Latihan soal PKN kelas 6 – dari bank soal untuk latihan menghadapi ujian nasional unas

baju muslim terbarubusana muslim modernbusana muslimbusana muslimahbaju muslimahbusana muslimpakaian muslim modernbusana muslim terbarubusana muslim wanitabusana muslim 2012busana muslimah terbarubaju muslimah terbaru baju muslim wanitabusana muslim 2012busana muslim murahbaju muslim murahpakaian muslim pestabusana muslim pestabaju muslim pesta

1. Tentara Jepang meninggalkan Indonesia pada tahun . . . .

a. 1922                 c. 1942

b. 1932                 d. 1945

2. Dokuritsu Zyunbi Tyoosakai adalah sebutan dalam bahasa Jepang untuk . . . .

a. BPUPKI                     c. Pancasila

b. PPKI                          d. Piagam Jakarta

3. BPUPKI merupakan lembaga yang dibentuk oleh . . . .

a. Pemerintah Kolonial Belanda

b. Pemerintah Kolonial Jepang

c. Perserikatan Bangsa-Bangsa

d. Ir. Soekarno dan Moh. Hatta

4. BPUPKI dibentuk pada tanggal . . . .

a. 1 Maret 1945              c. 1 Maret 1949

b. 1 Mei 1945                 d. 1 Mei 1949

5. PPKI disebut juga dengan nama . . . .

      a. Dokuritsu Zyunbi Inkai

b. Dokuritsu Zyunbi Tyoosakai

c. Cou Sangi In

d. Dai Nippon

6. Manakah butir yang diusulkan Mr. Moh. Yamin untuk menjadi salah satu dasar negara Indonesia pada tanggal 29 Mei 1945?

a. Peri Kemerdekaan.                 c. Peri Kebangsaan.

b. Peri Kehidupan.                     d. Peri Keadilan.

7. Mengapa perbedaan pandangan dalam BPUPKI dapat diatasi?

      a. Karena setiap anggota mempunyai kepentingan sendiri-sendiri.

b. Karena BPUPKI dipimpin oleh seorang bangsawan.

c. Karena kebanyakan anggota BPUPKI berasal dari Jawa.

d. Karena semua anggota BPUPKI mempunyai satu cita-cita, Indonesia merdeka.

8. Panitia kecil yang membahas usulan-usulan yang masuk pada sidang BPUPKI disebut . . . .

a. Panitia Kemerdekaan                c. Panitia Sembilan

b. Panitia Sembilan Lima             d. Panitia Kecil

9. Lembaga tinggi negara yang anggotanya dipilih oleh rakyat lewat Pemilu adalah . . . .

      a. Badan Pemeriksa Keuangan

b. Mahkamah Konstitusi

c. Komisi Yudisial

d. Dewan Perwakilan Rakyat

10. Walikota sebagai kepala pemerintah daerah dipilih oleh . . . .

a. presiden                             c. gubernur

b. anggota DPRD                  d. rakyat secara langsung

11. Kapan BPUPKI resmi dilantik?

      a. Tanggal 1 Maret 1945.

b. Tanggal 18 Mei 1945.

c. Tanggal 27 Mei 1945.

d. Tanggal 28 Mei 1945.

12. Kapan BPUPKI dibubarkan?

      a. Tanggal 22 Juni 1945.

b. Tanggal 7 Agustus 1945.

c. Tanggal 17 Agustus 1945.

d. Tanggal 18 Agustus 1945.

13. Lembaga yang dibentuk untuk meneruskan tugas BPUPKI dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia adalah . . . .

      a. Panitia Sembilan             c. PPKI

b. KNIP                               d. KPU

14. Apa tujuan pembentukan Panitia Sembilan?

a. Membahas berbagai usulan mengenai dasar negara Indonesia yang muncul pada sidang BPUPKI.

b. Menggantikan tugas BPUPKI.

c. Mengubah Piagam Jakarta.

d. Membahas janji kemerdekaan yang akan diberikan Jepang kepada rakyat Indonesia.

15. Salah satu butir dasar negara pada Piagam Jakarta mengalami perubahan.

Bagaimana bunyi butir dasar negara setelah diubah tersebut?

      a. Persatuan Indonesia.

b. Ketuhanan Yang Maha Esa.

c. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.

d. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

16. Para perumus Pancasila dalam bermusyawarah sangat menghargai perbedaan pendapat. Mereka menjunjung tinggi . . . .

a. egoisme                                   c. toleransi

b. kesukuan                                 d. kerja keras

17. Salah satu nilai juang yang dapat diteladani dari para perumus Pancasila adalah musyawarah. Apa yang dimaksud dengan musyawarah?

a. Menghargai pendapat yang berbeda atau bahkan bertentangan dengan pendapat sendiri.

b. Pembahasan bersama dengan maksud mencapai keputusan untuk menyelesaikan masalah.

c. Meninggalkan pendapat sendiri demi mengharapkan pujian dari orang yang berbeda pendapat.

d. Berjuang sekuat tenaga untuk memenangkan pendapat yang diyakini kebenarannya.

18. Salah satu wewenang pemerintah pusat adalah . . . .

      a. mengelola sumber daya daerah

b. menyelenggara peradilan

c. memungut pajak daerah

d. menyelenggarakan pemerintahan daerah

19. Hak, wewenang, dan kewajiban daerah untuk mengatur pemerintahannya sendiri sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku disebut . . . .

a. pemerintahan otoriter                             c. otoritas daerah

b. pemerintah daerah                                 d. otonomi daerah

20. DPR bekerja sama dengan presiden untuk menyusun undang-undang.

Menyusun undang-undang merupakan perwujudan dari fungsi . . . .

a. yudikasi                     c. legislasi

b. anggaran                   d. eksekusi

21. Apa yang dimaksud dengan amendemen?

      a. Perubahan undang-undang atau penambahan terhadapnya.

b. Pembatalan undang-undang.

c. Pemberlakuan kembali undang-undang.

d. Pembubaran anggota parlemen yang sedang menyusun undang-undang.

22. Salah satu lembaga tinggi negara yang anggotanya dipilih oleh rakyat lewat Pemilihan Umum adalah . . . .

a. Dewan Perwakilan Daerah                     c. Mahkamah Konstitusi

b. Mahkamah Agung                                  d. Badan Pemeriksa Keuangan

23. Presiden dipilih secara langsung oleh rakyat lewat Pemilu. Siapakah nama pasangan presiden-wakil presiden yang terpilih pada Pilpres 2004?

      a. Wiranto-Sholahudin Wahid

b. Amien Rais-Siswono Yudohusodo

c. Susilo Bambang Yudhoyono-Jusuf Kalla

d. Megawati Soekarnoputri-Hasyim Muzadi

24. Dalam menjalankan tugasnya, presiden dibantu oleh wakil presiden dan para menteri. Siapakah yang menentukan dan memilih para menteri?

a. Rakyat.                         c. DPR.

b. MPR.                            d. Presiden.

25. Lembaga negara yang bertugas memeriksa pengelolaan keuangan negara adalah . . . .

      a. Dewan Pertimbangan Agung

b. Badan Audit Nasional

c. Badan Pemeriksa Keuangan

d. Mahkamah Agung

8. Mengapa butir pertama dalam Piagam Jakarta diubah?

      a. Demi menuruti keinginan Ketua BPUPKI.

b. Demi memenuhi keinginan Mohammad Hatta.

c. Demi menjaga hubungan baik dengan pemerintah Jepang.

d. Demi menjaga persatuan dan kesatuan bangsa yang baru saja dirintis.

9. Bagaimana bunyi butir pertama dasar negara dalam Piagam Jakarta sebelum diubah?

      a. Persatuan Indonesia.

b. Ketuhanan Yang Maha Esa.

c. Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya.

d. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.

10. Nilai ini dicontohkan oleh para perumus Pancasila. Nilai ini mengajarkan kepada kita untuk menghargai pendapat yang berbeda atau bahkan bertentangan dengan pendapat kita. Apa nilai yang dimaksud?

      a. Kebersamaan.                     c. Musyawarah.

b. Toleransi.                            d. Kerja keras.

9. H.R. Dharsono adalah nama yang penting dalam sejarah ASEAN. Sebab, ia adalah . . . .

      a. salah satu pendiri ASEAN

b. Sekjen ASEAN yang terbaru

c. Sekjen ASEAN yang pertama

d. Presiden Indonesia pada saat ASEAN didirikan

10. Negara yang pada tahun 1999 masuk menjadi anggota ASEAN adalah . . . .

      a. Brunei Darussalam

b. Kamboja

c. Vietnam

d. Laos

8. Salah satu peran Indonesia dalam PBB adalah . . . .

      a. mengirimkan pasukan perdamaian untuk turut aktif menciptakan perdamaian dunia

b. menentang Malaysia yang diterima sebagai anggota Dewan Keamanan PBB

c. membentuk NEFO untuk menandingi PBB

d. keluar dari keanggotaan PBB

9. Blok yang pengaruhnya ditolak oleh Gerakan Non-Blok adalah . . . .

      a. Blok Barat saja                     c. Blok Barat dan Blok Timur

b. Blok Timur saja                   d. Blok Utara dan Blok Selatan

10. Gerakan Non-Blok didirikan pada tahun 1961 di Kota . . . .

      a. Jakarta

b. Bangkok

c. Beograd

d. New York

1. Saling menghormati perbedaan mengakibatkan . . . .

      a. permusuhan

b. pertengkaran

c. kerukunan

d. kebencian

2. Apakah nama hari besar agama Islam?

a. Nyepi                      c. Galungan

b. Idul Fitri                 d. Natal

3. Mutia beragama Islam. Tempat ibadah Mutia adalah . . . .

a. vihara                             c. kelenteng

b. pura                               d. masjid

4. Bagaimana cara hidup rukun dengan teman yang berbeda agama?

      a. Menghormati agamanya.

b. Mengganggu ibadahnya.

c. Mengikuti agamanya.

d. Menghina agamanya.

5. Doni berbeda agama dari Alin. Alin mendapat musibah sehingga membutuhkan bantuan. Apa yang mesti dilakukan Doni?

      a. Menyuruh teman seagama Alin agar membantu Alin.

b. Tidak membantu Alin karena berbeda agama.

c. Membantu Alin meskipun berbeda agama.

d. Menunggu orang lain membantu Alin.

6. Penebangan pohon menjadikan hutan menjadi gundul. Hutan gundul tidak dapat menyerap air. Bencana yang bisa timbul akibat hutan gundul adalah . . . .

      a. angin topan

b. gempa bumi

c. tanah longsor

d. gunung meletus

7. Doni disebut anak yang cinta lingkungan sebab ia . . . .

      a. suka makan daging burung

b. senang menonton lomba balap burung

c. suka memelihara burung dalam sangkar

d. senang membiarkan burung hidup bebas

8. Salah satu hal yang diikrarkan para pemuda Indonesia dalam Sumpah Pemuda adalah . . . .

      a. satu tumpah darah, tumpah darah Indonesia

b. satu bendera, bendera merah putih

c. satu negara, negara Indonesia

d. satu asas, asas Pancasila

9. Makna paling penting dalam Sumpah Pemuda adalah makna . . . .

      a. persatuan

b. permusuhan

c. persaingan

d. perbedaan

10. Dalam berdemokrasi, semua orang bebas untuk . . . .

      a. berkelahi

b. berpendapat

c. bermusuhan

d. bertengkar

11. Berikut adalah kepala pemerintahan yang dipilih secara langsung oleh rakyat, kecuali . . . .

      a. presiden

b. gubernur

c. camat

d. kepala desa

12. Setelah dipilih dan diangkat, seorang Kepala Desa memegang jabatannya selama . . . .

      a. tiga tahun

b. enam tahun

c. sembilan tahun

d. duapuluh tahun

13. Hal yang benar mengenai pemerintahan kecamatan adalah . . . .

      a. kepala pemerintahannya tidak dipilih secara langsung oleh rakyat

b. camat bertanggung jawab terhadap presiden

c. setingkat dengan pemerintah kota

d. berada di bawah pemerintahan kelurahan

14. Manakah yang merupakan manfaat berorganisasi?

a. Belajar menghargai pendapat orang lain.

b. Membuang-buang waktu untuk bermain.

c. Menambah rumit masalah.

d. Memperlambat kerja.

15. Mengawasi kerja gubernur dan para pembantunya adalah salah satu tugas

      dari . . . .

a. DPR-RI

b. DPRD Provinsi

c. bupati/wali kota

d. presiden

16. Pemerintahan setingkat kabupaten yang terletak di wilayah perkotaan

      dipimpin oleh . . . .

a. pembantu bupati

b. wali kota

c. gubernur

d. lurah

17. Bupati, gubernur, dan presiden tidak dapat dipilih kembali apabila telah

      memegang jabatan selama . . . .

a. lima tahun

b. delapan tahun

c. dua kali masa jabatan

d. tiga kali masa jabatan

18. Lembaga negara yang bertugas menyelenggarakan Pemilu adalah . . . .

      a. Komisi Pemberantasan Korupsi

b. Komisi Yudisial

c. Komisi Pemilihan Umum

d. Komisi Penyiaran Indonesia

19. Lembaga yang bertugas mengawasi kerja Pemerintahan Provinsi adalah . . . .

      a. gubernur

b. bupati/wali kota

c. DPRD Provinsi

d. presiden

20. Pemilihan Presiden dilaksanakan sekali dalam . . . .

a. satu tahun                     c. lima tahun

b. tiga tahun                     d. tujuh tahun

21. Salah satu tugas DPR adalah . . . .

      a. memilih Presiden

b. memilih para menteri

c. membuat undang-undang

d. mengawasi kinerja para hakim

22. Pejabat di tingkat Pemerintahan Pusat berikut yang dipilih langsung oleh rakyat adalah . . . .

      a. menteri

b. wakil presiden

c. ketua Mahkamah Agung

d. ketua Dewan Perwakilan Rakyat

23. Sebuah lembaga yang dibentuk oleh Pemerintah Pendudukan Jepang untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia adalah . . . .

      a. Badan Panitia Untuk Pembubaran Partai Komunis Indonesia

b. Badan Persiapan Untuk Penyelidikan Kemerdekaan Indonesia

c. Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia

d. Badan Perencanaan Untuk Persiapan Kemerdekaan Indonesia

24. BPUPKI merupakan lembaga yang dibentuk oleh . . . .

      a. Pemerintah Indonesia

b. Perserikatan Bangsa-Bangsa

c. Pemerintah Kolonial Jepang

d. Gerakan Non-Blok

25. Pancasila disahkan sebagai dasar negara Indonesia pada tanggal . . . .

      a. 1 Maret 1945

b. 1 Mei 1945

c. 17 Agustus 1945

d. 18 Agustus 1945

26. Perubahan pada Piagam Jakarta sebelum menjadi Pancasila dilakukan pada sila ke . . . .

a. satu                     c. tiga

b. dua                     d. empat

27. Salah satu tokoh yang turut menjadi perumus Pancasila adalah . . . .

      a. Soekarni

b. Soeharto

c. Soekarno

d. Soedarmono

28. Tokoh Indonesia yang turut membidani berdirinya ASEAN adalah . . . .

      a. Ali Sastroamidjojo

b. Adam Malik

c. Soekarno

d. Soeharto

29. Dari 11 negara di kawasan Asia Tenggara, tinggal satu negara yang belum bergabung dengan ASEAN. Negara tersebut adalah . . . .

      a. Brunei Darussalam

b. Papua Nugini

c. Timor Leste

d. Kamboja

30. Deklarasi Kuala Lumpur pada tahun 1971 menghasilkan kesepakatan bahwa kawasan Asia Tenggara akan menjadi kawasan yang damai, bebas, dan netral. Kesepakatan itu biasa disebut . . . .

      a. Pakta Warsawa

b. ZOPFAN

c. NATO

d. ZEE

31. Indonesia pernah dua kali menjadi tuan rumah KTT ASEAN, yaitu KTT ASEAN I dan KTT ASEAN IX. Kedua KTT ini dilaksanakan di . . . .

      a. Bali

b. Jakarta

c. Jawa Barat

d. Yogyakarta

32. Politik luar negeri Indonesia memiliki sifat aktif karena . . . .

      a. aktif mendudukung Blok Timur

b. aktif menyerang negara-negara tetangga

c. aktif dalam usaha menciptakan perdamaian dunia

d. aktif membuat organisasi meskipun tidak ada gunanya

33. Berikut yang merupakan perwujudan dari Politik Bebas-Aktif Indonesia adalah . . . .

      a. membuat poros Jakarta-Peking

b. turut mendirikan Gerakan Non-Blok

c. melancarkan aksi ganyang Malaysia

d. keluar dari Perserikatan Bangsa-Bangsa

34. Berikut yang bukan termasuk tujuan didirikannya PBB adalah . . . .

      a. menciptakan perdamaian di dunia

b. mempererat kerja sama dan kerukunan antarbangsa di dunia

c. memperkuat pengaruh negara-negara besar yang mendirikan PBB

d. membantu menyelesaikan persengketaan antara satu negara dan negara lainnya.

35. Organisasi yang didirikan dengan mengambil semangat Konferensi Asia-Afrika dan Dasasila Bandung adalah . . . .

      a. Asian Pacific Economic Corporation

b. Non-Aligned Movement

c. New Emerging Force Organization

d. North Atlantic Treaty Organization

dari buku sekolah.

gamis modern

About these ads
Tag: ,

280 Responses to “Latihan soal PKN kelas 6 – dari bank soal untuk latihan menghadapi ujian nasional unas”

  1. jawabannya dimana???

  2. anehh…ak pikir ad jwbannya..
    ehh tpi ga ad tpi ga ap..
    ak jdi jwb langsung aj tnp tulis…
    -_-

  3. KO NOMORNYA GA URUT

  4. q kira ada kunsi jawabannya ternyta g” da

  5. mana jawaban nya .jawabanya manaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa.
    cepattttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttt.

    • mau jwbn ny cri donk d buku???????????
      ha100x…………????????????????????

    • .mw tw jwab an na dha d mna? d’ otak , dn d bku,, krna kedua itu lah kita dpt mengandal kan dn menemukan jwaban nya,, jgn cma ngandelin kunci jawaban,,, anggap aja ini latihan bwt kita…
      .^_^. :^^ __ ^^:

  6. Jawabannya mana??? Kok nggak ada kunci jawabannya??

  7. aduhhh… bank soal koq dikit..tambahi soale bung …

  8. solnya kurang banyak,jawabannya mana donk ?

  9. ya ampun gw g tau lagi isi nya paan!!!
    huft…

  10. kinci jawabane endi lek

  11. Emmmm………….gk da jwbnya jdi pusing mikrnya,tpi tak apa lah…….Makcih ya 4 soalnya….THANKS………”I LIKE IT”

  12. THANK’S ya….soalny…..

  13. thanks ya atas contoh soal nya……
    moga berhasil…

    ya…

  14. aduhhhhhhhh,mana sihhhhh jawabannya ,pusing nihhhh,,,
    tapi Thnk’s for soalnya…!! ^_^

  15. waduh soalnya gampaaaaaang banget buat sendiri ap diknas

  16. Da kunci jawaban’a ga??
    soal’a ko sdikit sii??
    diperbanyak lgi ya soal’a & ksi kunci’a yaa…
    mkasi soal’a..

  17. Payah sekaligus aneh ga ada tempat buat jawabannya kunci jwban nya jga ga ada..!!

  18. heh udah ada soal yang tinggal di jwb sendiri donk……!!!!!!!!!!
    masak gantungin KUNCI JAWABAN ???????????
    iya,kaLO bener Lah kaLO saLah …..????
    yg rugi juga kaLian !!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Mana bisa maju negara Indonesia ini kalo cuma pelajaran PKn SD aja minta kuNci jawaban ????????????

    PAYAH ….. PAYAH …….

  19. enak kali kalian semua mau pintar kok tergantung pada kunci jawaban sih……………………………………………………………………………………

  20. Mana sihhhh tempat jawabannya kuncinya jg gaXX ada

  21. Gampang Abizzz soalnya..!!!

  22. kenapa ga’ bsa nyilang ato bulatin langsung disini dan lngsung penilaian ???
    jdi cepek nulis2…ato ngopy’y..!!!!

  23. gampang banget nih ‘_”_’

  24. aduh besok ujian ini ga ada kunci jawaban

  25. sia anjinx aya jawaban soal pkn eweh anjinx

  26. jawabannya mana kok nggak ada

  27. ini kan kyk soal ips

  28. soal’a beda2 tipiz ama materi d bali.. :)

  29. gampang semua hahaha….

  30. aeeee….mna jwabanx nich,,???
    bkin pusina jjj,,

  31. kaka ulangan soal nya apa si ipa ,mtk bhs englis ks tahu dong

  32. jawabannya ko kaga ada???
    yah gimana sih? masa ga ada?

  33. Ini sich terlalu gampang buat saya ?
    ga ada yg lebih susah lagi apa

  34. loh? soal ini kok sm kaya di buku PKN akqu? :/

  35. soal-soalnya bagus2
    makasih ya. semoga nilai uas gw dpt bgs

  36. trims..soal2x….., sangat membantu anak saya dalam ulangan PKn……. 1x lagi trimzzzzssss

  37. harus nya ada jawaban

  38. ini yang gue cari……

  39. terima kasih ats soal2nya . . .
    tambah soal bahasa indonesia tuk uasbn

  40. kok gx ada jawabanya bahlul

  41. Kunci jawabannya donk…. please….

  42. kok gk ada jwbanya aku kan jadi bingung

    • knp harus ada kunci jawaban ke enakan dounk nanti kn yg rugi juga kalian biar kita juga pinter jadi kita mikir jangan ngandelin kunci jawaban dounk payah………..

  43. kok gak ada soal uco

  44. kena nggak bisa d jwb d sini?????????

  45. kok gak ada jawabannya heheheh hehehe hehehe

  46. heeee… trim

  47. hehehehehehehe apix rodo2
    koplax sitix

  48. koq gg berurutan
    tp gampang gampang
    ada soal ipa gg?????

  49. Bang Admin koq ga da jwabanx sich ga seru

  50. Duh?? Butuh soal yang lebih banyak nih buat UAS.. :)

  51. kenapa yach gak ad kunci jawabannyaaaaaaaaaaaa
    ???????????????????

  52. @@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@
    @@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@
    @@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@

    • @@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@22222222222222

      • qwu butuh kunci jawaban nyaaaaaaaaa
        hehehhhe
        candadaaa

        • @@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@o@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@cari huruf (o)

  53. Proses Perumusan Pancasila

    A. Nilai-Nilai Juang dalam Proses Perumusan
    Pancasila
    Sejak akhir tahun 1944, Jepang mulai banyak mengalami kekalahan di manamana
    dari Sekutu dalam Perang Dunia II. Banyak wilayah yang diduduki Jepang
    jatuh ke tangan Sekutu. Jepang merasa pasukannya sudah tidak dapat mengimbangi
    serangan Sekutu. Untuk itu, Jepang menjanjikan kemerdekaan kepada
    bangsa Indonesia agar tidak melawan dan bersedia membantunya melawan
    Sekutu.
    1. Pembentukan Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan
    Kemerdekaan Indonesia
    Jepang meyakinkan bangsa Indonesia tentang kemerdekaan yang dijanjikan
    dengan membentuk Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan
    Indonesia (BPUPKI). Badan itu dalam bahasa Jepang disebut Dokuritsu
    Junbi Cosakai. Jenderal Kumakichi Harada, Komandan Pasukan Jepang untuk
    Jawa pada tanggal 1 Maret 1945 mengumumkan pembentukan BPUPKI.
    Pada tanggal 28 April 1945 diumumkan pengangkatan anggota BPUPKI.
    Upacara peresmiannya dilaksanakan di Gedung Cuo Sangi In di Pejambon
    Jakarta (sekarang Gedung Departemen Luar Negeri). Ketua BPUPKI ditunjuk
    Jepang adalah dr. Rajiman Wedyodiningrat, wakilnya adalah Icibangase
    (Jepang), dan sebagai sekretarisnya adalah R.P. Soeroso. Jumlah anggota
    BPUPKI adalah 63 orang yang mewakili hampir seluruh wilayah Indonesia
    ditambah 7 orang tanpa hak suara.
    a. Masa Persidangan Pertama BPUPKI (29 Mei–1 Juni 1945)
    BPUPKI setelah terbentuk segera mengadakan persidangan. Masa persidangan
    pertama BPUPKI dimulai pada tanggal 29 Mei 1945 sampai dengan
    1 Juni 1945. Pada masa persidangan ini, BPUPKI membahas rumusan dasar
    negara untuk Indonesia merdeka. Pada persidangan dikemukakan berbagai
    pendapat tentang dasar negara yang akan dipakai Indonesia merdeka.
    Pendapat tersebut disampaikan oleh Mr. Mohammad Yamin, Mr. Supomo,
    dan Ir. Sukarno.
    1) Mr. Mohammad Yamin
    Mr. Mohammad Yamin menyatakan pemikirannya tentang dasar negara
    Indonesia merdeka dihadapan sidang BPUPKI pada tanggal 29 Mei 1945.
    Pemikirannya diberi judul ”Asas dan Dasar Negara Kebangsaan Republik
    Indonesia”. Mr. Mohammad Yamin mengusulkan dasar negara Indonesia
    merdeka yang intinya sebagai berikut:
    Pendidikan Kewarganegaraan 6 SD dan MI 4
    a) peri kebangsaan;
    b) peri kemanusiaan;
    c) peri ketuhanan;
    d) peri kerakyatan;
    e) kesejahteraan rakyat.
    2) Mr. Supomo
    Mr. Supomo mendapat giliran mengemukakan pemikirannya di hadapan
    sidang BPUPKI pada tanggal 31 Mei 1945. Pemikirannya berupa penjelasan
    tentang masalah-masalah yang berhubungan dengan dasar negara Indonesia
    merdeka. Negara yang akan dibentuk hendaklah negara integralistik yang
    berdasarkan pada hal-hal berikut ini:
    a) persatuan;
    b) kekeluargaan;
    c) keseimbangan lahir dan batin;
    d) musyawarah;
    e) keadilan sosial.
    3) Ir. Sukarno
    Pada tanggal 1 Juni 1945 Ir. Sukarno mendapat kesempatan untuk
    mengemukakan dasar negara Indonesia merdeka. Pemikirannya terdiri atas
    lima asas berikut ini:
    a) kebangsaan Indonesia;
    b) internasionalisme atau perikemanusiaan;
    c) mufakat atau demokrasi;
    Gambar 1.2 Suasana sidang BPUPKI.
    Sumber: 30 Tahun Indonesia Merdeka 1945–
    1949
    Proses Perumusan Pancasila 5
    d) kesejahteraan sosial;
    e) Ketuhanan Yang Maha Esa.
    Kelima asas tersebut diberinya nama Pancasila sesuai saran teman yang
    ahli bahasa. Untuk selanjutnya, tanggal 1 Juni kita peringati sebagai hari
    Lahir Istilah Pancasila.
    b. Masa Persidangan Kedua (10–16 Juli 1945)
    Masa persidangan pertama BPUPKI berakhir, tetapi rumusan dasar
    negara untuk Indonesia merdeka belum terbentuk. Padahal, BPUPKI akan
    reses (istirahat) satu bulan penuh. Untuk itu, BPUPKI membentuk panitia
    perumus dasar negara yang beranggotakan sembilan orang sehingga disebut
    Panitia Sembilan. Tugas Panitia Sembilan adalah menampung berbagai
    aspirasi tentang pembentukan dasar negara Indonesia merdeka. Anggota
    Panitia Sembilan terdiri atas Ir. Sukarno (ketua), Abdulkahar Muzakir, Drs.
    Moh. Hatta, K.H. Abdul Wachid Hasyim, Mr. Moh. Yamin, H. Agus Salim,
    Ahmad Subarjo, Abikusno Cokrosuryo, dan A. A. Maramis.
    Panitia Sembilan bekerja cerdas sehingga pada tanggal 22 Juni 1945
    berhasil merumuskan dasar negara untuk Indonesia merdeka. Rumusan
    itu oleh Mr. Moh. Yamin diberi nama Piagam Jakarta atau Jakarta Charter.
    Naskah Piagam Jakarta berbunyi, seperti berikut.
    Piagam Jakarta
    Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa,
    dan oleh sebab itu maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan,
    karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.
    Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah
    kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentosa mengantarkan
    rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang Negara Indonesia
    yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur.
    Atas berkat Rahmat Allah Maha Kuasa dan dengan didorongkan
    oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas,
    maka rakyat Indonesia dengan menyatakan kemerdekaanya.
    Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu Pemerintahan
    Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan
    seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan
    umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan
    ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian
    abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah kemerdekaan Indonesia
    Pendidikan Kewarganegaraan 6 SD dan MI 6
    itu dalam suatu hukum dasar Negara Indonesia yang terbentuk dalam
    suatu susunan Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan
    rakyat dengan berdasar kepada: Ketuhanan dengan kewajiban
    menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya, menurut dasar
    kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia dan kerakyatan
    yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan
    perwakilan, serta dengan mewujudkan keadilan
    sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
    Pada tanggal 10 sampai dengan 16 Juli 1945, BPUPKI mengadakan
    sidang kedua. Pada masa persidangan ini, BPUPKI membahas rancangan
    undang-undang dasar. Untuk itu, dibentuk Panitia Perancang Undang-
    Undang Dasar yang diketuai Ir. Sukarno.
    Panitia tersebut juga membentuk kelompok kecil yang beranggotakan
    tujuh orang yang khusus merumuskan rancangan UUD. Kelompok kecil ini
    diketuai Mr. Supomo dengan anggota Wongsonegoro, Ahmad Subarjo,
    Singgih, H. Agus Salim, dan Sukiman. Hasil kerjanya kemudian disempurnakan
    kebahasaannya oleh Panitia Penghalus Bahasa yang terdiri atas Husein
    Jayadiningrat, H. Agus Salim, dan Mr. Supomo.
    Ir. Sukarno melaporkan hasil kerja Panitia Perancang Undang-Undang
    pada sidang BPUPKI tanggal 14 Juli 1945. Pada laporannya disebutkan tiga
    hal pokok, yaitu pernyataan Indonesia merdeka, pembukaan undang-undang
    dasar, dan undang-undang dasar (batang tubuh).
    Pada tanggal 15 dan 16 Juli 1945 diadakan sidang untuk menyusun UUD
    berdasarkan hasil kerja Panitia Perancang Undang-Undang Dasar. Pada
    tanggal 17 Juli 1945 dilaporkan hasil kerja penyusunan UUD. Laporan
    diterima sidang pleno BPUPKI.
    2. Pembentukan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia
    Pada tanggal 7 Agustus 1945 BPUPKI dibubarkan Jepang. Untuk menindaklanjuti
    hasil kerja BPUPKI, Jepang membentuk Panitia Persiapan
    Kemerdekaan Indonesia (PPKI). Lembaga tersebut dalam bahasa Jepang
    disebut Dokuritsu Junbi Iinkai.
    PPKI beranggotakan 21 orang yang mewakili seluruh lapisan masyarakat
    Indonesia. Mereka terdiri atas 12 orang wakil dari Jawa, 3 orang wakil dari
    Sumatera, 2 orang wakil dari Sulawesi, dan seorang wakil dari Sunda Kecil,
    Maluku serta penduduk Cina. Ketua PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945,
    menambah anggota PPKI enam orang lagi sehingga semua anggota PPKI
    berjumlah 27 orang.
    Proses Perumusan Pancasila 7
    PPKI dipimpin oleh Ir. Sukarno, wakilnya Drs. Moh. Hatta, dan penasihatnya
    Ahmad Subarjo. Adapun anggotanya adalah Mr. Supomo, dr.
    Rajiman Wedyodiningrat, R.P. Suroso, Sutardjo, K.H. Abdul Wachid Hasyim,
    Ki Bagus Hadikusumo, Oto Iskandardinata, Suryohamijoyo, Abdul Kadir,
    Puruboyo, Yap Tjwan Bing, Latuharhary, Dr. Amir, Abdul Abbas, Teuku
    Moh. Hasan, Hamdani, Sam Ratulangi, Andi Pangeran, I Gusti Ktut Pudja,
    Wiranatakusumah, Ki Hajar Dewantara, Kasman Singodimejo, Sayuti Melik,
    dan Iwa Kusumasumantri.
    a. Proses Penetapan Dasar Negara dan Konstitusi Negara
    Pada tanggal 18 Agustus 1945, PPKI mengadakan sidangnya yang
    pertama. Pada sidang ini PPKI membahas konstitusi negara Indonesia,
    Presiden dan Wakil Presiden Indonesia, serta lembaga yang membantu tugas
    Presiden Indonesia.
    PPKI membahas konstitusi negara Indonesia dengan menggunakan
    naskah Piagam Jakarta yang telah disahkan BPUPKI. Namun, sebelum sidang
    dimulai, Bung Hatta dan beberapa tokoh Islam mengadakan pembahasan
    sendiri untuk mencari penyelesaian masalah kalimat ”… dengan kewajiban
    menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya” pada kalimat ”Ketuhanan
    dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya”.
    Tokoh-tokoh Islam yang membahas adalah Ki Bagus Hadikusumo, Kasman
    Singodimejo, K.H. Abdul Wachid Hasyim, dan Teuku Moh. Hassan.
    Mereka perlu membahas hal tersebut karena pesan dari pemeluk agama
    lain dan terutama tokoh-tokoh dari Indonesia bagian timur yang merasa
    keberatan dengan kalimat tersebut. Mereka mengancam akan mendirikan
    negara sendiri apabila kalimat tersebut tidak diubah. Dalam waktu yang tidak
    Sumber: 30 Tahun Indonesia Merdeka
    1945–1949
    Gambar 1.3 Ketua dan Wakil Ketua PPKI.
    Ir. Sukarno Drs. Moh. Hatta
    Pendidikan Kewarganegaraan 6 SD dan MI 8
    terlalu lama, dicapai kesepakatan untuk menghilangkan kalimat ”… dengan
    kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya”. Hal ini
    dilakukan untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.
    Kita harus menghargai nilai juang para tokoh-tokoh yang sepakat menghilangkan
    kalimat ”…. dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi
    pemeluk-pemeluknya.” Para tokoh PPKI berjiwa besar dan memiliki rasa
    nasionalisme yang tinggi. Mereka juga mengutamakan kepentingan bangsa
    dan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan. Adapun tujuan diadakan
    pembahasan sendiri tidak pada forum sidang agar permasalahan cepat selesai.
    Dengan disetujuinya perubahan itu maka segera saja sidang pertama PPKI
    dibuka.
    b. Perbedaan dan Kesepakatan yang Muncul dalam Sidang PPKI
    Pada sidang pertama PPKI rancangan UUD hasil kerja BPUPKI dibahas
    kembali. Pada pembahasannya terdapat usul perubahan yang dilontarkan
    kelompok Hatta. Mereka mengusulkan dua perubahan.
    Pertama, berkaitan dengan sila pertama yang semula berbunyi ”Ketuhanan
    dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya”
    diubah menjadi ”Ketuhanan Yang Maha Esa”. Kedua, Bab II
    UUD Pasal 6 yang semula berbunyi ”Presiden ialah orang Indonesia yang
    beragama Islam” diubah menjadi ”Presiden ialah orang Indonesia asli”.
    Semua usulan itu diterima peserta sidang. Hal itu menunjukkan mereka
    sangat memperhatikan persatuan dan kesatuan bangsa.
    Rancangan hukum dasar yang diterima BPUPKI pada tanggal 17 Juli
    1945 setelah disempurnakan oleh PPKI disahkan sebagai Undang-Undang
    Dasar Negara Indonesia. UUD itu kemudian dikenal sebagai UUD 1945.
    Keberadaan UUD 1945 diumumkan dalam berita Republik Indonesia Tahun
    ke-2 No. 7 Tahun 1946 pada halaman 45–48. Sistematika UUD 1945 itu
    terdiri atas hal sebagai berikut.
    1) Pembukaan (mukadimah) UUD 1945 terdiri atas empat alinea. Pada
    Alenia ke-4 UUD 1945 tercantum Pancasila sebagai dasar negara yang
    berbunyi sebagai berikut.
    a) Ketuhanan Yang Maha Esa.
    b) Kemanusiaan yang adil dan beradab.
    c) Persatuan Indonesia.
    d) Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/
    perwakilan.
    e) Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
    Proses Perumusan Pancasila 9
    2) Batang tubuh UUD 1945 terdiri atas 16 bab, 37 pasal, 4 pasal aturan
    peralihan, dan 2 ayat aturan tambahan
    3) Penjelasan UUD 1945 terdiri atas penjelasan umum dan penjelasan pasal
    demi pasal.
    Susunan dan rumusan Pancasila yang terdapat dalam Pembukaan UUD
    1945 merupakan perjanjian seluruh bangsa Indonesia. Oleh karena itu, mulai
    saat itu bangsa Indonesia membulatkan tekad menjadikan Pancasila sebagai
    dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia.

    • trima kasih pmbalajaran’a

    • terima kasih teorinya

    • maksih y
      bat sekarang ilmu ku tambah

    • aku juga bisa
      Proses Perumusan Pancasila

      A. Nilai-Nilai Juang dalam Proses Perumusan
      Pancasila
      Sejak akhir tahun 1944, Jepang mulai banyak mengalami kekalahan di manamana
      dari Sekutu dalam Perang Dunia II. Banyak wilayah yang diduduki Jepang
      jatuh ke tangan Sekutu. Jepang merasa pasukannya sudah tidak dapat mengimbangi
      serangan Sekutu. Untuk itu, Jepang menjanjikan kemerdekaan kepada
      bangsa Indonesia agar tidak melawan dan bersedia membantunya melawan
      Sekutu.
      1. Pembentukan Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan
      Kemerdekaan Indonesia
      Jepang meyakinkan bangsa Indonesia tentang kemerdekaan yang dijanjikan
      dengan membentuk Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan
      Indonesia (BPUPKI). Badan itu dalam bahasa Jepang disebut Dokuritsu
      Junbi Cosakai. Jenderal Kumakichi Harada, Komandan Pasukan Jepang untuk
      Jawa pada tanggal 1 Maret 1945 mengumumkan pembentukan BPUPKI.
      Pada tanggal 28 April 1945 diumumkan pengangkatan anggota BPUPKI.
      Upacara peresmiannya dilaksanakan di Gedung Cuo Sangi In di Pejambon
      Jakarta (sekarang Gedung Departemen Luar Negeri). Ketua BPUPKI ditunjuk
      Jepang adalah dr. Rajiman Wedyodiningrat, wakilnya adalah Icibangase
      (Jepang), dan sebagai sekretarisnya adalah R.P. Soeroso. Jumlah anggota
      BPUPKI adalah 63 orang yang mewakili hampir seluruh wilayah Indonesia
      ditambah 7 orang tanpa hak suara.
      a. Masa Persidangan Pertama BPUPKI (29 Mei–1 Juni 1945)
      BPUPKI setelah terbentuk segera mengadakan persidangan. Masa persidangan
      pertama BPUPKI dimulai pada tanggal 29 Mei 1945 sampai dengan
      1 Juni 1945. Pada masa persidangan ini, BPUPKI membahas rumusan dasar
      negara untuk Indonesia merdeka. Pada persidangan dikemukakan berbagai
      pendapat tentang dasar negara yang akan dipakai Indonesia merdeka.
      Pendapat tersebut disampaikan oleh Mr. Mohammad Yamin, Mr. Supomo,
      dan Ir. Sukarno.
      1) Mr. Mohammad Yamin
      Mr. Mohammad Yamin menyatakan pemikirannya tentang dasar negara
      Indonesia merdeka dihadapan sidang BPUPKI pada tanggal 29 Mei 1945.
      Pemikirannya diberi judul ”Asas dan Dasar Negara Kebangsaan Republik
      Indonesia”. Mr. Mohammad Yamin mengusulkan dasar negara Indonesia
      merdeka yang intinya sebagai berikut:
      Pendidikan Kewarganegaraan 6 SD dan MI 4
      a) peri kebangsaan;
      b) peri kemanusiaan;
      c) peri ketuhanan;
      d) peri kerakyatan;
      e) kesejahteraan rakyat.
      2) Mr. Supomo
      Mr. Supomo mendapat giliran mengemukakan pemikirannya di hadapan
      sidang BPUPKI pada tanggal 31 Mei 1945. Pemikirannya berupa penjelasan
      tentang masalah-masalah yang berhubungan dengan dasar negara Indonesia
      merdeka. Negara yang akan dibentuk hendaklah negara integralistik yang
      berdasarkan pada hal-hal berikut ini:
      a) persatuan;
      b) kekeluargaan;
      c) keseimbangan lahir dan batin;
      d) musyawarah;
      e) keadilan sosial.
      3) Ir. Sukarno
      Pada tanggal 1 Juni 1945 Ir. Sukarno mendapat kesempatan untuk
      mengemukakan dasar negara Indonesia merdeka. Pemikirannya terdiri atas
      lima asas berikut ini:
      a) kebangsaan Indonesia;
      b) internasionalisme atau perikemanusiaan;
      c) mufakat atau demokrasi;
      Gambar 1.2 Suasana sidang BPUPKI.
      Sumber: 30 Tahun Indonesia Merdeka 1945–
      1949
      Proses Perumusan Pancasila 5
      d) kesejahteraan sosial;
      e) Ketuhanan Yang Maha Esa.
      Kelima asas tersebut diberinya nama Pancasila sesuai saran teman yang
      ahli bahasa. Untuk selanjutnya, tanggal 1 Juni kita peringati sebagai hari
      Lahir Istilah Pancasila.
      b. Masa Persidangan Kedua (10–16 Juli 1945)
      Masa persidangan pertama BPUPKI berakhir, tetapi rumusan dasar
      negara untuk Indonesia merdeka belum terbentuk. Padahal, BPUPKI akan
      reses (istirahat) satu bulan penuh. Untuk itu, BPUPKI membentuk panitia
      perumus dasar negara yang beranggotakan sembilan orang sehingga disebut
      Panitia Sembilan. Tugas Panitia Sembilan adalah menampung berbagai
      aspirasi tentang pembentukan dasar negara Indonesia merdeka. Anggota
      Panitia Sembilan terdiri atas Ir. Sukarno (ketua), Abdulkahar Muzakir, Drs.
      Moh. Hatta, K.H. Abdul Wachid Hasyim, Mr. Moh. Yamin, H. Agus Salim,
      Ahmad Subarjo, Abikusno Cokrosuryo, dan A. A. Maramis.
      Panitia Sembilan bekerja cerdas sehingga pada tanggal 22 Juni 1945
      berhasil merumuskan dasar negara untuk Indonesia merdeka. Rumusan
      itu oleh Mr. Moh. Yamin diberi nama Piagam Jakarta atau Jakarta Charter.
      Naskah Piagam Jakarta berbunyi, seperti berikut.
      Piagam Jakarta
      Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa,
      dan oleh sebab itu maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan,
      karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.
      Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah
      kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentosa mengantarkan
      rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang Negara Indonesia
      yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur.
      Atas berkat Rahmat Allah Maha Kuasa dan dengan didorongkan
      oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas,
      maka rakyat Indonesia dengan menyatakan kemerdekaanya.
      Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu Pemerintahan
      Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan
      seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan
      umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan
      ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian
      abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah kemerdekaan Indonesia
      Pendidikan Kewarganegaraan 6 SD dan MI 6
      itu dalam suatu hukum dasar Negara Indonesia yang terbentuk dalam
      suatu susunan Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan
      rakyat dengan berdasar kepada: Ketuhanan dengan kewajiban
      menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya, menurut dasar
      kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia dan kerakyatan
      yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan
      perwakilan, serta dengan mewujudkan keadilan
      sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
      Pada tanggal 10 sampai dengan 16 Juli 1945, BPUPKI mengadakan
      sidang kedua. Pada masa persidangan ini, BPUPKI membahas rancangan
      undang-undang dasar. Untuk itu, dibentuk Panitia Perancang Undang-
      Undang Dasar yang diketuai Ir. Sukarno.
      Panitia tersebut juga membentuk kelompok kecil yang beranggotakan
      tujuh orang yang khusus merumuskan rancangan UUD. Kelompok kecil ini
      diketuai Mr. Supomo dengan anggota Wongsonegoro, Ahmad Subarjo,
      Singgih, H. Agus Salim, dan Sukiman. Hasil kerjanya kemudian disempurnakan
      kebahasaannya oleh Panitia Penghalus Bahasa yang terdiri atas Husein
      Jayadiningrat, H. Agus Salim, dan Mr. Supomo.
      Ir. Sukarno melaporkan hasil kerja Panitia Perancang Undang-Undang
      pada sidang BPUPKI tanggal 14 Juli 1945. Pada laporannya disebutkan tiga
      hal pokok, yaitu pernyataan Indonesia merdeka, pembukaan undang-undang
      dasar, dan undang-undang dasar (batang tubuh).
      Pada tanggal 15 dan 16 Juli 1945 diadakan sidang untuk menyusun UUD
      berdasarkan hasil kerja Panitia Perancang Undang-Undang Dasar. Pada
      tanggal 17 Juli 1945 dilaporkan hasil kerja penyusunan UUD. Laporan
      diterima sidang pleno BPUPKI.
      2. Pembentukan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia
      Pada tanggal 7 Agustus 1945 BPUPKI dibubarkan Jepang. Untuk menindaklanjuti
      hasil kerja BPUPKI, Jepang membentuk Panitia Persiapan
      Kemerdekaan Indonesia (PPKI). Lembaga tersebut dalam bahasa Jepang
      disebut Dokuritsu Junbi Iinkai.
      PPKI beranggotakan 21 orang yang mewakili seluruh lapisan masyarakat
      Indonesia. Mereka terdiri atas 12 orang wakil dari Jawa, 3 orang wakil dari
      Sumatera, 2 orang wakil dari Sulawesi, dan seorang wakil dari Sunda Kecil,
      Maluku serta penduduk Cina. Ketua PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945,
      menambah anggota PPKI enam orang lagi sehingga semua anggota PPKI
      berjumlah 27 orang.
      Proses Perumusan Pancasila 7
      PPKI dipimpin oleh Ir. Sukarno, wakilnya Drs. Moh. Hatta, dan penasihatnya
      Ahmad Subarjo. Adapun anggotanya adalah Mr. Supomo, dr.
      Rajiman Wedyodiningrat, R.P. Suroso, Sutardjo, K.H. Abdul Wachid Hasyim,
      Ki Bagus Hadikusumo, Oto Iskandardinata, Suryohamijoyo, Abdul Kadir,
      Puruboyo, Yap Tjwan Bing, Latuharhary, Dr. Amir, Abdul Abbas, Teuku
      Moh. Hasan, Hamdani, Sam Ratulangi, Andi Pangeran, I Gusti Ktut Pudja,
      Wiranatakusumah, Ki Hajar Dewantara, Kasman Singodimejo, Sayuti Melik,
      dan Iwa Kusumasumantri.
      a. Proses Penetapan Dasar Negara dan Konstitusi Negara
      Pada tanggal 18 Agustus 1945, PPKI mengadakan sidangnya yang
      pertama. Pada sidang ini PPKI membahas konstitusi negara Indonesia,
      Presiden dan Wakil Presiden Indonesia, serta lembaga yang membantu tugas
      Presiden Indonesia.
      PPKI membahas konstitusi negara Indonesia dengan menggunakan
      naskah Piagam Jakarta yang telah disahkan BPUPKI. Namun, sebelum sidang
      dimulai, Bung Hatta dan beberapa tokoh Islam mengadakan pembahasan
      sendiri untuk mencari penyelesaian masalah kalimat ”… dengan kewajiban
      menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya” pada kalimat ”Ketuhanan
      dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya”.
      Tokoh-tokoh Islam yang membahas adalah Ki Bagus Hadikusumo, Kasman
      Singodimejo, K.H. Abdul Wachid Hasyim, dan Teuku Moh. Hassan.
      Mereka perlu membahas hal tersebut karena pesan dari pemeluk agama
      lain dan terutama tokoh-tokoh dari Indonesia bagian timur yang merasa
      keberatan dengan kalimat tersebut. Mereka mengancam akan mendirikan
      negara sendiri apabila kalimat tersebut tidak diubah. Dalam waktu yang tidak
      Sumber: 30 Tahun Indonesia Merdeka
      1945–1949
      Gambar 1.3 Ketua dan Wakil Ketua PPKI.
      Ir. Sukarno Drs. Moh. Hatta
      Pendidikan Kewarganegaraan 6 SD dan MI 8
      terlalu lama, dicapai kesepakatan untuk menghilangkan kalimat ”… dengan
      kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya”. Hal ini
      dilakukan untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.
      Kita harus menghargai nilai juang para tokoh-tokoh yang sepakat menghilangkan
      kalimat ”…. dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi
      pemeluk-pemeluknya.” Para tokoh PPKI berjiwa besar dan memiliki rasa
      nasionalisme yang tinggi. Mereka juga mengutamakan kepentingan bangsa
      dan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan. Adapun tujuan diadakan
      pembahasan sendiri tidak pada forum sidang agar permasalahan cepat selesai.
      Dengan disetujuinya perubahan itu maka segera saja sidang pertama PPKI
      dibuka.
      b. Perbedaan dan Kesepakatan yang Muncul dalam Sidang PPKI
      Pada sidang pertama PPKI rancangan UUD hasil kerja BPUPKI dibahas
      kembali. Pada pembahasannya terdapat usul perubahan yang dilontarkan
      kelompok Hatta. Mereka mengusulkan dua perubahan.
      Pertama, berkaitan dengan sila pertama yang semula berbunyi ”Ketuhanan
      dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya”
      diubah menjadi ”Ketuhanan Yang Maha Esa”. Kedua, Bab II
      UUD Pasal 6 yang semula berbunyi ”Presiden ialah orang Indonesia yang
      beragama Islam” diubah menjadi ”Presiden ialah orang Indonesia asli”.
      Semua usulan itu diterima peserta sidang. Hal itu menunjukkan mereka
      sangat memperhatikan persatuan dan kesatuan bangsa.
      Rancangan hukum dasar yang diterima BPUPKI pada tanggal 17 Juli
      1945 setelah disempurnakan oleh PPKI disahkan sebagai Undang-Undang
      Dasar Negara Indonesia. UUD itu kemudian dikenal sebagai UUD 1945.
      Keberadaan UUD 1945 diumumkan dalam berita Republik Indonesia Tahun
      ke-2 No. 7 Tahun 1946 pada halaman 45–48. Sistematika UUD 1945 itu
      terdiri atas hal sebagai berikut.
      1) Pembukaan (mukadimah) UUD 1945 terdiri atas empat alinea. Pada
      Alenia ke-4 UUD 1945 tercantum Pancasila sebagai dasar negara yang
      berbunyi sebagai berikut.
      a) Ketuhanan Yang Maha Esa.
      b) Kemanusiaan yang adil dan beradab.
      c) Persatuan Indonesia.
      d) Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/
      perwakilan.
      e) Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
      Proses Perumusan Pancasila 9
      2) Batang tubuh UUD 1945 terdiri atas 16 bab, 37 pasal, 4 pasal aturan
      peralihan, dan 2 ayat aturan tambahan
      3) Penjelasan UUD 1945 terdiri atas penjelasan umum dan penjelasan pasal
      demi pasal.
      Susunan dan rumusan Pancasila yang terdapat dalam Pembukaan UUD
      1945 merupakan perjanjian seluruh bangsa Indonesia. Oleh karena itu, mulai
      saat itu bangsa Indonesia membulatkan tekad menjadikan Pancasila sebagai
      dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia.

  54. kenapa kunci jawabannya gak ada™…………..♣5╕aG4∟6¬5+88╕§•

  55. gggggggggggaaaaaaaaaaaaaaakkkkkkkkkkkkkkkkktttttttttttaaaaaaaaaaaaaaaaaaayyyyyyyyaaaaaaaaaaaaaaaaaauuuuuuuuuuuuuu

  56. waw thanks ya atas adanya latihan ini ku bisa belajar ?

  57. Sulit jg ga Gampang jg ga!!!
    Hrs’y bs d jwb d stu.Bru di nlai,kan qu
    mo thu kmampuan-ku smpai mn !!!
    Tpi gppa deh yg pntng dah bs jwb.:-)

  58. saya ingin membaca soal2 ini untuk menambah pengetahuan dan membantu saya menghadapi US [ujian sekolah]

  59. OMB…
    thanks banget nihh kak, yng dah ngasih ni soal..
    ‘Cuz besok aq UAS PKN..
    deg”an banget lho!!!
    mnta do’anya ajj ya dari kk”..

  60. Aku terbantu dengan soal ini . Semoga kalian bisa belajar pkn lewat sini …

  61. ini masih termasuk gampang :O hhe..PR PKN ku tidak ada di sini sebagian -,-

  62. ini mana jawabanya?

  63. dimana yach….
    menulis jawaban di atas…???

  64. TRIMA KASIH SUDAH MAU BERBAGI SESAMA PENDIDIK SEMOGA ALLOH YANG BALAS USAHA KITA AMIN………..

  65. kalau mau ada jawabannya pikir aja sendiri jangan cuma bisa nyontek ke komputer

  66. yach kok gak ada jawabannya cihhhhhhhhhhhhhhh ?

  67. meningan ada teorinya dari pada ada jawabbanya

  68. bagus nie tuk belajar tapi jgn nyontek dan jg jaga jgn sampe di contek

  69. begaya bnget cih kam dalma

  70. makasih atas informasinya jadi semangat belajar

  71. Makacih y Kk Eh tapi kok banyak yg gx ada di UTS aku cHee k??

  72. Nieh Boongan yach?? aduhh tp makacih y UTS Pkn qu dapet 93.. itu berkat soal ini sama kerja keras aku

  73. y betulllll kt kan mw pintar jd gx perlu kunci jawabam donxxxx

  74. saya ingin membaca soal2 ini agar saya mengerti untuk mengerjakan soal ulangan tengah semester

  75. we ujian nya enggak susah ya woy

  76. thx atas soal’a ,, atas soal ini ulangann pkn ku tinggi ,, thx thx thx

  77. ekh aku mah gak usah buka ini juga udh bgus nilai ulangan ku pada payah semuanya n tolol

    • pengen kena tabok dlu tuh congor lu,gk pernah di ajarin sopan santun,dah bagus2 di kasih latihan soal,gw do’ain deh,nilai ulangan lu bagus dan lu bisa merubah sikap lu

  78. JAWABANNYA APA YA?PASTI BLABLABLABLABLA…………………………………………………………………………………………..

  79. ppkn susah untuk d jawab ?cape dech

  80. apa lagi ujian nya ……………………………………////////

  81. wah saya sngt berunntung

  82. klu kyk begini mudah deh aq bljar. terimakasih

  83. kok gak bisa di jawab di sini????

  84. loe pada semua kelas derapa sih?

    inikan untuk sd kls 6 min teladan?

  85. phucienx eea …………
    samma dhunx ,,,,,,,,

    susach bhangedz eea…….?

  86. Secara etimologi bangsa adalah kesatuan orang-orang yang sama asal usulnya,keturunan, adat istiadat, bahasa dan sejarahnya, golongan orang yang mempunyai asal-usul dan sifat khas yang sama. Dalam bahasa Sansekerta dikenal dengan istilah Wangsayang berarti hubungan persaudaraan, ras atau suku, hubungan darah dan keturunan.Secara Sosiologi bangsa diartikan sebagai persekutuan hidup masyarakat yangberdiri sendiri yang mempunyai kesamaan ras, bahasa, agama, adat istiadat, dan merasasebagai satu kesatuan. Sedangkan dalam arti politis bangsa diartikan sebagai masyarakatyang berada dalam suatu wilayah dan mereka tunduk pada kekuasaan negara yangbersangkutan.Di bawah ini adalah pendapat beberapa pakar kenegaraan tentang pengertianbangsa ditinjau dan beberapa sudut pandang :
    No.Nama PakarPendapat yang Dikemukakan
    1 Ernest Renan(Perancis)Bangsa terbentuk karena adanya keinginan untuk hidup bersama(hasrat bersatu) dengan perasaan kesetiakawanan yang agung2. F. Ratzel (Jerman) Bangsa terbentuk karena adanya hasrat bersatu. Hasrat itutimbul karena ada rasa kesatuan antara manusia dengan tempattinggalnya (paham geopolitik)3. Hans Kohn (Jerman) Bangsa adalah buah hasil tenaga hidup manusia dalam sejarah.Suatu bangsa merupakan golongan yang beraneka ragam dantidak bisa dirumuskan secara eksak4. Jalobsen danLipmanBangsa adalah suatu kesatuan budaya (cultural unity) dankesatuan politik (political unity)5. Otto Bauer(Jerman)Bangsa adalah kelompok manusia yang mempunyai kesamaankarakter. Karakteristik tumbuh karena adanya kesamaan nasib
    Bila ditarik kesimpulan berdasarkan pengertian-pengertian di atas
    pengertianbangsa memiliki ciri antara lain
    :

    Merupakan persekutuan hidup manusia

    Mempunyai perasaan/ tekad hidup bersama

    Menempati suatu wilayah tertentu

    Berada dalam kekuasaan pemerintahan

    Adanya persamaan karakter, identitas budaya, ras, agama, bahasa dan adatistiadat
    b. Terbentuknya Bangsa
    Menurut pandangan
    Hans Kohn
    , kebanyakan bangsa terbentuk karena adanyafaktor-faktor objektif tertentu yang membedakannya dengan bangsa lain. faktortersebut antara lain: kesamaan keturunan, wilayah, bahasa, adat istiadat, kesamaanpolitik, perasaan dan agama. Namun faktor terpenting dalam pembentukan suatubangsa adalah
    adanya kehendak atau kemauan bersama atau bersatu(nasionalisme)
    .Menurut
    Friedrich Hertz
    , ada empat unsur yang berpengaruh dalampembentukan bangsa, yaitu:

    Keinginan untuk mencapai kesatuan nasional yang terdiri dari kesatuan sosial,ekonomi, politik, agama, kebudayaan, komunikasi, dan solidaritas

    Keinginan untuk mencapai kemerdekaan dan kebebasan nasional sepenuhnya,yaitu bebas dari dominasi dan campur tangan asing terhadap urusan dalamnegerinya.

    Keinginan akan kemandirian, keunggulan, individualitas, keaslian atau kekhasan.Contoh:
    menjunjung tinggi bahasa nasional yang mandiri
    .

    Keinginan untuk menonjol (unggul) diantara bangsa-bangsa dalam mengejarkehormatan, pengaruh dan prestiseTerbentuknya bangsa Indonesia secara politis terjadi sejak proklamasi
    2

  87. huhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh ternyata soalny sulit juga ya…………….

  88. kalo kisi-kisi buat US sama US susulan ada enggak ya ??

  89. belajar kan gk perlu pake kunci jawaban.. yg penting kita tahu isinya,. makanya terus belajar,. kalo gk pada belajar mau jd apa nanti besarnya. meskipun salah kan itu namanya pengalaman untuk terus maju, jadi yg leeeebih baik lagi dari sebelumnya! ini kan hanya utk latihan dan motivasi aja, kalo ada kunci jawabannya sama aja kita gk mikir doooonkkk! justru dengan beginilah tdk ada kunci jawabannya. tujuannya supaya kita buka buku dan mencari isinya itung itung kan,,,,,, sambil belajar jg.. ingat ya kunci jawaban fungsinya hanya untuk mengoreksi soal soal aja mengetahui salah atau betulnya, jangan mentang mentang ada kunci jawabannya bisa seenaknya aja tinggal nyontek,,,………… kalo sudah begitu,,, apanya yg d sebut belajar?????? ya kan?. oke,lahhh itu aja pesen Q! jgn lupa belajar supaya pintar, karna BUKU => ADLH JENDELA ILMU !!!!!!
    THANK’S

  90. lumayan gampang ni soal tpi gk bisa di jwb aneh ????hahahahahahahahahaha_________________??????????

    • Ini hanya dalam format blog, untuk membuat posting yang bisa dijawab langsung perlu code yang cukup rumit,
      jadi untuk menjawab silakan tuliskan di form komentar ini saja

      Terima kasih

  91. Beritahu donk jawabannya !!!!!!

  92. jawabannya adalah……

  93. duh bingung nih tentang apaan sich????????????????????????

  94. mana kunci jawabanyaaa???…
    kan aku mau kunci jawabanya…..
    sama ajja boongg klau gk ad kunci jawabanya….

  95. hahahahahahahahahahahah…………………………

  96. soalnya kurang banyak, jenis soal ditentukan, contoh: UTS, UKK, UASBN, UN

  97. soalnya kurang banyak

  98. ksh tau kunciny dong untuk nyocokin

  99. ia kunci nya donggg

  100. kuncinya bisa tolong ditulisin nggak ???
    jadi bisa tau bener nggaknya

  101. kunci jawabanya di tit**

    • kwkwkwkwkwkw emang enak gak ada kunci jawaban nya kalo gua sih udah tau kunci jawaban nya
      mau tau kagak

  102. kalo soalx ada brrti harus pke kunci nya dong biar bsa mengoreksi!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  103. soalnya gampang juga… gak pake kunci jawaban gue aja bisa… payah lo! (n)

  104. wah………………………..^^?? soalx koq sedikit amat ehhhhhhhhhh……….. juga kunci jawabanx mana????????????????

  105. manaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa jawabannnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

  106. mana jawabannya….
    bukan mau nyontek tapi mau ngoreksi…….!!!!!!!!

  107. muda2han ak bisa lulus tes smp yg ku idam2kan ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….amieen

  108. muda2han ak bsa msuk smp yg ak idam2kan dan dikelas yg bgus

  109. mudah2an gara gara soal nih jadi pinter deh THANKS ya

  110. terima kasih soal-soalnya sangat membantu ^_^

  111. terima kasih anda telah membantu memudahkan saya dalam belajar.

  112. mls banget kayak t* pelajaran ppkn

  113. Waduh, kok cuman pilihan ganda….??? Kok gak ada isian atau essay, sich,,,!!! Mau UTS, tau! Kan, di UTS pasti ada isiannya,,,,!!! Gak mungkin klo cuman pilihan ganda apaan, tuch..???

  114. terimakasih ya

  115. makasih …^^ yaahh walaupun ada yang sulit dikit,soalnya di buku gk ada :)

  116. wkwkwkwkwk pada ngeliat kesini mending bener klo salah gimne’

  117. loh mn kunci jwbnnya,gmn mau bljr

  118. Ndak perlu kunci jawaban. Kan kunci jawaban udh di otak kita smua klu kita usaha belajar. Klu blm belajar atau blm tau buka buku dan ingat2. Suatu hari klu pas ulangan keluar kyk gtu kita bisa kerjakan dengan mudah :)

    Oh yaa, ngomong2 kok nomere g urut knp??

  119. Booos. Ijin copas yoi. Buat belajar saya, bsk UAS

  120. g ada kunci jwbnnya takut salah nichh!

  121. inisih bukan tentang lembaga negara

  122. au ska&puaszzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz

  123. wah!!!! smoga nanti ujian ku nilai nya bagus!!!!

  124. iadah aku do.a in biar kamu nilainya bagus.
    kamu juga do.a in aku nya biar aku juga dapat nilai yag bagus

  125. cari kunci di pintu

  126. dimana jawabnya ……………………………………………………………………………………………………………………………. aneh ada soal ngak ada jawabannya ?

  127. semoga dapat nilai bagus saat uas

  128. makasih soal-soalnya yaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

  129. alhamdulillah saya tau semua jawaban nya..

  130. Thks ya buat soalnya sgt membantu{^~^}

  131. cara jawab nya gmn sichhhhh???

  132. gmna sih jawbnya???jawabnya dmna???

  133. THANKS y Soal Latihannya

  134. mana kunci jwabannya

  135. Makasih nih atas bantuannya,,,
    buat siap2 ulangan harian PKN…
    membantu banget…. ;)

  136. yah semua pada goblok!!!!!!!!
    ngandalin kunci jawaban semua………
    ujian gimana?????
    dikasih kunci jawaban ama guru???????????

  137. susah baaannggeeetttt soalx twww
    ada yg tw gkk !!!????

  138. terima kasih banyak, aku jadi bisa blajar,, slain di buku dan di sekolah

  139. Pelajaran.a lumayan susah jga tu,,,

  140. wah jdi tmpt ngobrol

  141. hanya orang pinter yang tau

  142. berkat ini insya allah berhasil,,,,tapijawabannya mana????????????

  143. kitiswer kitiswer banana cery strobery swerrrrrrrrrrrrrr……………………………………………………………??????????????????????/??????????????????????????????????????????

  144. wwwwwooooooooowwwwwwww…………….
    amazing………..
    I like it. A prifect …….

  145. harusnya ada kunci jawabannya supaya bisa dilihat jawbannya bener atau salah

  146. c *kkkkk soale gk izk d jwb !!!!!!!

  147. kenapa sih pada protes bersyukur dikit napa dari pada gax dikasih soal

  148. kawab soal aja minta kunci apalagi nanti ujian minta bantuan ame temannye aha payah lo semua

  149. Kak, Aku kelas 6B Maria Dari Pontianak . Gmn sih supaya pelajarannya bisa msk otak Semua ? Ini banyak loh ringkasannya ! Thanks ya kak … Semoga Aku lulus UN 2014 ! Aminnnnnnnnnn Alleluya !

  150. fewdgfdasfdsafuykkjfgjhdgsaflgf;safjklsfjsgfkfdsfdfasdfdsfdsafasfdsfadjasdfdsfafdswws

  151. ky mana cara men jawabnya
    ha ha ha ha ha ha ………………

  152. @@@@@@@@@@@@@#############$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$******************************* aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaahuuuuuuuuuuuuuu nyontek!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1

  153. MAU thauuu JAWABANnya tuh di bku ada.@@@@@@@@@@@@@@#####$$$$$$$$$4444

  154. LUZER semua yg minta jwbanya

  155. “Kunci jawabannya mana???????????????”.kalau meriksanya pakai apa?

  156. bank ada soal ujian yang sulit gk >..? Soal nya mudah 2 bngt

  157. mna jwbanxa sich

  158. kunci jawabannya mana???
    buat koreksi jawaban aku!!!

  159. mana niii soal mudah mudah semua tpi syang gak ada jawababnya jdi orang tingal pilih aja a,b,c atau d hahahahahahhahahahahahaha?????????????????????????????????????????

  160. pada kepo semua

  161. ANGEL CHIBI
    LUZER,KOK GITU DOANG SIH,GK ADA YANG LAIN

  162. sial semua kunci cuma buat contekn disekolah

  163. boleh ini kan juga mau ujian lagi pula jarang soal-soal yang begini tapi saya sarankan untuk memberi kunci jawabannya ya

Trackbacks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.962 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: