Sebab-sebab Pengangguran

Angkatan kerja yang berasal dari keluarga yang berpenghasilan menengah ke bawah kesulitan untuk menyekolahkan atau membiayai anaknya. Persyaratan yang diminta oleh perusahaan misalnya adalah pendidikan dan keahlian khusus. Pendidikan dan keahlian khusus tidak dimilikinya karena tidak dapat sekolah maupun pendidikan yang lain. Hal ini yang biasanya tidak diterima dalam kesempatan kerja.

1.      Penduduk relatif banyak sedangkan kesempatan kerja/lapangan kerja relatif rendah

Jumlah penduduk yang cukup tinggi tetapi tidak diimbangai dengan lapangan kerja maka jumlah angkatan kerja tidak semua tertampung dalam dunia kerja.

2.      Pendidikan dan ketrampilan yang erndah

Pendidikan dan ketrampilan yang rendah tidak dibutuhkan oleh pihak badan usaha karena dengan pendidikan yang rendah dan ketramilan yang rendah tidak akan meningkatkan produktifitas kerja dan hasil produksi.

3.      Teknologi yang semakin maju yang belum terimbangi oleh kemampuan manusia

teknologi dan kemampuan yang tinggi begitu cepat tidak diimbangi dengan kemammpuan manusia untuk menguasai maka banyak badan usaha hanya menerima yang mampu mengusai teknologi tersebut. Bagi yang tidak menguasai teknologi tersebut akan tersingkir dalam persaingan kerja.

4.      Pengusaha yang selalu ingin mengejar keuntungan dengan cara melakukan penghematan seperti penerapan rasionalisasi. Pengusaha hanya menerapkan berfikir rasionalis sehingga tenaga kerja dipaksa untuk bekerja seoptimal mungkin untuk mengejar target. Apabila tenaga kerja tidak bekerja sesuai dengan target maka tenaga kerja tersebut tidak diperlukan lagi.

5.      Adanya lapangan kerja yang dipengaruhi oleh musim

Pekerjaan yang dipengaruhi musim dapat menimbulkan penggangguran seperti pertanian, perkebunan. Setelah masa menanam selesai maka banyak tenaga kerja tinggal menunggu hasilnya. Untuk menunggu hasil mereka kebanyakan menganggur dan akan bekerja kembali apabila nanti musim panen telah tiba.

6.      Ketidakstabilan perekonomian, politik dan keamanan Negara.

Kestabialn perekonomian, politik dan keamanan Negara dapat menimbulkan pengangguran. Perekonomian yang lesu. Politik yang tidak menentu dan tidak ada jaminan keamanan menyebabkan para pengusaha akan berfikir untuk melanjutkan usahanya. Dengan keadaan yang tidak menentukan akan menimbulkan kerugian usaha. Untuk menghindari kerugian maka jumlah produk dibatasi atau menutup usahanya, tidak memperluas usahanya. Hal ini akan menimbulkan pengangguran.

……Selengkapnya — KESEMPATAN KERJA.

12 Responses to “Sebab-sebab Pengangguran”

  1. terima kasih banyak artikel ini sangat membantu saia dalam mengerjakan tugas..

    tetapi yang faktor ke-5 itu, menurut saia ada yang terlupakan..
    setelah masa menanam dikerjakan, di selang antara panen itu pasti mereka juga menjaga tanaman mereka. malahan menurut saia yang terpenting malah bagaimana meraawat tanaman mereka itu agar mendapat hasil yang baik di musim panen nanti. jadi mereka masi memiliki pekerjaan saat selang waktu itu. mereka tidak sepenuhnya menganggur.

  2. terima kasih atas infonya..
    sangat bermanfaat. sukses buat dahlanforum.

  3. Dapatkan informasi lowongan kerja terbaru Swasta,BUMN,CPNS di Twitter anda. Semoga dapat membantu, Terima kasih. http :// twitter.com/Info_Low_Kerja

  4. makasii.. mambantu banget

  5. dapatkan informasonya di fb kami lowongan kerja

  6. trima kch ataz iformasix…
    sgat brguna skli bwt qoe

  7. Terima kasih banyak karena Artikel ini sangat membantu Saya dalam menyelesaikan tugas tugas

  8. terimakasih ,,, artikel ya sangat bermanfaat sekali buat saya mengerjakan tugas ,,,, pokoknya top deh ,,,,, aku jdi dapet nilai bagus nih ,,, hehehhee :)

  9. TERIMAKASIH , , , ,

  10. Apa sebab-sebab pengangguran politik,ekonomi,sosial dan budaya

  11. terimakasih atas informasinnya :) GOOD JOB

Trackbacks

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.972 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: