Latihan soal IPS kelas 9 – (ciri khas benua…) dari bank soal untuk menghadapi ujian sekolah

1. Berikut ini merupakan ciri khas benua, kecuali … .

a. wilayah daratan luas

b. di bagian tengah memiliki tipe iklim tersendiri

c. terdiri atas banyak negara

d. pengaruh iklim laut tidak mendominasi

2. Berikut ini pernyataan yang tidak benar terkait dengan kondisi sosial di Benua Asia adalah … .

a. keadaan penduduk Asia terdiri atas multiras

b. memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia

c. mayoritas penduduknya memeluk agama nasrani

d. mata pencaharian mayoritas penduduk masih mengandakan sektor pertanian

3. Bentuk wilayah Benua Amerika bersifat meridian yang seolah-olah menghubungkan daerah Kutub Utara dan Kutub Selatan, kondisi demikian menyebabkan … .

a. Benua Amerika memiliki semua jenis iklim matahari

b. Benua Amerika memiliki iklim dingin

c. sebagian besar wilayahnya tertutup salju

d. Benua Amerika memiliki iklim subtropis

4. Berdasarkan kondisi fisik dan variasi iklimnya, maka kemungkinan jenis flora yang berkembang di benua Afrika bagian utara adalah … .

a. hutan hujan tropis

b. hutan kanifer

c. stepa dan kaktus

d. lumut dan sejenis tumbuhan tundra lainnya

6. Secara geografis, daratan Eropa merupakan perpanjangan sebuah Semenanjung di Benua Asia di bagian Barat. Namun demikian, Eropa juga dianggap sebagai benua tersendiri, karena … .

a. Benua Eropa terdiri atas negara-negara maju

b. Benua Eropa mayoritas penduduknya berkulit putih

c. Benua Eropa memiliki perbedaan yang mencolok pada peradaan maupun peranannya dalam sejarah kuno maupun modern

d. daratan Benua Asia sangat luas sehingga wilayahnya perlu dipecah jadi dua bagian

7. Meskipun wilayah Australia sangat luas, namun kepadatan dan persebaran penduduknya sangat tidak merata. Salah satu faktor yang memengaruhi kondisi tersebut adalah … .

a. keadaan alam dan iklim Australia tidak semua layak dan cocok sebagai tempat tinggal penduduk

b. karena persebaran sumber daya alam di Australia tidak merata

c. pemerintah Australia menerapkan kebijakan yang sangat ketat bagi imigran asing yang masuk ke Australia

d. mayoritas penduduk Australia cenderung memilih tinggal di daerah perkotaan

9. Berikut ini adalah negara-negara terkecil di Benua Eropa, kecuali … .

a. Andora                                     c. Vatikan

b. Angola                                     d. San Marino

10. Terusan Suez menghubungkan antara … .

a. Samudra Atlantik dengan Samudra Pasifik

b. Samudra Hindia dengan Laut Mediterania

c. Teluk Persia dengan Laut Mediterania

d. Laut Merah dengan Laut Tengah

11. Kutub Selatan dapat digolongkan sebagai benua, namun Kutub Utara tidak.

Hal ini dikarenakan … .

a. Kutub Utara lebih dingin dari Kutub Selatan

b. Kutub Utara berupa cekungan perairan

c. daratan Kutub Selatan lebih luas

d. Kutub Utara lebih sulit dieksplorasi

12. Benua Asia dan Eropa pada dasarnya menyatu, bentang alam pemisah kedua benua tersebut adalah … .

a. Pegunungan Ural dan Pegunungan Kaukasus

b. Pegunungan Kaukasus dan Danau Kaspia

c. Pegunungan Ural dan Danau Kaspia

d. Pegunungan Ural dan Laut Mediterania

13. Benua yang mempunyai batas wilayah Utara dan Selatan hingga menyentuh lingkar kutub adalah … .

a. Benua Asia c. Benua Afrika

b. Benua Australia d. Benua Amerika

16. Bentang alam gunung dan pegunungan yang ada di kawasan Asia adalah suatu rangkaian jalur gunung berapi. Kondisi tersebut mengakibatkan … .

a. sebagian besar negara kawasan Asia Tenggara beriklim kontinental

b. negara-negara di kawasan Asia Tenggara rawan terjadi bencana vulkanisme

c. negara-negara di kawasan Asia Tenggara rawan terjadi bencana badai siklon

d. negara-negara di kawasan Asia Tenggara kaya bahan mineral

17. Kawasan negara-negara Oceania berada terpisah dari benua karena berada di kawasan samudra yaitu tepatnya Samudra … .

a. Pasifik                           c. Hindia

b. Atlantik                         d. Arktik

18. Wilayah Amerika Selatan di dominasi oleh hutan hujan tropis yang lebat,

bahkan terlebat di dunia. Hal tersebut dikarenakan wilayah Amerika Selatan

memiliki karakteristik berikut ini, kecuali … .

a. didukung oleh iklim tropis yang lembap

b. memiliki curah hujan yang tinggi

c. tanah yang subur khususnya di lembah-lembah sungai besar

d. memiliki daerah pegunungan yang luas

19. Penyebaran penduduk di Afrika sangat tidak merata, ada daerah yang sangat padat dan ada daerah yang sangat jarang. Lembah Sungai Nil merupakan wilayah yang paling padat penduduknya hal ini dikarenakan … .

a. Lembah Sungai Nil merupakan daerah yang sangat subur

b. Lembah Sungai Nil kaya barang tambang

c. Lembah Sungai Nil letaknya strategis

d. Lembah Sungai Nil memiliki sumber daya alam yang melimpah

..

About these ads

23 Komentar to “Latihan soal IPS kelas 9 – (ciri khas benua…) dari bank soal untuk menghadapi ujian sekolah”

  1. no 13 jawabannya apa ya ? lagi ngerjain tugas nih. thanks

  2. 14-19 jawaban-a apa sich? ada PR ne,,,

  3. kalo yg no 7 isinya apa? mohon cepet jawabnya :]

  4. mana kunci jawabannya????

  5. kasih tau kunci jwabnnya dong

  6. mirip kyk di lks q..

  7. no 1 apa isinya ?

  8. Apa jawaban 1-6
    jawab yach???

  9. no 1-19 jawabannya apa.
    makasih sebelumnya.

  10. jawaban 3 4 6 apaya?

  11. kunci jawaban apa
    mohon cepat :)

  12. no 6,7,16,17 dan 19 apa jawabannya ?????
    tolong di jawab ya cepat, ..

  13. kok gak ada kunci jawabannya, lagi butuh nih!

  14. visit blog aku yaa hehe thanks^^ tiaranurpuspitadewi

  15. no 11 apa jawabannya ? penting nih !

  16. apa jawaban no 12?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.971 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: