Latihan soal IPS kelas 9 – dari bank soal untuk menghadapi ujian semester sekolah dan ujian nasional (6) (Salah satu tindakan Hittler dalam mengembangkan fasisme…)

1. Salah satu tindakan Hittler dalam mengembangkan fasisme adalah membunuh dan mengusir orang-orang Yahudi. Alasan tindakan Hittler adalah … .

    a. orang Yahudi menguasai perekonomian Jerman

    b. Adolf Hittler sangat membenci orang Yahudi

    c. orang Yahudi dianggap sebagai biang kekalahan Jerman dalam PD I

    d. orang Yahudi tidak mau tunduk pada kebijaksanaan Hittler

2. Negara-negara fasis pada umumnya menganut paham chauvinisme, yaitu … .

    a. menganggap dirinya unggul dari ras lainnya

    b. negara di atas segala kepentingan rakyat

    c. menganggap semua bangsa itu sama

    d. memimpikan persatuan seluruh negara di bumi

3. Secara khusus, Perang Dunia II di kawasan Eropa disebabkan oleh … .

    a. terbunuhnya putra mahkota Austria

    b. serangan Jepang terhadap pangkalan Sekutu di Hawai

    c. serangan Jerman terhadap kota Danzig di Polandia

    d. politik mencari kawan di antara negara-negara Eropa

4. Perjanjian San Fransisco berisi antara lain … .

    a. daerah Italia dipersempit

    b. Pulau Kurile dan Sakhalin diserahkan kepada Rusia

    c. Jerman dibagi menjadi dua daerah pendudukan

    d. Jerman harus mengganti kerugian perang

5. Alasan perlawanan rakyat terhadap Jepang adalah kewajiban melakukan seikerei, yaitu … .

    a. wajib menjadi tenaga romusha

    b. mengikuti latihan militer ala Jepang

    c. melakukan penghormatan terhadap Kaisar Jepang

    d. menyerahkan tanaman padi kepada Jepang

6. Berikut ini yang merupakan alasan munculnya perlawanan rakyat Indonesia terhadap Jepang, kecuali … .

    a. adanya penderitaan rakyat akibat kekejaman Jepang

    b. kewajiban melakukan seikerei

    c. kesewenang-wenangan tindakan Jepang

    d. Jepang tidak segera memerdekakan Indonesia

7. Pada masa pemerintahannya di Indonesia, Jepang berusaha mengeksploitasi sumber kekayaan alam Indonesia sebab … .

    a. Indonesia sudah menjadi jajahan Jepang

    b. Jepang khawatir kekayaan alam Indonesia dihabiskan oleh Belanda

    c. Jepang membutuhkan sumber kekayaan alam Indonesia untuk membantu perang Jepang

    d. kebutuhan yang dicari Jepang hanya ada di Indonesia

8. Peristiwa penting yang menandai dimulainya penjajahan Jepang di Indonesia yaitu … .

a. dibomnya pangkalan angkatan laut AS di Pearl Harbour

b. Belanda menyerahkan kepada Jepang dalam Perjanjian Kalijati

c. Jepang masuk ke Indonesia lewat Tarakan

d. dibomnya kota Hiroshima dan Nagasaki

9. Beberapa propaganda awal Jepang untuk menarik hati bangsa Indonesia, kecuali … .

a. mengizinkan menyanyikan lagu Indonesia Raya

b. melarang penggunaan Bahasa Belanda

c. mengizinkan penggunaan bahasa Indonesia

d. memberikan kemerdekaan secara bertahap

10. Heiho dan PETA yang dibentuk pemerintah Jepang mempunyai tugas utama …

a. mempertahankan Indonesia dari serangan musuh

b. membantu Jepang di front pertempuran Asia Pasifik

c. menjaga ketertiban umum

d. memperkuat pasukan Jepang di Indonesia

11. Tujuan yang sebenarnya dari Jepang membentuk organisasi semi militer adalah … .

a. membantu pertahanan bangsa Indonesia menghadapi Belanda

b. mempersiapkan tenaga prajurit untuk membantu Jepang

c. mendidik bangsa Indonesia agar siap jika merdeka kelak

d. menambah kekuatan angkatan perang di negeri Jepang

12. Tugas badan Cuo Sangi In hampir sama dengan badan DPA yaitu … .

a. memeriksa kebijakan-kebijakan yang akan diambil pemerintah Jepang

b. mengadili setiap anggota PETA yang melakukan pemberontakan

c. mengajukan usul dan pertimbangan kepada pemerintah Jepang

d. menyampaikan aspirasi rakyat Indonesia kepada pemerintah Jepang

13. Jepang akhirnya membubarkan Gerakan Tiga A sebab … .

a. Gerakan Tiga A murni bentukan Jepang

b. Gerakan Tiga A tidak bermanfaat bagi bangsa Indonesia

c. Gerakan Tiga A didominasi orang-orang Jepang

d. Gerakan Tiga A tidak mendapat sambutan dari rakyat Indonesia

14. Bagi bangsa Indonesia, Putera bertujuan untuk … .

a. mengerahkan rakyat untuk mengumpulkan padi

b. mempersatukan kekuatan untuk melawan Jepang

c. membangun kembali segala yang telah dirobohkan oleh Belanda

d. menyelidiki kekuatan Jepang dalam Perang Pasifik

15. Alasan Syahrir melakukan perlawanan terhadap Jepang adalah … .

a. Jepang adalah negara fasis

b. Jepang tidak segera memerdekakan Indonesia

c. menolak modernisasi yang dilakukan oleh Jepang

d. penderitaan rakyat yang sangat berat

16. Pernyataan berikut yang benar mengenai stratifikasi sosial masyarakat Jepang, kecuali … .

a. golongan pribumi menempati lapisan paling bawah

b. lapisan paling atas ditempati oleh golongan Jepang

c. Lapisan kedua diduduki oleh golongan pribumi

d. golongan Timur Asing menempati lapisan paling bawah

17. Dampak Perang Dunia II bagi Indonesia antara lain … .

a. pergerakan nasional semakin radikal

b. Indonesia mulai dijajah Jepang

c. Belanda memberikan kemerdekaan kepada jajahannya

d. negara-negara imperialis memberi kemerdekaan kepada jajahannya

18. Untuk menghadapi invasi Jepang di Asia Tenggara, maka pihak Sekutu … .

a. segera memerdekakan tanah jajahannya

b. mengadakan kerja sama dengan sayap kiri Jepang

c. meminta bantuan Amerika Serikat dan Rusia

d. membentuk komando gabungan ABDACOM

19. Pemberontakan PETA di Blitar dapat dikatakan mengalami kegagalan sebab … .

a. persenjataan Jepang lebih modern

b. rencana pemberontakan sudah diketahui oleh Jepang

c. tidak mendapat dukungan dari rakyat

d. persiapan yang kurang matang

20. Aspek mentalitas yang ditimbulkan dari adanya romusha adalah … .

a. desa kehilangan para pemuda dan kaum laki-laki

b. masyarakat pedesaan dihantui oleh ketakutan kolektif

c. terjadi kelaparan dan wabah penyakit

d. ekonomi rakyat mengalami kerusakan

dari buku sekolah. terima kasih okrek.com…. dan dutapulsa juga gambar busana muslim

______________________________________

Latihan soal IPS kelas 9 – dari bank soal untuk menghadapi ujian semester sekolah dan ujian nasional (5)

Latihan soal IPS kelas 9 – dari bank soal untuk menghadapi ujian sekolah (4)

Latihan soal IPS kelas 9 – dari bank soal untuk menghadapi ujian sekolah (3)

Latihan soal IPS kelas 9 – dari bank soal untuk menghadapi ujian sekolah

Kumpulan Soal IPS kelas 9 – dari bank soal untuk menghadapi ujian sekolah

Istilah-sitilah dalam bidang sosial – Untuk diketahui

.

About these ads

11 Responses to “Latihan soal IPS kelas 9 – dari bank soal untuk menghadapi ujian semester sekolah dan ujian nasional (6) (Salah satu tindakan Hittler dalam mengembangkan fasisme…)”

  1. bermanfaat sekali ini pak

    Hi salam kenal just blogwalking doang. main dong ke blog saya

    http://blog.unsri.ac.id/kaskuserr/nais-inpo-gan/mrlist/1234/

    http://blog.unsri.ac.id/kaskuserr/news/mrlist/1233/

    dijamin bikin KETAGIHAN..!!!

    salam

    (^_^)

  2. tidak ada kunci jawabannya yah?

  3. tks,soal-soalnx ya

  4. mana kunci jawabannya tegaaaa xx :(

  5. ehhh mon**” ud enak’ eh mlah gk ad kunci jawabannya!!

  6. parah amat nii forum … udah mah gua gak ngerti tentang sejarah… malah gak di kasih tau kunci jawabannya!!!!!!!!!!!!!!!!!

  7. Kunjungi balik ya gan…

    vento-deco

    Kalau belum 18+ jangan kunjungi…

Trackbacks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.970 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: