BIBIT LELE UNGGUL Temuan Siswa SMK Negeri 1 Sukorambi Jember

Menjelang akhir tahun 2011 ini, SMKN 1 Sukorambi Jember kembali mendapatkan pujian. Ini karena, sekolah tersebut berhasil meraih prestasi yang cukup spektakuler atas pengembangan inovasi genetika perikanan hasil persilangan antara jenis lele Afrika dan lele Python.

Pengembangan inovasi baru ini cukup menakjubkan karena hasil yang diperoleh berbeda dengan jenis ikan lele pada umumnya, khususnya pada warna kulitnya yang cenderung berbintik-bintik dan ini merupakan satu-satunya di Indonesia. Sehingga dari temuan baru yang diusung pada acara pameran inovasi teknologi SMK se Indonesia di Mataram Nusa Tenggara Barat ini, SMKN 1 Sukorambi banyak mendapat dukungan dan ucapan selamat dari Direktorat PSMK Departemen Pendidikan Nasioanal dan berharap pada sekolah lain untuk melakukan langkah yang sama.

Kepala SMKN 1 Sukorambi Jember, Drs Rinoto MM mengatakan, jenis ikan lele hasil persilangan dua indukan lele Afrika dengan lele Python itu merupakan karya besar yang dilakoni langsung oleh guru dan siswa. Karya besar ini tidak lepas dari keuletan dari para guru dan siswa untuk selalu berinovasi dan berimprovisasi di sector perikanan yang hasilnya dapat dipersembahkan untuk peningkatan budidaya perikanan sekaligus untuk kesejahteraan masyarakat.

“Karena hal ini merupakan temuan baru dengan standar teknisi tingkat pertumbuhan lebih cepat dari pada lele yang lain. Dalam waktu dekat ini akan dihakpatenkan kepada pemerintah, agar temuan itu tidak disalahgunakan oleh elemen lain,” tandasnya.

Mengenai nama untuk lele varietas baru hasil temuannya yang belum diberi nama itu, Rinoto menyatakan, pihak sekolah saat ini tengah berusaha mencari nama yang tepat sebagai bentuk aplikasi hebat dari para guru dan siswa yang telah bekerja secara serius. Dia juga berharap, kegiatan pengkajian dan penelitian untuk temuan-temuan seperti itu bisa lebih diintensifkan, tidak hanya pada jenis ikan lele, tapi pada ikan jenis yang lain.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Hubungan Kemasyarakatan, Ir Rudy Nur Buana, M.Si, menambahkan, ikan lele hasil persilangan yang berhasil dikembangkan memiliki keunggulan yang berbeda dengan lele pada umumnya. Diantaranya daya tetas mencapai 95%, tingkat pertumbuhan lebih cepat yang bisa panen dalam waktu kurang lebih 3 bulan mulai dari telur menetas.

Ketua Jurusan Agribisnis Perikanan SMKN 1 Sukorambi Jember, Moh Sholeh, mempredikasi bibit baru lele hasil inovasi SMKN 1 Sukorambi, akan memenuhi pasokan pasar ikan segar. Mengingat 1 pasang indukan ikan lele mampu menghasilkan sekitar 50 ribu anakan atau benih.

Sementara Plt Kabag Humas Pemkab Jember, Drs Joko Soponjono, M.Si, mengungkapkan rasa kagumnya atas upaya yang dilakukan SMKN I Sukorambi. Hasil inovasi seperti ini kata Joko, sebisa mungkin terus dikembangkan ke jenis ikan yang lain.

Sehingga dengan langkah seperti ini, Kabupaten Jember pada masa yang akan datang, bisa menjadi sentra pengembangan ikan untuk konsumsi. “Ini sangat membanggakan dan menguntungkan masyarakat, terutama petani ikan, karena dengan varietas baru ini, peluang petani untuk mendapatkan keuntungan akan semakin terbuka,” (mc_humas/pemkab).

Lele Unggul Hasil Persilangan Itu Belum Punya Nama

Satu lagi bukti kemampuan sekolah kejuruan untuk bersaing ditunjukkan SMKN 1 Sukorambi Jember.Sekolah tersebut berhasil mengembangkan inovasi genetika perikanan dengan persilangan antara jenis Lele Afrika dan Lele Python.

Pengembangan inovasi baru ini cukup menakjubkan karena hasil yang diperoleh berbeda dengan jenis ikan lele pada umumnya,khususnya warna kulit yang berbintikbintik. Ini merupakan satu-satunya di Indonesia. Itu sebabnya,hasil inovasi tersebut dibawa ke pameran inovasi teknologi SMK se-Indonesia di Mataram Nusa Tenggara Barat.Dalam acara tersebut, SMKN 1 Sukorambi banyak mendapat dukungan dan ucapan selamat dari Direktorat PSMK Kementerian Pendidikan Nasioanal.

Kepala SMKN 1 Sukorambi Rinoto menjelaskan,lele hasil persilangan dua indukan, yaitu lele Afrika dengan lele Python itu merupakan karya besar guru dan siswa.Hasil ini tak lepas dari keuletan dari para guru dan siswa untuk selalu berinovasi dan berimprovisasi di sektor perikanan yang hasilnya dapat dipersembahkan untuk peningkatan budidaya perikanan sekaligus untuk kesejahteraan masyarakat.

”Ini merupakan temuan baru dengan standar teknis tingkat pertumbuhannya lebih cepat dari pada lele unggulan yang lain.Dalam waktu dekat, ini akan dihak patenkan kepada pemerintah,agar temuan itu tidak disalahgunakan oleh pihak lain,”kata Rinoto. Saat ini,SMKN 1 Sukorambi belum memberi nama atas lele varietas baru tersebut.Rinoto mengatakan,sekolah saat ini tengah berusaha mencari nama yang tepat.

Dia berharap,kegiatan pengkajian dan penelitian untuk temuan-temuan seperti itu bisa lebih diintensifkan, tak hanya pada jenis lele, tapi pada ikan jenis yang lain. Wakil Kepala Sekolah Bidang Hubungan Kemasyarakatan Rudy Nur Buana menambahkan,ikan lele hasil persilangan yang berhasil dikembangkan itu memiliki keunggulan yang berbeda dengan lele pada umumnya.

”Daya tetasnya bisa mencapai 95%,tingkat pertumbuhan lebih cepat yang bisa panen dalam waktu kurang lebih 3 bulan mulai dari telur menetas,”terang Rudy. Ketua Jurusan Agribisnis Perikanan SMKN 1 Sukorambi Moh Sholeh mempredikasi bibit baru lele hasil inovasi ini akan mampu memenuhi pasokan pasar ikan segar.Mengingat 1 pasang indukan ikan lele mampu menghasilkan sekitar 50 ribu anakan atau benih.

”Ke depan Jember bisa menjadi potensi masa yang akan datang untuk sentra pengembangan ikan konsumsi. Ini sangat membanggakan dan menguntungkan masyarakat, terutama petani ikan,karena dengan varietas baru ini,peluang petani untuk mendapatkan keuntungan akan semakin terbuka,”kata Sholeh. P JULIATMOKO Jember

About these ads

38 Responses to “BIBIT LELE UNGGUL Temuan Siswa SMK Negeri 1 Sukorambi Jember”

  1. Luar biasa dan salut buat temen2 smk negeri 1 sukorambi, semakin mewarnai geliat bisnis pengembangan lele khususnya untuk daerah jawa timur. Kalau boleh tahu apakah penemuan ini sudah tersedia bibitnya? jika sudah ada mohon bisa dikonfirmasikan. trims

  2. Salam sukses selalu,,, saya salah satu pembudidaya lele di sulteng, mau nanya nih kapan kira2 bibit siap di pasarkan. Kalaw sudah ada tolong di konfirmasikan.

  3. mohon info tempat pembelian bibit

  4. Mohon info tempat pemesanan bibit lele temuan baru.HP : 0852657*** ( SMS)

  5. Alhamdulillaah, Atas izin- Nya kalian telah Alloh limpahkan Karunia-Nya berupa pemikiran dan karya yang cerdas hingga berhasil , SELAMAT ,!! apa sudah diteliti pula soal kandungan gizinya ? saya juga tertarik ingin membeli bibitnya, bagaimana ya itungannya ? per ekor atau per kilogram ? berapa rupiahnya . Bagaimana pula cara pembeliannya ? ( saya yang datang atau bisa dikirim ) saya dari semarang. Terimakasih.
    KOMENTAR : mestinya universitas negeri ( yang punya sebutan universitas riset ) harus malu dong !, karena keduluan oleh adik2 yang jauh dibawah tingkat pendidikannya- semoga merupakan cambuk ! untuk penemuan2 yang lebih spektakuler.

    • Seperti kata Yuli juga, bahwa penemuan seperti itu adalah karena karunia Allah, jadi tidak tergantung tingkat pendidikan.
      Kalau kita terus mencoba, insyaAllah kita akan berhasil memberikan sumbangan untuk penemuaan yang berguna.

  6. kapan lele hasil persilangan itu dikomersilkan…?

  7. Tlong info almt pemesanan bibit lele unggul terbaru……HP 08533003***

  8. Wah hebat nih.
    Mohon konfirmasinya jika benih siap dipasarkan. Salam sukses
    Trims

  9. apakah lele afrika itu lele jenis masamo yg digunakan.?kalo iya brarti sy jg sdh pnya hasil trial persilangannya,memang bagus,tapi msh punya kelemahan jenis persilangan ini.trmksh
    -maylana diyan-supervisor masamo hatchery

  10. Terus berinovasi menuju masa depan yg lebih cerah.

  11. mohon informasi pembelian sepasang lele yang siap bertelur. 08772924***

  12. Salam Super…!!!
    moGa cPt brKmbang tRz bwt adiK2… kLs!!!

    Dr: Bayyou BoyRockerz alumni angkatan 2009
    Perikanan SMKN 1 Sukorambi

  13. Aku bangga jadi anak SMK 1 Sukorambi Jember.
    Dari : anak THP 1 (Yang khas dengan bahasa jepang nya).
    Arigato Gozaimasu.

  14. 669
    Aku punya kelompok budi daya ikan lele,jadi sangat perlu Varietas baru jadi klo dah siap jual hub aku 08129948***

  15. UD. **** LELE

    Kami petani lele dari Sleman-Yogyakarta yang sudah berpengalaman. Kami menjual induk dan bibit lele sangkuriang berbagai ukuran. Melayani pengiriman keluar kota dan luar pulau. Alamat : Jl. Kaliurang Km *** Sleman-Yogyakarta.
    Bibit lele yang kami hasilkan adalah bibit lele berkualitas tinggi, telah terbukti dengan penanganan yang baik dan benar bibit lele hasil dari produksi kami dapat berkembang dengan baik dan cepat pertumbuhannya. Berikut kami informasikan data dari tempat usaha pembibitan lele kami :
    Jenis : Sangkuriang (Sertifikat SKAI)
    Sistem : Intensif.
    Pemijahan : Alami.
    Sumber air : Air tanah / sumur.
    Kolam : Terpal dan semen
    Pakan : Cacing sutra.
    Pengangkutan:Dikemas dlm kotak styrofoam penahan panas, tahan sampai 17 jam.
    Kota tujuan : Kalimantan,Papua,Bali,NTB,NTT,Sulawesi,Maluku,Sumatra,Kepri.
    Kapasitas pengiriman :
    UKURAN : KAPASITAS / Ekor / BOX :
    2-2 cm : 15.000.
    2-3 cm : 8.000.
    3-4 cm : 7.000.
    3-5 cm : 5.000.
    4-6 cm : 4.000
    5-7 cm : 3.000
    Induk : 15.
    Untuk informasi harga murah berkualitas dan konsultasi teknik budidaya silahkan contak person Andy 08575356**** / 08122735***, kunjungi blog kami di *benih.blogspot atau datang langsung ke lokasi pembibitan kami di Jl.Kaliurang Km *** Sleman-Yogyakarta . Kami memberikan garansi ikan selamat sampai ke tujuan.
    Datang….Lihat dan tentukan keputusan yang terbaik bagi anda…..

  16. Indukan nya udah ada apa belum?? Klo ada harga berapa yah?? TRims.. Maju terus SMKN ! Sukorambi :)

  17. bisa beli bibit atau indukan gak. saya d madiun ni. bisa d antar gak. tolong infonya .terima kasih

  18. Yang ini siswa SMK mendukung agrobisnis yang masuk akal, bukan industri yang jarak tempuhnya masih jauh. Majulah Jember !

  19. Kenapa pertanyaan maylana diatas mengenai apakah lele Afrika itu jenis Masamo tidak terjawab,?Jika berjiwa pencari ilmu seharusnya dijawab dan dicari tau lebih tentang kelemahannya,jangan keburu berbesar kepala,karena sy yakin Maylana lebih dulu menemukan varietas silangan baru ini dari pada kalian,terus maju dan jangan mudah bepuas diri.

  20. Reblogged this on pomponcityindah .

  21. saya ingin mencoba bibit lele yang baru..adik saya alumni SMKN 1 sukorambi…kmrn qcoba tanya ke siswa smkn1 katanya blm dijual bibitnya..yang mana yang benar..jk bs kbri sya Surya 08523261****..bth segera

  22. Saya kepengen sekali tau bgm membudidayakan ikan lele apalagi sampai bisa diciptakan varietes yg baru… Saya salut kapan ya ilmu bgt dapat dibagi… Thanks

  23. benihny sdh smpe jogja blum?

  24. Maju terus Agribisnis Perikanan SMKN 1 sukorambi

    Mohammad Jamal tahun 2013

Trackbacks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.967 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: