akan menyebabkan kehamilan.

  33. Buaknnya sperma mati seketika jika cairan semen mengering? Dan setahu saya sperma mati dalam air sabun.

  34. apkah jika kita melakukan mansturbasi,ovum bisa habis??
    dan bagaimana pada laki2,??
    mhon djwab.

  35. Boleh nanya lagi?
    Klo sperma mati pada suhu brapa?
    Sperma yg tertinggal di saluran batak dapat bertahan berapa lama?
    Jika terkena urine, apakah sperma akan mati?

  36. Mau tanya, saya berhubungan dengan pasangan saya, sperma saya keluar tetapi pasangan saya belom keluar apakan itu bisa mengakibatkan kehamilan?
    Trus seberapa akurat KB suntik itu dok. makasih

    • Selama sperma masuk ke saluran wanita bisa menyebabkan kehamilan.
      KB suntik biasanya untuk mempengaruhi hormon, tetap ada kemungkinan bisa hamil, namun kemungkinannya kecil.
      KB suntik harus dengan rekomendasi dokter yang memeriksa keadaan kedua pasangan.

  37. Saya ingin menanyakan.
    Apakah tangan yg terkena sperma kemudian memegang mrs.V (blm dibasuh tetapi sudah kering) dpt menyebabkan kehamilan?
    Bagaimana halnya dengan air pelumas sperma?
    Mohon dijawab secepatnya.

    • sperma bisa bertahan hingga 3 hari untuk bisa membuahi,
      pelumas sperma (air mani) biasanya juga mengandung sel sperma, meskipun jumlahnya tidak banyak.

      Satu sel sperma yang bertemu dengan sel telur yang telah masak bisa menyebabkan kehamilan.
      tangan yg terkena sperma (meski sudah kering) dan menyentuh V yg basah, bisa menyebabkan sel sperma masuk dan terjadi pembuahan.

  38. jika cairan sperma masuk ,kira2 2cm dr mulut vagina seorang wanita yg masih perawan,?
    apakah bisa terjadi pembuahan ?

  39. izin copas…..makasih

  40. Saya berusia 26 tahun, ank saya udh berumur 4,5 tahun , saya ♍a̶̲̥̅̊υ̲̣ punya anak lagi, saya udh tidak KB lagi, saya sudah mengikuti petunjuk dari kalkulator okulasi Ƴğ saya baca, udh 3 kali bulan nya saya ikuti, tapi sampai skrg saya blm hamil juga, pertanyaan saya, bagai mana cara nya supaya saya bisa hamil lagi, apa saja Ƴğ perlu saya lakukan untuk punya ank lagi, trims.

  41. siang :D tanya dong…
    faktor2 yg mempengaruhi berhasilnya si fertilisasi itu apa saja ya. dari segi pria dan wanita . nuhun :)

  42. saya pengantin baru , hari pertama mens terakhir pada 2 juli 2012, kemudian saya berhubungan dengan suami saya pada minggu 15 juli 2012 setelah mens selesai.
    sampai hari ini saya kok belum mens lagi, padahal tanda2 mens sperti biasanya sudah ada, seperti nyeri payudara dan perut.
    apakah saya berada dalam masa subur? apakah ada indikasi bahwa saya hamil? terima kasih sekali atas jawabannya.tolong di kirim melalui email saya saja, thanks a lot,,

  43. saya mau tanya, sel telur wanita itu trbntuk brapa hari stelah di luruhkan (menstruasi)?

  44. Gini dok, umur saya (L) masih 17 thun, dan cewe saya 16 tahun..
    suatu hari saya melakukan hubungan dengan cewe sya, lalu saya muntahkan sperma saya di perut cewe saya itu. dan saya mainin sperma saya itu di perutnya, saya oleh oleh. nah sperma yang ada di tangan saya itu saya susutkan ke tembok dan sedikit ke baju saya. tak lama kemudian, sama memegang bibir V cewe saya, dan dia masih perawan. apakah akan terjadi kehamilan.??

  45. Saya punya pertanyaan dok.
    Jika seorang wanita dan pria melakukan gaya yang sering disebut “69” tetapi tidak menggunakan mulut atau lidah melainkan tangan mereka. Si pria memainkan ctl wanita dan sebaliknya si wanita memainkan pns pria. Pada saat bersaman mereka mencapai klimaks dan sperma si pria tumpah ditangan si wanita. Bergegas mereka membersihkan sperma tersebut menggunakan air sabunsebanyak 2kali. Selang 2menit si wanita buang air kecil dan membasuhnya menggunakan jari yang sudah dicuci tadi. Apakah masih ada kesempatan sperma tersebut hidup dan masuk ke dalam miss v si wanita? mohon segera dijawab dok karena saya sedang observasi yang bersifat penting

  46. Saya mau bertanya, tangan saya terkena sperma pasangan saya, kemudian saya cuci dengan sabun lalu saya bilas. Ketika tangan saya dalam keadaan basah tsb, secara tdk sadar saya memegang bibir vagina saya yg juga sedang basah. 1). Apakah sperma tlh mati ketika saya cuci dg sabun? 2). Apakah ada kemungkinan akan hamil? Trims.

  47. mengapa tidk keluar darah haid stlh menikah tp bkn menopause

  48. 2thn yg lalu saya menjalani kb suntik,tapi sekarang sudah berhenti kb,setelah berhenti kok saya menstruasi selama 2bulan berturut2,mohon solusinya

Trackbacks

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.971 pengikut lainnya.

