Syair – Pengertian dan contoh

Syair adalah salah satu jenis puisi lama. Ia berasal dari Persia (sekarang Iran) dan telah dibawa masuk ke Nusantara bersama-sama dengan kedatangan Islam. Kata syair berasal dari bahasa Arab syu’ur yang berarti perasaan. Kata syu’ur berkembang menjadi kata syi’ru yang berarti puisi dalam pengertian umum. Syair dalam kesusastraan Melayu merujuk pada pengertian puisi secara umum. Akan tetapi, dalam perkembangannya syair tersebut mengalami perubahan dan modifikasi sehingga menjadi khas Melayu, tidak lagi mengacu pada tradisi sastra syair di negeri Arab. Penyair yang berperan besar dalam membentuk syair khas Melayu adalah Hamzah Fansuri dengan karyanya, antara lain:

Syair Perahu, Syair Burung Pingai, Syair Dagang, dan Syair Sidang Fakir.

_

Menurut isinya, syair dapat dibagi menjadi lima golongan, sebagai berikut.

1. Syair Panji

Syair panji menceritakan tentang keadaan yang terjadi dalam istana dan keadaan orang-orang yang berada atau berasal dari dalam istana.

Contoh syair panji adalah Syair Ken Tambuhan yang menceritakan tentang seorang putri bernama Ken Tambuhan yang dijadikan persembahan kepada Sang Ratu Kauripan.

2. Syair Romantis

Syair romantis berisi tentang percintaan yang biasanya terdapat pada cerita pelipur lara, hikayat, maupun cerita rakyat. Contoh syair romantis yakni Syair Bidasari yang menceritakan tentang seorang putri raja yang telah dibuang ibunya. Setelah beberapa lama ia dicari Putra Bangsawan (saudaranya) untuk bertemu dengan ibunya. Pertemuan pun terjadi dan akhirnya Bidasari memaafkan ibunya, yang telah membuang dirinya.

3. Syair Kiasan

Syair kiasan berisi tentang percintaan ikan, burung, bunga atau buahbuahan.

Percintaan tersebut merupakan kiasan atau sindiran terhadap peristiwa tertentu. Contoh syair kiasan adalah Syair Burung Pungguk yang isinya menceritakan tentang percintaan yang gagal akibat perbedaan pangkat, atau seperti perumpamaan “seperti pungguk merindukan bulan”.

4. Syair Sejarah

Syair sejarah adalah syair yang berdasarkan peristiwa sejarah.

Sebagian besar syair sejarah berisi tentang peperangan. Contoh syair sejarah adalah Syair Perang Mengkasar (dahulu bernama Syair Sipelman), berisi tentang perang antara orang-orang Makassar dengan Belanda.

Syair berbahasa Arab yang tercatat paling tua di Nusantara adalah catatan di batu nisan Sultan Malik al Saleh di Aceh,

bertarikh 1297 M.

5. Syair Agama

Syair agama merupakan syair terpenting. Syair agama dibagi menjadi empat yaitu: (a) syair sufi, (b) syair tentang ajaran Islam, (c) syair riwayatcerita nabi, dan (d) syair nasihat.

Perlu kita ketahui, setiap syair pasti mengandung pesan tertentu. Pesan tersebut dapat kita simpulkan setelah memahami isi sebuah syair.

Contoh syair agama : Syair Perahu, Syair Dagang (banyak yg bilang karangan Hamzah Fansuri, tapi para ahli membantahnya), Syair Kiamat, Bahr An-Nisa, Syair Takbir Mimpi, Syair Raksi

dari buku sekolah – Selengkapnya tentang Contoh Syair di http://www.bukupr.com/2011/09/contoh-syair.html

Terima kasih kepada: Okrek (Produk Busana Muslim)Duta Pulsa (All Operator Pulsa Elektrik)Mode (Belajar Mendesan Busana)Persewaan Alat Pesta / Tenda,  Susu Skim Kolostrum (SUSU NACO)Permata Martapura di FacebookGamis Modern di Facebook

About these ads

59 Responses to “Syair – Pengertian dan contoh”

  1. bagus. semuanya bagus. tapi kurang lengkap. tolong anda lengkapkan lagi ya contoh-contoh puisinya. biar orang bisa lebih mudah mencari tugas tentang puisi lama. ok! bye: qilby anak madrasah aliyah negeri 1 bengkulu.

  2. tolong kirimkan contoh proposal usaha dagang kelontongan, agar kami para pelajar mudah membuat proposal ketika Lks dan UAS nantinya.
    trima kasih.

  3. tolong cariin contoh syair-syair yg bgus.

  4. apa pengertian dari syair sufi, (b) syair tentang ajaran Islam, (c) syair riwayatcerita nabi, dan (d) syair nasihat.???

  5. tolong beri contoh syairnya satu-satu???? please????

  6. Tolong dong krmkn contoh syair yang bgs!

  7. mnta contoh syair lama donk!!!

  8. mnta contoh syair lama n syair modern donk!!!

  9. terus apa hubungan syi’ar ma lagu?da hubungannya g sich kl di sambungin ma musik?

  10. lumayan, tapi kurang banyak tuh syairnya dan contoh_contohnya juga

  11. contoh syair panji: syair Angreni, Syair Damar Wulan, Syair Undakan Agung Udaya, Cerita Wayang Kinudang

    Contoh syair romantis: Syair Yatim Nestapa, Syair Abdul Muluk, Syair Sri Banian, Syair Sinyor Kosta, Syair Raja Mambang Jauhari, Syair Tajul Muluk, Syair Sultan Yahya, Syair Putri Akal,

    Contoh Syair kiasan: Syair Kumbang dan Melati, Syair Nuri, Syair Bunga Air Mawar, Syair Nyamuk dan Lalat, Syair Buah-Buahan

    Contoh Syair Sejarah: Syair Kompeni Welanda Berperang dengan Cina, Syair Perang di Banjarmasin, Syair Raja Siak, Syair Sultan Ahmad Tajuddin

    Contoh Syair agama: Syair Perahu, Syair Dagang (banyak yg bilang karangan Hamzah Fansuri, tapi para ahli membantahnya), Syair Kiamat, Bahr An-Nisa, Syair Takbir Mimpi, Syair Raksi

    Sumber: Sejarah kesusastraan Melayu Klasik, Liaw Yock Fang

  12. lengkapin lagi

  13. aduuhhh…
    iankk mn syairr niiehh…

    lain kalii syairr ny iankk jlazz ehh…
    klo bsa …
    tolonkk ehh !!!!

  14. Bagus sekali untuk para penyair:)

  15. bagus penjelasan yang lengkap,,,,

  16. Eh,eh mau nanya syair itu pake sampiran doang ya? nggak pake isi? atau isi tapi pake kiasan?

  17. om bisa gax contoh nya aq da tgs tuk tgs mencari contoh syair kiasan tq ☺

  18. APA PENGERTIAN DRI TEMA DAN SYAIR YG DIPERDENGARKAN??????

  19. gag ada contohnya !!!!!

  20. mana contohnya nih
    PARAH!!

    • KALIAN PARA PELAJAR SELURUH JAGAD RAYA, JANGAN MANJA YA…CARI LAGI CONTOH SYAIR…DI RIAU ADA SYAIR LAMA YG BERNAMA SYAIR IKAN TERUBUK…CARI Y

  21. Carilah syair ikan terubuk di riau ada tu

  22. contohnya: apa tanda orang ma’rifat
    Kerjakan sholat tak pernah telat
    apa tanda orang bertobat
    kerjakan suruh berlipat-lipat….

  23. bikinin syair kiasan yang bagus dong!! dan yang paling lengkap!!

  24. kren maah pntun ana bkin ngocek prut…………..!!!!!!!

  25. Wadoohhh INI seperti yang ada di buku smp kelas 9 dan isi nya pun sama persis dan tidak lengkap .

  26. Nih saya Post hasil dari buku tersebut

    Pengertian Syair
    Syair adalah salah satu jenis puisi lama yang berasal dari persia ( Iran ). Sekarang sudah menyebar ke seluruh Nusantara bersama dengan kedatangan Islam. Syair berasal dari bahasa Arab syur’ur yang berarti perasaan. Kata syu’ur berkembang menjadi kata syi’ru yang berarti puisi dalam pengertian umum. Karna terus mengalami perubahan dan di modifikasi sehingga menjadi khas melayu .
    menurut isinya, syair di bagi menjadi lima golongan , yaitu :
    1 . Syair Panji
    Syair panji menceritakan tentang keadaan yang terjadi dalam istana dan keadaan orang-orang yang berada atau berasal dari dalam istana. Berikut contoh syair panji adalah Syair Ken Tambuhan yang menceritakan tentang seorang putri Syair juga merupakan bentuk puisi dalam sastra Melayu lama.

    2. Syair Romantis
    Syair romantis berisi tentang percintaan yang biasanya terdapat pada cerita pelipur lara. Hikayat, maupun cerita rakyat. Berikut Contoh syair romantis adalah syair Bidasari yang menceritakan tentang seorang putri raja yang telah di buang ibunya. Pertemuan terjadi dan Bidasar memaafkan ibunya, yang telah membuangnya.

    3. Syair Kiasan
    Syair kiasan berisi tentang percintaan ikan,burung,bunga atau buah-buahan. Percintaan tersebut merupakan kiasan atau sindiran terhadap peristiwa tertentu. Berikut contoh syair kiasan adalah syair pungguk yang isinya menceritkan tentang percintaan yang gagal akibat perbedaan pangkat “ seperti pungguk merindukan bulan “

    4. Syair Sejarah
    Syair sejarah adalah syair yang berlatar belakang peristiwa sejarah. Sebagian besar syair sejarah berisi tentang peperangan. Berikut contoh syair sejarah adalah syair sejarah adalah Syair Perang Mengkasar (dahulu bernama Syair Sipelman), berisi tentang perang antara orang-orang Makassar dengan Belanda.
    Syair berbahasa Arab yang tercatat paling tua di Nusantara adalah catatan di batu nisan Sultan Malik al Saleh di Aceh,
    bertarikh 1297 M.

    5. Syair Agama
    Syair agama merupakan syair terpenting. Syair agama dibagi menjadi empat yaitu :
    • Syair sufi
    • Syair tentang ajaran islam
    • Syair riwayat cerita nabi
    • Syair nasihat

  27. By : Aan Hadi

    217 Forever . 94

  28. Hasil Post saya Bersama Anggota : By Hadi 217

    Pengertian Syair
    Syair adalah salah satu jenis puisi lama yang berasal dari persia ( Iran ). Sekarang sudah menyebar ke seluruh Nusantara bersama dengan kedatangan Islam. Syair berasal dari bahasa Arab syur’ur yang berarti perasaan. Kata syu’ur berkembang menjadi kata syi’ru yang berarti puisi dalam pengertian umum. Karna terus mengalami perubahan dan di modifikasi sehingga menjadi khas melayu .
    menurut isinya, syair di bagi menjadi lima golongan , yaitu :
    1 . Syair Panji
    Syair panji menceritakan tentang keadaan yang terjadi dalam istana dan keadaan orang-orang yang berada atau berasal dari dalam istana. Berikut contoh syair panji adalah syair Angreni, Syair Damar Wulan, Syair Undakan Agung Udaya, Cerita Wayang KinudangSyair Ken Tambuhan yang menceritakan tentang seorang putri Syair juga merupakan bentuk puisi dalam sastra Melayu lama

    2. Syair Romantis
    Syair romantis berisi tentang percintaan yang biasanya terdapat pada cerita pelipur lara. Hikayat, maupun cerita rakyat. Berikut Contoh syair romantis adalah Syair Yatim Nestapa, Syair Abdul Muluk, Syair Sri Banian, Syair Sinyor Kosta, Syair Raja Mambang Jauhari, Syair Tajul Muluk, Syair Sultan Yahya, Syair Putri Akal,Syair Bidasari yang menceritakan tentang seorang putri raja yang telah di buang ibunya. Pertemuan terjadi dan Bidasar memaafkan ibunya, yang telah membuangnya.

    3. Syair Kiasan
    Syair kiasan berisi tentang percintaan ikan,burung,bunga atau buah-buahan. Percintaan tersebut merupakan kiasan atau sindiran terhadap peristiwa tertentu. Berikut contoh syair kiasan adalah Syair Kumbang dan Melati, Syair Nuri, Syair Bunga Air Mawar, Syair Nyamuk dan Lalat, Syair Buah-Buahansyair pungguk yang isinya menceritkan tentang percintaan yang gagal akibat perbedaan pangkat “ seperti pungguk merindukan bulan “

    4. Syair Sejarah
    Syair sejarah adalah syair yang berlatar belakang peristiwa sejarah. Sebagian besar syair sejarah berisi tentang peperangan. Berikut contoh syair sejarah adalah Syair Kompeni Welanda Berperang dengan Cina, Syair Perang di Banjarmasin, Syair Raja Siak, Syair Sultan Ahmad Tajuddinsyair sejarah adalah Syair Perang Mengkasar (dahulu bernama Syair Sipelman), berisi tentang perang antara orang-orang Makassar dengan Belanda.
    Syair berbahasa Arab yang tercatat paling tua di Nusantara adalah catatan di batu nisan Sultan Malik al Saleh di Aceh,
    bertarikh 1297 M.

    5. Syair Agama
    Syair agama merupakan syair terpenting. Syair agama dibagi menjadi empat yaitu :
    • Syair sufi
    • Syair tentang ajaran islam
    • Syair riwayat cerita nabi
    • Syair nasihat
    Contoh syair agama : Syair Perahu, Syair Dagang (banyak yg bilang karangan Hamzah Fansuri, tapi para ahli membantahnya), Syair Kiamat, Bahr An-Nisa, Syair Takbir Mimpi, Syair Raksi

  29. Pusing .. yg singkat-singkat dong itu,..

  30. TOLONG KSH TW DONK SYAIR PANJI MA SYAIR SEJARAH TAPI DALAM LG

  31. Hebat,,,Hebat

  32. gini rupanya
    baru tahu…

  33. Tolong dong pengertian dari “syair” itu lebih ringkas dan diperjelas lagi :)

  34. tolong kasi tau dong,, apa perbedaan pantun ama syair ?

    • Syair adalah salah satu jenis puisi lama. Ia berasal dari Persia.
      Kata syair berasal dari bahasa Arab syu’ur yang berarti perasaan. Kata syu’ur berkembang menjadi kata syi’ru yang berarti puisi dalam pengertian umum

      Pantun merupakan salah satu karya sastra Melayu yang sampai sekarang masih dikembangkan. Kata pantun mempunyai arti ucapan yang teratur, pengarahan yang mendidik. Pantun juga dapat berarti sindiran.

  35. contoh na kurang banyak di masing2 penjelasan

  36. contohnya cari d mana ni ?

  37. kurang lengkap

  38. sejarah syair apa sih? kasih tau dong please -,-

  39. om buat dong contoh2 syair nya
    tugas gw gak siap2 ni gara2 gak ada contoh syair

  40. anggriani

    kasih tau contoh dari syair donk !

  41. verry good … i like this … thank’s …

  42. oh yha tlong dhongg syair x yg lngkap ghitu jd bz ngerti dhe

  43. om tlonkkk dhonkkk bkinin contoh syair x soal x dha tugas nheee…..

  44. Tolong dong bunyi syair Ken Tambuhannya ditampilkan!

  45. apa gak da yg bgz lgi selain contoh contoh ini

  46. I have seen that these days, more and more people are increasingly being attracted to
    cameras and the discipline of digital photography.
    However, to be a photographer, it’s important to first devote so much period deciding the exact model of photographic camera to buy plus moving out of store to store just so you may buy the lowest priced camera of the trademark you have decided to decide on. But it isn’t going
    to end right now there. You also have to take into consideration whether you can purchase
    a digital digital camera extended warranty.
    Thx for the good recommendations I acquired from your website.

  47. Terimakasih berkat google pekerjaan saya dapat di selesaikan

  48. isi syair perang mengkasar apa ei?

Trackbacks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.969 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: