Latihan soal dari buku IPA kelas 7 untuk menghadapi ujian di sekolah dari bank soal

A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar, dengan memberikan tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d!

1. Pengukuran merupakan kegiatan membandingkan suatu besaran yang diukur dengan alat ukur yang digunakan sebagai ….

    a. besaran turunanAnting Kristal Swarovski Kubus AKS08 

    b. satuan

    c. besaran pokok

    d. besaran skalar

2. Panjang meja 1 meter. Satuan besaran yang digunakan pada pernyataan tersebut adalah ….

    a. panjang 

    b. meja

    c. meter

    d. 1 meter

3. Sesuatu yang dapat diukur dan dapat dinyatakan dengan angka disebut ….

    a. satuan 

    b. besaran

    c. pengukuran

    d. nilai

4. Pembanding dalam suatu pengukuran disebut ….

    a. satuan 

    b. besaran

    c. pengukuran

    d. nilai

5. Satuan yang digunakan untuk melakukan pengukuran dengan hasil yang tidak sama untuk orang yang berlainan disebut ….

    a. satuan baku 

    b. satuan internasional

    c. satuan tidak baku

    d. besaran pokok

6. Besaran yang satuannya telah didefinisikan terlebih dahulu disebut ….

    a. besaran turunan 

    b. besaran vektor

    c. besaran skalar

    d. besaran pokok

7. Besaran yang dapat diukur dan memiliki satuan disebut ….

    a. besaran fisika 

    b. besaran pokok

    c. besaran turunan

    d. besaran vector

8. Besaran turunan adalah ….

    a. besaran yang satuannya telah didefinisikan terlebih dahulu 

    b. besaran yang satuannya diperoleh dari besaran fisika

    c. besaran yang satuannya diperoleh dari besaran pokok

    d. besaran yang tidak dapat diukur

9. Berikut ini yang termasuk besaran pokok, yaitu ….

    a. panjang, volume, dan massa 

    b. massa, kecepatan, dan waktu

    c. panjang, massa, dan waktu

    d. suhu, panjang, dan berat

10. Berikut merupakan satuan besaran volume, yaitu ….

    a. m2 

    b. ms-1

    c. kgms-2

    d. m3

11. 1 meter = … cm

    a. 10 

    b. 100

    c. 1.000

    d. 10.000

12. Massa adalah ….

    a. besarnya gaya tarik bumi terhadap benda tersebut 

    b. kuantitas yang terkandung dalam suatu benda

    c. mempunyai nilai sama dengan berat

    d. mendekati massa 1 liter air murni pada suhu 40C

13. Alat ukur panjang yang memiliki tingkat ketelitian 0,01 mm adalah ….

    a. mistar 

    b. jangka sorong

    c. rol meter

    d. mikrometer sekrup

14. Alat ukur panjang yang digunakan untuk mengukur garis tengah bagian luar tabung adalah ….

    a. mistar 

    b. jangka sorong

    c. rol meter

    d. mikrometer sekrup

15. Alat yang digunakan untuk mengukur massa suatu benda adalah ….

    a. jangka sorong 

    b. neraca

    c. mikrometer sekrup

    d. neraca pegas

16. Alat ukur waktu yang biasa dipakai adalah ….

    a. jam pasir 

    b. jam atau stopwatch

    c. jam matahari

    d. jam mainan

17. Alat yang digunakan untuk mengukur suhu ….

    a. barometer 

    b. termometer

    c. alkhohol

    d. air raksa

18. Raksa digunakan untuk mengisi termometer, karena ….

    a. titik didihnya teratur 

    b. pemuaiannya teratur

    c. titik bekunya tinggi

    d. pemuaiannya tidak teratur

19. Titik tetap bawah termometer Celcius ditetapkan dengan cara mencelupkan tabungnya ke dalam ….

    a. larutan garam 

    b. es yang sedang melebur

    c. campuran es dan garam

    d. air yang sedang mendidih

20. Suhu suatu benda 1000C sama dengan ….

    a. 2120

    b. 2730F

    c. 3000F

    d. 3730F

21. Pada termometer Fahrenheit dan Celcius menunjukkan angka yang sama pada suhu ….

    a. 400

    b. – 400C

    c. 350C

    d. – 350C

22. Pengukuran langsung untuk menentukan kecepatan sepeda motor yang sedang melaju digunakan ….

    a. rol meter untuk mengukur jarak tempuh 

    b. stopwatch untuk mengukur waktu tempuh

    c. spidometer

    d. avometer

23. Pengukuran volume suatu benda yang bentuknya teratur digunakan ….

    a. gelas ukur 

    b. gelas berpancuran

    c. rumus

    d. sebuah gelas ukur dan gelas berpancuran

24. Sebuah balok memiliki panjang 10 cm, lebar 5 cm dan tinggi 0,5 cm.

Volume balok tersebut sebesar ….

    a. 250 cm3 

    b. 25 cm3

    c. 20 cm3

    d. 2,5 cm3

25. Pengukuran volume benda yang bentuknya tidak teratur dapat digunakan ….

    a. rumus 

    b. gelas ukur

    c. neraca

    d. neraca pegas

-

B. Isilah titik–titik di bawah ini!

1. Pembanding dalam suatu pengukuran disebut ….

2. Satuan yang digunakan untuk melakukan pengukuran dengan hasil yang sama untuk semua orang disebut ….

3. Meter, kilogram, sekon disebut satuan ….

4. Satu meter standar sama dengan jarak yang ditempuh oleh cahaya dalam ruang hampa pada selang waktu ….

5. Satu sekon standar adalah waktu yang diperlukan oleh atom … untuk bergetar sebanyak ….

6. Jangka sorong memiliki nonius, yaitu skala yang mempunyai panjang ….

7. Termometer dibuat berdasarkan prinsip ….

8. Titik tetap bawah dan titik tetap atas celcius adalah … dan ….

9. Air raksa digunakan sebagai pengisi termometer, karena ….

10. Ukuran derajaf panas suatu benda disebut ….

11. Alat yang digunakan untuk mengukur derajat panas suatu benda adalah….

12. Bagian penting yang terdapat pada jangka sorong adalah … dan ….

13. Jenis neraca yang biasa dipakai adalah neraca … dan neraca ….

14. Pengukuran besaran turunan dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu secara … dan ….

15. Volume benda yang bentuknya tidak teratur dapat diukur dengan menggunakan … dan ….

-

C. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan tepat!

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pengukuran!

2. Sebutkan yang termasuk besaran pokok! (3 saja)!

3. Sebutkan yang termasuk besaran turunan! (3 saja)!

4. Sebutkan tiga syarat yang harus dimiliki oleh sebuah satuan!

5. Jelaskan apa yang dimaksud satu kilogram standar!

6. Sebutkan alat ukur panjang!

7. Sebutkan alat ukur massa!

8. Sebutkan alat ukur waktu!

9. Sebutkan macam–macam zat yang digunakan dalam termometer!

10. Sebutkan beberapa termometer berdasarkan penggunaannya!

11. Sebutkan dua macam keuntungan dan kerugian air raksa sebagai pengisi termometer!

12. Ubah suhu berikut ini ke dalam derajat reamur!

    a. 800C 

    b. 600C

13. Sebutkan dasar pengambilan titik tetap atas 1000C pada termometer Celcius!

14. Sebuah balok memiliki panjang 20 cm, lebar 5 cm dan lebar 0,5 cm.

Berapa volume balok tersebut?

15. Sebuah benda berbentuk kubus, dengan panjang sisi–sisinya 10 cm.

Berapa volume benda tersebut?

About these ads

38 Responses to “Latihan soal dari buku IPA kelas 7 untuk menghadapi ujian di sekolah dari bank soal”

  1. jawabannya mana????

  2. pliizz … ksih jawaban .. cz di soal itu jg ada soal yg ada di buku ku …

    Pliiszzzzzzzzz

  3. klu buat meriksanya gimana?
    gembel tai bego yang bikin masa meriksanya gak ada trus kalau mau di isi gimana bego bangget yg bikin bego!

  4. i like this, tapi aku pusing siapa yah yang mau ngecek?

  5. apa susahnya ksih jawaban

  6. Ada Kunci Jawabannya ??

  7. kalau mau ngecek jawabannya gimana??
    susah donk??

    :(

  8. Jawabanny mana nihh? percuma donk kalo jwb trus mw ngecek tapi gk ad jwbnny!
    soal2ny tmbah lagi yahh?
    thanks,.

  9. soalnya ditambah lagie yak!!…..
    thankz,. :)

  10. mana jwban.a???..nntie nggx tau bner slah.a do00nnnkk???
    kasih yha jwaban.a??? pleese biar bsa buat study…

  11. jawabannya mana…? d mna klo ngcek jwbnnya….?

  12. tolong ksh jawaban dan pembahasanya dong biar bisa di koreksi

  13. jawabannya mana?

  14. jawabannya maaaaaaaaannnnnnnnnnnnnaaaaaaaaaaaaaaaa

  15. jawabannya mana…..????????????????????

  16. jawabannya mana

  17. jawabanya enak sekali loooooo,mana ada yg payah!

  18. saya mau jawabannya donk !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  19. pusink :’)

  20. woy gmn ngeceknya masa guru w yang gecek ????

  21. thx ni dah paling bermutu jadi siap nihh (y)

  22. jawabannya
    mana kk

  23. Kasih jawaban dan pembahasannya Dongg buat koreksinihhhhhhhhjhhhjhhhjjj

  24. kok gk ada jwban nya????

  25. kasih jawaban nya dongs !!
    soalny ini mau di pelajari lagi ,, supaya klo UN sudah bisa -_-

  26. SANGAT PARAH TIDAK ADA JAWABAN NYA !!!

  27. mana jawabannya??? perlu nih..!!!!!

  28. ko gak ada jawabanya sih padahal soalnya sama kaya di buku aQ

  29. soal inin cukup membantuku blajar…. :)

    NB : kunci jawabanya mana??? :O :O

Lacak Balik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.955 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: