Ciri-Ciri Negara Maju

a. Sumber Daya Alam Dimanfaatkan secara Optimal

Pemanfaatan teknologi dan kepemilikan modal membuat masyarakat di negara maju mampu memanfaatkan sumber daya alam secara optimal, menemukan sumber daya alam baru, ataupun memanfaatkan sumber daya alam yang telah ada sebagai energi alternatif. Misalnya pemanfaatan tenaga angin, air, atau energi matahari untuk menggantikan fungsi dari energi minyak bumi.

b . Dapat Mengatasi Masalah Kependudukan

Hal ini dikarenakan angka pertumbuhan kecil, jumlah penduduk pada umumnya tidak terlalu banyak, angka beban ketergantungan kecil, kualitas dan produktivitas penduduk tinggi, pendapatan perkapita tinggi, dan peluang kerja dan kesempatan berusaha terbuka luas.

c . Produktivitas Masyarakat Didominasi Barang-

Barang Hasil Produksi dan Jasa Kegiatan ini tidak memerlukan lingkungan agraris, sehingga dapat dipastikan bahwa > 70% penduduk negara maju tinggal di perkotaan.

d . Tingkat dan Kualitas Hidup Masyarakat Tinggi

Tingginya kualitas penduduk mendorong semakin tingginya produktivitas masyarakat yang bermuara pada semakin tingginya pendapatan perkapita dan pendapatan nasional.

e. Ekspor yang Dilakukan adalah Ekspor Hasil Industri dan Jasa

Ada kalanya, suatu negara maju sangat minim sumber daya alam atau bahkan tidak memiliki sumber daya alam sama sekali, namun dapat menghasilkan produk olahan sumber daya alam. Misalnya, hasil minyak mentah dari negara Inggris sangat minim, namun negara tersebut mampu menghasilkan produk olahan minyak bumi dan memasarkannya ke seluruh penjuru dunia. Kebutuhan minyak mentahnya tercukupi dengan cara mengimpor dari negara-negara lain yang umumnya termasuk dalam kategori negara-negara berkembang.

f. Tercukupinya Penyediaan Fasilitas Umum

Negara maju memiliki kemampuan berupa sarana dan dana dalam memberikan pelayanan fasilitas umum yang memadai bagi warganya. Hal ini juga didukung dengan tingginya tingkat kesadaran warga masyarakatnya dalam memelihara dan memanfaatkan ketersediaan sarana fasilitas umum yang ada.

g. Kesadaran Hukum, Kesetaraan Gender, dan Penghormatan terhadap Hak Asasi Manusia Dijunjung Tinggi

Masyarakat di negara maju pada umumnya memiliki disiplin yang tinggi dalam mematuhi hukum.

Pemerintahan yang berjalan menerapkan prinsip akuntabilitas (dapat dipertanggungjawabkan) serta transparansi (terbuka) dalam berbagai tindakan dan pengambilan keputusan. Jenis kelamin tidak lagi dipermasalahkan dalam penentuan jabatan, namun kemampuanlah yang diperhitungkan. Penghormatan terhadap hak asasi manusia dijunjung tinggi, bahkan untuk golongan minoritas, misalnya untuk kaum difabel (different ability) seperti orang tua, tuna netra, atau penyandang cacat fisik yang lain diberi fasilitas khusus dan porsi atau kesempatan kerja yang sejajar dengan masyarakat normal.

h. Tingkat Pendidikan Relatif Tinggi

Tingkat pendidikan merupakan salah satu indikator penting yang menunjukkan kualitas penduduk suatu negara. Di negara-negara maju secara umum penduduknya sudah memiliki kesadaran tinggi akan arti penting pendidikan dan penguasaan Iptek. Hal tersebut terlihat dari angka partisipasi belajar penduduk negara-negara maju yang sangat tinggi. Tingginya tingkat pendidikan penduduk di negara maju juga ditunjang oleh sistem pendidikan yang baik dan anggaran pendidikan yang tinggi dari pemerintah.

i . Tingkat Pendapatan Penduduk Relatif Tinggi

Kemajuan tingkat pendidikan serta penguasaan Iptek oleh mayoritas penduduk menjadikan negara maju memiliki potensi SDM yang berkualitas tinggi. Kondisi demikian membuat penduduk negara maju tidak lagi menggantungkan sektor pertanian sebagai penghasilan utama, tetapi di sektor industri, jasa dan perdagangan. Variasi pekerjaan di berbagai sektor tersebut menjadikan penduduk negara maju memiliki pendapatan rata-rata tinggi. Penghasilan penduduk yang tinggi akan berdampak pada pendapatan perkapita yang tinggi pula.

j . Tingkat Kesehatan Sudah Baik

Rata-rata penduduk negara maju sudah memiliki standar kehidupan yang tinggi, sehingga kesadaran masyarakat akan arti penting kesehatan juga sudah baik. Selain itu pihak pemerintah juga memberikan perhatian yang sangat baik terhadap tingkat kesehatan masyarakat melalui pembangunan berbagai sarana dan prasarana kesehatan yang memadai di berbagai daerah yang dapat dijangkau oleh semua lapisan masyarakat. Tingkat kesehatan penduduk yang sudah baik, dapat terlihat dari angka kematian penduduk yang rendah dan angka harapan hidup penduduk yang tinggi di negara maju.

Sumber: Buku Sekolah (Ilmu pengetahuan sosial : untuk SMP/MTs kelas IX/Sanusi Fattah … [et.al] ; editor Ermawati, Ika Tyasing K, Tri Tien Gunawati.— Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008)

_________________________

Ciri-ciri negara maju

(Ratna SUKMAYANI dkk,  Ilmu pengetahuan sosial 3: untuk SMP/MTs kelas IX, Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008)

- Tingkat pertumbuhan penduduk rendah.

- Kualitas penduduk tinggi dan bersifat merata, ditandai dengan:

- tingginya tingkat pendidikan;

- tingginya tingkat pendapatan penduduk ditandai tingginya GNP dan pendapatan per kapita (Sebagian besar penduduk bekerja di sektor industri, perdagangan, dan jasa.

Pendapatan merata dan tingkat pengangguran kecil);

- tingginya tingkat kesehatan penduduk ditandai dengan tingginya angka harapan hidup dan rendahnya angka kematian bayi.

- Teknologi berkembang baik dan memiliki kemajuan pesat.

- Industri menjadi tulang punggung perekonomian dan berkembang dengan pesat.

- Pengolahan sumber daya alam dilakukan secara maksimal dengan bantuan tenaga ahli dan teknologi modern.

____________________

Ciri-Ciri Negara Maju

(Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Sosial: Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah Kelas IX Edisi 4/I Wayan Legawa,…[et. al.].–Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008)

Negara maju pada umumnya memiliki pertumbuhan penduduk yang kecil, karena orientasi hidup mereka adalah untuk bekerja. Sementara itu negara maju sudah menerapkan zerro population growth (pertumbuhan penduduk kearah nol) sebagai kebijakan negara. Disamping itu negara maju sudah mampu mengelola sumberdaya alamnya secara efekif dan efesien

dengan menerapkan teknologi yang canggih. Industri sekunder dan industri pertanian berkembang dengan pesat, dengan teknolog canggih.  Dalam pengelolaan sumberdaya alamnya sudah memperhatikan kelestarian lingkungan hidup secara berkelanjutan. Agar lebih jelasnya marilah kita bicarakan ciri-ciri negara maju sebagai berikut;

___________

Ciri-ciri negara maju antara lain sebagai berikut.

(IPS 3: untuk SMP/MTs kelas IX/Sutarto, Sunardi… [et.al.], –Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008)

1. Pertanian termasuk peternakan dan perikanan untuk industrialisasi, dijual,

diekspor.

2. Aktivitas perekonomian menggunakan sarana dan prasarana modern.

3. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang menunjang industrialisasi secara cepat.

4. Pendapatan rata-rata penduduk tinggi.

5. Pendidikan dan keterampilan penduduk cukup tinggi.

6. Sifat kemandirian masyarakatnya tinggi.

7. Tidak tergantung pada alam.

8. Tingkat pertumbuhan penduduk rendah

9. Angka harapan hidup tinggi.

10. Intensitas mobilitas tinggi.

____________________________

Persewaan Alat Pesta .Ayuna Duwur .Ok Rek.Testimoni.FAQ.Produk Duwur.Martapura.Batik Unik.Gamis Modern.Batik Tulis.Perhiasan Martapura.Millo Shop· DutaPulsa


dari buku sekolah

About these ads

59 Responses to “Ciri-Ciri Negara Maju”

  1. hebat!!! :D

  2. hebat !!! :)

    dgn adanya ini pengetahuanku lebih luas……….

    thanks…….

  3. THanks yha Berkat Pengetahuan nie Pr ku selasai

    Thanks Bgt……

  4. thx ya!
    dari tadi aku nyariin ternyata ada disini!
    Buat ngerjain tugas di sekolah… hehehe

  5. berarti indonesia harus manjadi negara yang maju….

  6. thanks kebantu mgerjain tugas karna ini

  7. Makaciech eaw bwt nie situz c0z dach bntu aquw bwt ngerjain tgas n’ g’ d mrahin gru lgi gra” ug’ ngerjain tgas …!

  8. hebatt .. hebatt ..
    dengan ini pngetahuan saya lebihh LUAS

  9. apiek nemen…………………….
    thanks ea atas infonya

  10. semoga negara Indonesia bisa menjadi negara yang Maju!!!!!!
    amien !!!

  11. thanks ar..dengan adanya artikel ni, kerja pengajian am ku menjdi lbh mudah..hehehehe,..

  12. saya mau nanya nih
    tulisan ini dikutip dari buku karangan siapa yaa??

  13. thanks ya..pr ku akhir nya slesai..

  14. akhirnya ketemu juga yang dicari disini hahahahh tugas ips broooooooooooo

  15. sip”.. peer ku slesai juga.. :)

  16. hebat kk!!

    dengan in aq perlu susah” car d’buku..

    tanz kk..

  17. makasih buat situs ini , sudah membantu saya memperluas wawasan :)

  18. thx makasi banya pr wa selesai jga…..!!!

  19. .mksih buat artikelnya .. jadi gmpang .ngerjain tugas.. mkasih y semoga sukses ttuk semuanya..

  20. makasih informasinya
    ngebantu buat tugasku ^^

  21. thank berkat pengetahuan di atas pr ku jadi salah semua
    thanks untuk penipuannya
    ………………

  22. Woow
    Thank’s
    Atas adany situs in,,jd gampang mncari & m’plajriny

  23. ^.^ Makasih kk

  24. oh yha ma’af saya mau nanya niech, ;pada umumnya sifat-sifat barang hasil industri yang dihasilkan negara maju itu kayak gimana sich???
    ditunggu jawabannya yha???!!! (trimzz))))

  25. Makasih .. Yaa buat yg bikin blog ini krna udh bantu aku nyelesain tugas tentang negara maju nchh …

  26. Sebaiknya ciri-ciri negara maju juga di lengkapi dengan cara kerja hubungan internasional mereka.

  27. akhirnya PR gue slesai,,,,

  28. makasiih ya tugas ku jd beres skarang :)

  29. Terima kasih ya artikelnya! Sangat membantu buat tugas sekolah ku :) semoga indonesia kelak menjadi negara maju! Amin.

  30. Makasih Ya Jadi Beres Ni Tugasku

  31. allhamdulillah,,,,pr gue akhirnya beres juga,,,thanks google
    moga indonesia jadi negara maju yaaaaaaaaaaa!!!

  32. yes Presentasi IPS kelar karena ini ;);)

  33. thanks karna situs ini membatu sya mengerjakan tugas dgan cepat selesai :)

  34. Bagus banget..

    Sangat membantu siswa yang sulit menemukan jawaban.y

  35. Mohon masukkannya mengenai ciri-ciri masyarakat tertinggal

  36. Makasih ya karena ada situs ini bisa bantu aku buat ngerjain PR dan semoga Indonesia dapat menjadi salah satu negra maju di dunia , Aammiinn o:)

  37. Tugas gua jadi slesai assekk :D Thnks ya ..

  38. hebat lah,
    jadi kalau kita ingin negara ini menjadi negara yg maju marilah kita tiru,dan patuhilah semua peraturan2 yg ada, supaya negara ini menjadi negara yg maju!
    :)

  39. akhirnya pr ku selesai..huft makasih ya:)

  40. ciri2 negara maju banyak sekali

Lacak Balik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.955 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: