Contoh soal cerita- Matematika kelas 6 SD, untuk latihan menghadapi ujian nasional dan ujian sekolah

selesaikan permasalahan berikut.

1. Bu Beni seorang pedagang buah. Bu Beni membeli 362 buah semangka.

Sebanyak 226 semangka dijual ke pasar, kemudian Bu Beni membeli lagi 238 semangka. Berapa buah semangka Bu Beni sekarang?

2. Vita membeli 8 strip obat untuk sakit kepala di Apotik Sehat. Harga 1 strip obat Rp7.250,00. Setiap 1 strip obat berisi 12 tablet. Vita menjual obat tersebut secara eceran dengan harga Rp750,00 per tablet. Berapa keuntungan yang diperoleh Vita jika semua obat habis terjual?

3. Harga sebuah buku tulis Rp2.250,00. Harga sebuah bolpoin Rp1.750,00. Jika kamu membeli 17 buku tulis dan 17 bolpoin, berapa rupiah yang harus kamu bayar?

4. Untuk menyambut hari kemerdekaan, warga di kampung Rudi menghias gapura. Selesai dicat, gapura itu akan dipasangi lampu hias. Rudi membeli 40 lampu dengan harga Rp3.750,00 per lampu. Sebanyak 3 lampu dikembalikan karena tidak bisa menyala. Berapa rupiah Rudi harus membayar lampu?

5. Mirza mempunyai potongan kawat sepanjang 125 cm sebanyak 47 potong. Adi mempunyai potongan kawat sepanjang 75 cm sebanyak 47 potong. Mirza dan Adi masingmasing memberikan 7 potong kawat kepada Zaky. Berapa meter jumlah panjang kawat Mirza dan Adi sekarang?

dari buku sekolah.

 

Kerjakan soal cerita berikut bersama temanmu.

 

1. Hari ini Bu Nunung bisa menjual 25 kg gula pasir. Setiap 1 kg harganya Rp6.000,00. Untuk menambah persediaan, Bu Nunung membeli lagi gula dari pedagang lain sebanyak 10 kg dengan harga Rp5.800,00 per kg dan dibayar tunai. Jika kamu menjadi Bu Nunung, berapakah sisa uang dari hasil penjualan dan pembelian gula hari ini?

 

2. Bu Rosa membeli 150 kantong beras. Setiap kantong berisi 5 kg beras. Sebanyak 15 kg diberikan kepada nenek. Beras yang masih tersisa dibagikan kepada 49 tetangga di sekitarnya. Jika kamu menjadi Bu Rosa, berapa kg beras yang akan kamu bagikan kepada masing-masing tetangga?

 

3. Seorang agen minyak tanah mendapat jatah minyak dari Pertamina sebanyak 750 liter setiap minggu. Oleh karena kelangkaan bahan bakar minyak, jatah untuk agen dikurangi 150 liter. Oleh agen, minyak tanah tersebut dibagikan kepada 15 pelanggannya sama rata. Jika kamu menjadi salah satu pelanggan, berapa liter minyak tanah yang kamu terima?

 

4. Pak Made membeli 10.000 batu bata dan 45 sak semen untuk membangun rumahnya. Harga 1.000

batu bata Rp310.000,00 dan 1 sak semen Rp34.000,00. Jika kamu menjadi Pak Made, berapa harga batu bata dan semen yang harus dibayar seluruhnya?

 

5. Chandra membeli sepatu seharga Rp85.000,00 dan dua pasang kaos kaki. Sepasang kaos kaki seharga Rp8.500,00. Chandra membayar dengan uang Rp150.000,00. Jika kamu menjadi kasir, berapa uang kembalian Chandra?

dari buku sekolah

Contoh soal yang lain klik link ini:


About these ads

52 Responses to “Contoh soal cerita- Matematika kelas 6 SD, untuk latihan menghadapi ujian nasional dan ujian sekolah”

  1. susah paleng gampang mah ipa ma indonesia

  2. bag 1
    1.374
    2.gak tau
    3.68.000
    4.119.850
    5.31.000

  3. bag 2
    1.208.000
    2.gak tau
    3.40 liter
    4.gak tau
    5.gak tau

  4. ayo main online matematika

  5. I love math…

  6. aaaaaaaaaaaaannnnnnnnnnnnngggggggggggeeeeeeeeeeellllllllllllll……………
    eeeeeeeeeeeeerrrrrrrrrrrrrrraaaaaaaaaaaammmmmmmmmmmmmmmmm!!!!!!!!!!!!!!!!!
    mbok nge.i soal sig gampag2 ae…………….

  7. kalo cinta s5 matem cba aza di kerjain………….

  8. Bagian 1 no : 2. Rp 14.000,00
    Bagian 2 no : 2. 15
    4. Rp 4.630.000,00
    5. Rp 48.000,00
    Aku cuma menambahkan jawabannya Tasya Mj…

  9. cpe dech blajarrr trussssss !!!!!!!!!! car soalll – soal di internet !!!!!!!!!!!!!!

  10. cpe dech blajarrr trussssss !!!!!!!!!! cari soalll – soal di internet !!!!!!!!!!!!!!

  11. mana nih kunci jawabannya ?
    tolong ada dong …!

  12. mana nih kunci jawabannya ?
    tolong ada dong …!
    sama cara + jalan soalnya ..
    (d butuhin)

  13. No 2 5,2% btul ga??

  14. Terima kasih untuk yang membantu memberikan jawaban.
    dan terima kasih untuk yang minta jawaban.

  15. gx da kunci jwb an na ya tan om soalnya klo kita kerjain gx tw kalo salah ato bener na gimana om tan hehehehehehehheheheheheh

  16. SUSAHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHH

  17. VERY VERY VERY EEEAAASSSYYY . . .

  18. gampang angget

  19. Bag 1

    no 1 : 374 buah
    no 2 : Rp.14.000,00
    no 3 : Rp.68.000,00
    no 4 : Rp.138.750,00
    no 5 : 80 m

  20. IT IS DIFFICULT N EASSY
    YOUR COMMENT IS ??????
    MAY BE YES MAY BE NO

  21. ada yang gampang ada yang susah juga ternyata…

  22. bagian 1

    1.374 (362-226+230)
    2.14.000 ((750*(12*8))-(7.250*8)
    3.68.000 (2.250*17)+(1.750*17)
    4.138.750 (3.750*40)-(3.750*3)
    5.125*47=5.875 75*47= 3.425 5.875+3.425=9.300 cm=93
    125*7= 875 75*7= 525 875+525= 1400cm=14m 93-14= 79m
    semoga ajjah betul yang numb 5 :)

  23. bagian 2

    1. 25*6.000= 150.000 2.150*5=750kg-15=735kg:49=15kg 3.750-150=600:15= 40liter
    10*5.800= 58.000 4.310.000:1000*10.000=3.100.000 45*34.000= 1.530.000
    _______- 3.100.000+1.530.000= 4.630.000
    92.000 5.150.000-(85.000+(2*8500)
    150.000-(85.000+17.000)
    150.000-68.000
    82.000

  24. bag 1
    1 gug aU
    2 gug aU
    3 gug aU
    4 gug aU
    5 gug aU

  25. maksud nyaa apaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa ……?

  26. hahahaahah kan very easy

  27. Tak susah-susah amatlah… kecil ! He..he..

  28. Ini bukan pelajaran anak kelas 6 lagi, tapi pelajaran anak kelas 3 !Anak kelas 4 pun bisa jawab… kalimat “Soal matematika kelas 6 SD untuk latihan menghadapi UN & Ujian Sekolah ” salah !!seharusnya angka 6 SD diubah jadi 4SD !HAHAHA…..

  29. y y lumayan lah sush nya?? tpi mudh2 Q bsa ikut ujian dngan mudah … amin

  30. Semuanya susah-susah gampang yach……

  31. Ahh kok ga ada kunci jawabannya yach

  32. Yang plng gampang itu bhs.mandarin loh…

  33. Aku sekarang tau jawabannya gampang

    It’s very very easyyy………………..

  34. aq menyukai pelajran ini

    ini benar” mudah

  35. aq sangat cenang dengan pelajaran ini

  36. Ayo gabung ke Kompetisi Cerdas Cermat Online Tingkat SD dan SMP se-Jawa Timur. Final: Februari 2013. Hadiah total belasan juta rupiah :D

  37. No 5 bag 1 apa ya ada yang bilang 80 cm Dan 75 cm ? Tolong dibalas

  38. ah .cemen bgt .ue ajha yang juara 2 ngerti .yach iyalah ue ngerti.org ue mah dpt nilai 100 mulu semuanya

Trackbacks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.962 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: