Matematika SD- Melakukan Operasi Hitung Bilangan Bulat Termasuk Penggunaan Sifat-sifatnya, Pembulatan, dan Penaksiran + Contoh soal dari bank soal

Pada bagian ini, kita akan melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya, pembulatan, dan penaksiran.

1. Bilangan Bulat

Bilangan bulat meliputi bilangan bulat positif, bilangan bulat negatif, dan bilangan 0 (nol).

a. Bilangan bulat negatif ialah bilangan bulat yang terletak di sebelah kiri angka 0 (nol).

Bilangan bulat negatif: -1, -2,-3, -4, -5, …

b. Bilangan bulat positif ialah bilangan bulat yang terletak di sebelah kanan angka 0 (nol).

Bilangan bulat positif: 1, 2, 3, 4, 5, …

c. Angka 0 (nol) termasuk bilangan bulat.

Bilangan 0 (nol) tidak positif dan tidak negatif.

Bilangan 0 (nol) adalah bilangan netral.

d. Pada garis bilangan, letak bilangan makin ke kanan makin besar dan makin ke kiri makin kecil.

e. Bilangan bulat meliputi:

Bilangan bulat genap: … , -6, -4, -2, 0, 2, 4, 6, …

Bilangan bulat ganjil: … , -7, -5, -3, -1, 1, 3, 5, 7, …

Bilangan bulat kadang-kadang dinyatakan dengan anak panah.

Contoh soal:

a. Jika kita membilang loncat tiga-tiga dari 5 sampai -7, bilanganbilangan manakah yang disebutkan?

b. Jika kita membilang loncat lima-lima dari 38 sampai -12, bilangan-bilangan bulat negatif manakah yang disebutkan?

c. Jika kita membilang loncat tujuh-tujuh dari -19 sampai 23, bilangan bulat positif terkecil manakah yang disebutkan?

d. Jika kita membilang loncat enam-enam dari 54 sampai -24,

1) apakah semua bilangan yang disebutkan bilangan bulat genap?

2) bilangan bulat negatif manakah yang terkecil disebutkan?

3) bilangan bulat positif terkecil manakah yang disebutkan?

3. Gunakan garis bilangan untuk mengisi soa-soal di bawah ini!

a. n < -5, n bilangan bulat negatif. n = . . . .

b. n > -5, n bilangan bulat negatif. n = . . . .

c. – 8 < n < 8, n bilangan bulat ganjil. n = . . . .

d. -6 < n < 9, n bilangan bulat genap. n = . . . .

e. -10 < n < 10, n bilangan bulat ganjil. n = . . . .

4. Gunakan garis bilangan untuk menjawab soal-soal berikut!

a. 5 satuan sebelah kanan titik -2.

b. 9 satuan sebelah kiri titik 3.

c. 10 satuan sebelah kanan titik -7.

d. 12 satuan sebelah kiri titik 5.

e. 8 satuan sebelah kanan titik -13.

About these ads

10 Responses to “Matematika SD- Melakukan Operasi Hitung Bilangan Bulat Termasuk Penggunaan Sifat-sifatnya, Pembulatan, dan Penaksiran + Contoh soal dari bank soal”

  1. tolong dong kirimin soal cerita operasi hitung bilangan kelas IV SD Buat materi skripsi ni……….. kirim ke Email : elfra61@yahoo.co.id…… makasih sebelumnya…..

  2. Tolong dong bantuin anakku tuk mngerti aturan penaksiran. Spt di bwh ini :
    1. Rp 1.250 ditaksir = ……
    2. Rp 24.250 ditaksir = …..
    3. Rp 125.000 ditaksir = ….
    4. Rp 650.000 ditaksir =…..
    Bagaimana seharusx mngerjakan soal di atas apabila tdk ditentukan pendekatan bilangannya? Atau lbh tepatx bgm sih ketentuan penaksiran kumpulan benda atau harga? Tolong dibalas scepatnya ya.Trims

  3. untuk harga barang lakukan penaksiran keatas bukan yang terdekat. contoh 1.250 = 2000/ 1300, 13.000= 20.000.

Trackbacks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.967 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: