2009/11/10

Tips-trik Windows – Optimalisasi Boot Disk

Tips-trik Windows
Optimalisasi Boot Disk

Windows memiliki fitur untuk secara otomatis mengoptimalkan boot disk setiap booting jika dirasa diperlukan oleh system. Fitur ini bisa anda set agar aktif atau non aktif, tapi sebaiknya anda buat fitur ini aktif agar proses booting anda jadi lebih cepat dan komputer menjadi optimal.
Langkah yang harus dilakukan adalah melalui registry.

1. Pada menu [star] klik [run] ketikan “regedit” (tanpa tanda kutip”)
2. Masuk pada sub key:
HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREMicrosoftDfrgBootOpt imizeFunction.
3. Pada tabel sebelah kanan, klik kanan kemudian pilih [New] > [String Value] dan beri nama Enable atau
cukup klik ganda saja jika String Value tersebut sudah ada.
4. Isikan nillinya dengan Y jika ingin mengaktifkan fitur, atau N untuk me-nonaktifkan fitur.
5. Tutup jendela Regedit kemudian restart komputer anda untuk mengaktifkan hasilnya.

ingin memberikan welcome message saat memasuki jendela log on ?
Langkahnya :

1. Klik Start -> Run
2. Ketik “regedit” tanpa tanda kutip, lalu OK
3. Masuk ke bagian HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREMicrosoftWindows NTCurrentVersionWinLogon
4. Buat entry baru dengan mengklik kanan lalu pilih New -> String Value. Beri nama “LegalNoticeCaption”. Klik ganda, dan isilah Value data dengan 1.
5. Buat entry baru lagi dengan nama “LegalNoticeText” dengan cara sama. Isi value data dengan teks yang ingin ditampilkan saat log on. Tutup registry editor.
6. Restart atau log off.

Tips Mempercepat Kinerja Windows
Salah satu cara mempercepat kinerja windows adalah Mempercepat Performa Swapfile.

Mempercepat Performa Swapfile
Jika anda memiliki ram lebih besar dari 256MB bisa dibilang tweaking yg ini akan membuat sistem anda berjalan lebih cepat. Tweaking ini pada dasarnya PC kita mengunakan setiap byte dari memori fisik yg terpasang di komputer kita, SEBELUM mengunakan swap file.
1. Start>Run
2. "msconfig">ok
3. Klik tab System.ini
4. Klik tanda plus pada tab 386enh
5. Klik kotak new kemudian ketik "ConservativeSwapfileUsage=1"
6. Klik OK
7. Restart

TIPS MEMPERCEPAT LOADING PROGRAM.
Tweaking ini bisa berjalan untuk sebagian besar program. Jika program tidak mau loading seperti yg diharapkan, silahkan aja dikembalikan ke setting semula.
1. Klik kanan pada icon/shortcut yg berkaitan dengan program.
2. properties
3. Pada kotak ‘target’, tambahkan ‘ /prefetch:1′ diakhir kalimat.
4. Klik "Ok"

gampang kan, Program akan loading lebih cepat.

Semoga bermanfaat…

2009/11/09

Cara Cepat dan Tepat Ngetik 10 Jari

Semakin hari dunia teknologi semakin canggih, maju dan berkembang begitu pesatnya. Mau tidak mau kita harus mengikuti kemajuan teknologi tersebut, yang pada inti dasarnya, setidaknya kita mengenal komputer dan bisa mengoperasikannya. Dapat kita lihat dilapangan, bahwa ilmu komputer sangat dibutuhkan dalam berbagai bidang, dan sudah banyak terjadi disekeliling kita, baik perusahaan-perusahaan besar sampe perusahaan kecil pun sudah memanfaatkan teknologi komputer.

Saya sering menjumpai para pekerja yang menggunakan jasa komputer dalam mengoperasikannya, khususnya untuk pengetikan, masih banyak menggunakan 11 jari (nyindir =P). menurut saya, seseorang yang sudah mahir mengetik dengan 11 jari kalo dibandingkan dengan orang yang memakai 10 jari (belum terlalu mahir), hasilnya jauh lebih baik orang yang kedua.

Mengetik dengan 10 (sepuluh) jari pastinya dambaan setiap orang, karena selain mempercepat kinerja kita, ngetik 10 (sepuluh) jari juga sangat efektif, karena tidak harus fokus melihat keyboard. kita bisa ngetik sambil ngobrol misalnya, enjoy sambil dengerin musik sambil bantuin atau ikutan nyanyi, de-el-el.

Dalam pengetikan 10 (sepuluh) jari, secara otomatis kita akan mengetahui kalo jari-jari kita melakukan kesalahan, “menekan tombol bukan jatahnya” meskipun kita tidak melihat pada keyboard dan bahkan layar monitor.Ini dikarenakan tangan, hati, pikiran, dan keyboard telah menyatu. nah trus gimana untuk melakukan hal tersebut?

Caranya sangat mudah, sekarang anda coba raba-raba setiap huruf pada keyboard, kemudian rasakan apakah ada perbedaan antara huruf “F” dan “J” dengan huruf-huruf yang lain? Kalo anda merasakan ada perbedaan, berarti anda telah menemukan kuncinya. Kalo belum merasakan perbedaannya, berarti keyboard anda sudah 20 tahun belum ganti2, hehehehehheeee….,,,
trus gimana dunx cara untuk membuka kunci tersebut?.

Caranya :
Pada keyboard, antara huruf “F” dan “J” di design secara berbeda, (walah bahasanya?) yaitu terdapat jendolan atau pentolan atau apa ya bahasanya yang enak di dengar, atau …… benjolan aja dah. Nah itu maksudnya alias fungsinya, sebagai pondasi atau patokan dimana jari2 tangan kita tetap stand by, dan yang mendapatkan jatah untuk huruf “F” dan “J” adalah jari telunjuk. Kalo jari telunjuk keluar dari jatahnya baik ke kiri atau ke kanan satu langkah pun, maka kesalahan yang anda dapatkan.

Selanjutnya, untuk jatah jari-jari yang lain, misalnya tangan kiri, adalah 3 (tiga) huruf sebelum huruf “F” dan jari-jari tangan kanan yaitu sesudah huruf “J”. sedang untuk gerak-gerik jari-jari kedua tangan adalah ke arah kiri. sebagai contoh, jatah jari kelingking adalah huruf “Q, A, Z” dan begitu juga jari-jari yang lain.

Untuk penggunaan spasi sangat di anjurkan dengan menggunakan ibu jari.
sedangkan angka atau nomor pada keyboard “sebelah kanan” nomor yang ada jendolannya adalah nomor 5, dan di jatahkan untuk jari tengah, dan gerak-gerik jari ke arah atas dan bawah.

catatan :
setiap jari-jari anda keluar dari jatahnya, langkah yang paling tepat adalah cari benjolan atau huruf “F” dan “J” untuk jari telunjuk.
geser satu huruf saja jari anda keluar dari jatahnya, akan mengakibatkan kesalahan yang fatal “sadis banget” hehhheee…..,
misalnya, anda mau mengetik kata “JASA” tetapi jari telunjuk pada tangan kiri geser satu langkah yaitu di huruf “G” maka hasilnya “JSDS”. tuh kan fatal?.

Selamat mencoba. ^^V

Oh yah tidak lupa tips ini dibuat oleh ahoxchunx

2009/11/09

Latihan soal IPS kelas 9 – dari bank soal untuk menghadapi ujian sekolah (2)

1. Salah satu tindakan Hittler dalam mengembangkan fasisme adalah membunuh dan mengusir orang-orang Yahudi. Alasan tindakan Hittler adalah … .

a. orang Yahudi menguasai perekonomian Jerman

b. Adolf Hittler sangat membenci orang Yahudi

c. orang Yahudi dianggap sebagai biang kekalahan Jerman dalam PD I

d. orang Yahudi tidak mau tunduk pada kebijaksanaan Hittler

2. Negara-negara fasis pada umumnya menganut paham chauvinisme, yaitu … .

a. menganggap dirinya unggul dari ras lainnya

b. negara di atas segala kepentingan rakyat

c. menganggap semua bangsa itu sama

d. memimpikan persatuan seluruh negara di bumi

3. Secara khusus, Perang Dunia II di kawasan Eropa disebabkan oleh … .

a. terbunuhnya putra mahkota Austria

b. serangan Jepang terhadap pangkalan Sekutu di Hawai

c. serangan Jerman terhadap kota Danzig di Polandia

d. politik mencari kawan di antara negara-negara Eropa

4. Perjanjian San Fransisco berisi antara lain … .

a. daerah Italia dipersempit

b. Pulau Kurile dan Sakhalin diserahkan kepada Rusia

c. Jerman dibagi menjadi dua daerah pendudukan

d. Jerman harus mengganti kerugian perang

5. Alasan perlawanan rakyat terhadap Jepang adalah kewajiban melakukan seikerei, yaitu … .

a. wajib menjadi tenaga romusha

b. mengikuti latihan militer ala Jepang

c. melakukan penghormatan terhadap Kaisar Jepang

d. menyerahkan tanaman padi kepada Jepang

6. Berikut ini yang merupakan alasan munculnya perlawanan rakyat Indonesia terhadap Jepang, kecuali … .

a. adanya penderitaan rakyat akibat kekejaman Jepang

b. kewajiban melakukan seikerei

c. kesewenang-wenangan tindakan Jepang

d. Jepang tidak segera memerdekakan Indonesia

7. Pada masa pemerintahannya di Indonesia, Jepang berusaha mengeksploitasi sumber kekayaan alam Indonesia sebab … .

a. Indonesia sudah menjadi jajahan Jepang

b. Jepang khawatir kekayaan alam Indonesia dihabiskan oleh Belanda

c. Jepang membutuhkan sumber kekayaan alam Indonesia untuk membantu perang Jepang

d. kebutuhan yang dicari Jepang hanya ada di Indonesia

8. Peristiwa penting yang menandai dimulainya penjajahan Jepang di Indonesia yaitu … .

a. dibomnya pangkalan angkatan laut AS di Pearl Harbour

b. Belanda menyerahkan kepada Jepang dalam Perjanjian Kalijati

c. Jepang masuk ke Indonesia lewat Tarakan

d. dibomnya kota Hiroshima dan Nagasaki

9. Beberapa propaganda awal Jepang untuk menarik hati bangsa Indonesia, kecuali … .

a. mengizinkan menyanyikan lagu Indonesia Raya

b. melarang penggunaan Bahasa Belanda

c. mengizinkan penggunaan bahasa Indonesia

d. memberikan kemerdekaan secara bertahap

10. Heiho dan PETA yang dibentuk pemerintah Jepang mempunyai tugas utama …

a. mempertahankan Indonesia dari serangan musuh

b. membantu Jepang di front pertempuran Asia Pasifik

c. menjaga ketertiban umum

d. memperkuat pasukan Jepang di Indonesia

11. Tujuan yang sebenarnya dari Jepang membentuk organisasi semi militer adalah … .

a. membantu pertahanan bangsa Indonesia menghadapi Belanda

b. mempersiapkan tenaga prajurit untuk membantu Jepang

c. mendidik bangsa Indonesia agar siap jika merdeka kelak

d. menambah kekuatan angkatan perang di negeri Jepang

12. Tugas badan Cuo Sangi In hampir sama dengan badan DPA yaitu … .

a. memeriksa kebijakan-kebijakan yang akan diambil pemerintah Jepang

b. mengadili setiap anggota PETA yang melakukan pemberontakan

c. mengajukan usul dan pertimbangan kepada pemerintah Jepang

d. menyampaikan aspirasi rakyat Indonesia kepada pemerintah Jepang

13. Jepang akhirnya membubarkan Gerakan Tiga A sebab … .

a. Gerakan Tiga A murni bentukan Jepang

b. Gerakan Tiga A tidak bermanfaat bagi bangsa Indonesia

c. Gerakan Tiga A didominasi orang-orang Jepang

d. Gerakan Tiga A tidak mendapat sambutan dari rakyat Indonesia

14. Bagi bangsa Indonesia, Putera bertujuan untuk … .

a. mengerahkan rakyat untuk mengumpulkan padi

b. mempersatukan kekuatan untuk melawan Jepang

c. membangun kembali segala yang telah dirobohkan oleh Belanda

d. menyelidiki kekuatan Jepang dalam Perang Pasifik

15. Alasan Syahrir melakukan perlawanan terhadap Jepang adalah … .

a. Jepang adalah negara fasis

b. Jepang tidak segera memerdekakan Indonesia

c. menolak modernisasi yang dilakukan oleh Jepang

d. penderitaan rakyat yang sangat berat

16. Pernyataan berikut yang benar mengenai stratifikasi sosial masyarakat Jepang, kecuali … .

a. golongan pribumi menempati lapisan paling bawah

b. lapisan paling atas ditempati oleh golongan Jepang

c. Lapisan kedua diduduki oleh golongan pribumi

d. golongan Timur Asing menempati lapisan paling bawah

17. Dampak Perang Dunia II bagi Indonesia antara lain … .

a. pergerakan nasional semakin radikal

b. Indonesia mulai dijajah Jepang

c. Belanda memberikan kemerdekaan kepada jajahannya

d. negara-negara imperialis memberi kemerdekaan kepada jajahannya

18. Untuk menghadapi invasi Jepang di Asia Tenggara, maka pihak Sekutu … .

a. segera memerdekakan tanah jajahannya

b. mengadakan kerja sama dengan sayap kiri Jepang

c. meminta bantuan Amerika Serikat dan Rusia

d. membentuk komando gabungan ABDACOM

19. Pemberontakan PETA di Blitar dapat dikatakan mengalami kegagalan sebab … .

a. persenjataan Jepang lebih modern

b. rencana pemberontakan sudah diketahui oleh Jepang

c. tidak mendapat dukungan dari rakyat

d. persiapan yang kurang matang

20. Aspek mentalitas yang ditimbulkan dari adanya romusha adalah … .

a. desa kehilangan para pemuda dan kaum laki-laki

b. masyarakat pedesaan dihantui oleh ketakutan kolektif

c. terjadi kelaparan dan wabah penyakit

d. ekonomi rakyat mengalami kerusakan

Latihan sebelumnya:

- Latihan soal IPS kelas 9 – dari bank soal untuk menghadapi ujian sekolah

dari buku sekolah..

 

.

2009/11/08

INFO: REUNI POSITIF TANGGAL 29 NOVEMBER 2009

Dwi Cahyo Widodo mengirim pesan kepada anggota STM PERKAPALAN SIDOARJO (ALUMNI).

Subjek: INFO: REUNI POSITIF TANGGAL 29 NOVEMBER 2009

BUAT ALUMNUS STM PERKAPALN SIDOARJO:

REUNI STM PERKAPALAN SIDOARJO DIPASTIKAN AKAN DILAKSANAKAN

<h1>TANGGAL 29 NOVEMBER 2009.</h1>

REUNI INI MENGUNDANG SEMUA ANGKATAN STM PERKALAN SIDOARJO MULAI STM PERKALAN SIDOARJO SAMPAI ALUMNI TERAKHIR 2009 INI.

KARENA WAKTU SEMAKIN SEMPIT DAN PANITIA HARUS MENYIAPKAN SARANA DAN PRASARANA. MAKA DI HARAPKAN DENGAN KESUNGGUHAN HATI TEMAN TEMAN STM PERKAPALAN SIDOARJO SECEPATNYA MENGIRIMKAN DANA . TANPA DUKUNGAN TEMAN TEMAN REUNI INI TIDAK AKAN BERJALAN DENGAN LANCAR.

REKENING REUNI AKBAR 2009:
BCA KCP MULYOSARI
<h1>no Rek : 3890384039</h1>
A/N DENI RAFIDEVI ARYSANTI

guna kelancaran dalam donasi dan registrasi diharapkan kepada semua rekan-rekan yang telah melakukan sistem transfer harap menghubungi contact person :
1. Haqi : 081357042487 (TLK/Angkatan 4)
2. Ali : 03170743472 (TLK/Angkatan 6)

WAKTU KITA SEMAKIN MENDESAK…. DENGAN SEGALA KERENDAHAN HATI. MULAI DATANGNYA PESAN INI KAMI MINTA KESADARAN TEMAN TEMAN UNTUK MEMBANTU TERLAKSANAKANNYA ACARA INI.TANPA TERKUMPULNYA DANA ,TEMAN TEMAN PANITIA TIDAK BISA BERBUAT APA APA.

NB:BAGI YANG SUDAH MEMBACA INFO INI, HARAP KABAR INI DI SEBARLUASKAN KEPADA SEMUA TEMAN ALUMNI BAIK MELALUI FB, YM ,BLOG,WEBSITE,SMS, TELEPON DAN LESAN.

MARI SEMUA BEKERJA SAMA, MULAI DETIK INI HINGGA SELESAINYA ACARA.

2009/11/08

8 program kerja Mendiknas selama 100 hari pertama

8 program kerja Mendiknas selama 100 hari pertama, dimulai sejak 1 November sampai 1 Januari 2010, antara lain adalah aL :
1. penyediaan internet secara massal di sekolah,
2. penguatan kemampuan kepala dan pengawas sekolah,
3. pemberian beasiswa perguruan tinggi negeri (PTN) untuk siswa
SMA/SMK/MA berprestasi dan kurang mampu,
4, penyusunan kebijakan khusus bagi para guru yang bertugas di daerah
terdepan dan terpencil, 5. penyusunan dan penyempurnaan Rencana
Strategis (Renstra) 2010-2014,
6. pengembangan budaya dan karakter bangsa,
7. pengembangan metodologi belajar mengajar,
8. serta yang terakhir membuat roadmap sinergitas lembaga pendidikan
(Depdiknas-Depag) dengan para pengguna lulusan untuk mengatasi
masalah ketenagakerjaan.

2009/11/08

Blus Batik AYU … dari okrek.com

 

Rp70,000.00

 

Rp70,000.00

 

Rp70,000.00

 

Rp70,000.00

 

Rp70,000.00

 

Rp70,000.00
.
Keterangan lebih lanjut, langsung saja ke webnya www.okrek.com
.
2009/11/08

Latihan soal IPS kelas 9 – dari bank soal untuk menghadapi ujian sekolah

Pilihlah jawaban yang paling tepat!

1. Kualitas penduduk suatu negara dapat ditunjukkan dengan hal-hal berikut, kecuali … .

a. tingginya tingkat pendidikan

b. tingginya angka ketergantungan

c. tingginya angka harapan hidup

d. tingginya tingkat kesehatan

2. Masalah kependudukan yang dialami negara berkembang, kecuali … .

a. laju pertumbuhan penduduknya tinggi

b. persebaran penduduk tidak merata

c. ekspornya berupa barang mentah

d. tingginya angka beban tanggungan

3. Berikut merupakan ciri-ciri negara maju, kecuali … .

a. pendapatan perkapita masyarakatnya tinggi

b. pertumbuhan penduduk tinggi

c. pertumbuhan ekonomi tinggi

d. kualitas penduduk tinggi

4. Berikut merupakan tahap-tahap perkembangan negara menurut Rostow, kecuali … .

a. tahap perdagangan awal

b. tahap prakondisi lepas landas

c. tahap masyarakat tradisional

d. tahap konsumsi massa tinggi

5. Negara-negara di kawasan belahan bumi Utara identik dengan negara-negara maju. Namun demikian ada juga negara maju yang terletak di belahan bumi Selatan yaitu … .

a. Singapura dan Korea Selatan

b. Australia dan Selandia Baru

c. Jepang dan Taiwan

d. Singapura dan Australia

6. Selain sektor industri, perekonomian Jepang juga ditunjang dari sektor pertanian yang sangat maju. Berikut ini adalah beberapa faktor yang mendukung kemajuan sektor pertanian Jepang, kecuali … .

a. memiliki tanah yang subur

b. memiliki dataran rendah yang sangat luas

c. pengobalahan lahan ditunjang dengan mekanisasi pertanian

d. pemanfaatan Iptek untuk menciptakan varietas baru yang unggul

7. Meskipun negara-negara seperti Arab Saudi dan Uni Emirat Arab memiliki

pendapatan perkapita tinggi, namun secara umum negara-negara tersebuh

masih tergolong negara berkembang. Hal tersebut dikarenakan negaranegara

tersebut masih menunjukkan karakteristik negara berkembang seperti

berikut ini, kecuali … .

a. masih banyak penduduknya yang tinggal di pedesaan

b. perekonomiannya masih sangat tergantung pada ekspor bahan mentah

(minyak)

c. masyarakatnya sudah mampu memenuhi kebutuhan primer dan tersier

d. memiliki ketergantungan yang tinggi terhadap bangsa Barat

8. Kesadaran hukum dan penghormatan terhadap hak asasi manusia dijunjung

tinggi merupakan ciri dari … .

a. negara-negara Selatan

b. negara merdeka

c. negara maju

d. negara berkembang

9. Salah satu ciri masyarakat tradisional adalah … .

a. kegiatan ekonomi berorientasi pasar

b. kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan sendiri

c. telah melakukan ekspor impor

d. munculnya peran jasa dalam perdagangan

10. Salah satu faktor kondisi fisik yang mendorong kemajuan sektor peternakan

di Amerika Serikat adalah … .

a. memiliki area praire yang sangat luas

b. memiliki iklim tropis dengan curah hujan tinggi

c. memiliki modal yang besar

d. terdapat wilayah pegunungan yang luas

11. Salah satu faktor yang mendorong kemajuan pertanian di Amerika Serikat adalah adanya pengelolaan lahan secara intensif dengan cara pola pertanian per kawasan. Salah satu diantaranya adalah daerah yang disebut dengan istilah “cotton belt” yaitu suatu kawasan untuk … .

a. kawasan gandum musim dingin

b. kawasan gandum musim semi

c. kawasan lahan jagung

d. kawasan lahan kapas

12. Berikut ini yang bukan termasuk alasan bahwa negara Singapura termasuk kelompok negara maju adalah … .

a. memiliki tingkat pendapatan perkapita tinggi

b. lebih dari 80% penduduknya tinggal di daerah perkotaan

c. komoditas ekspor didominasi oleh bangsa-bangsa hasil produksi

d. luas negaranya relatif kecil

13. Michael Todaro membagi wilayah negara-negara di dunia menjadi kawasan Utara dan kawasan Selatan. Kawasan Utara merupakan sebutan untuk negara-negara maju. Hal tersebut dikarenakan … .

a. sebagian besar negara-negara maju terletak di belahan bumi Utara

b. negara-negara maju dilalui garis balik Utara

c. Amerika Serikat dan Kanada dekat dengan kutub Utara

d. negara-negara di belahan bumi Utara kaya sumber daya alam

14. Salah satu faktor yang menunjang, negara Jepang maju di bidang perikanan adalah perairan Jepang yang kaya ikan. Hal tersebut dikarenakan … .

a. Jepang terletak di daerah lintang Utara

b. Jepang memiliki iklim yang bervariasi

c. adanya pertemuan arus hangat (Kurosyiwo) dan arus dingin (Oyasyiwo)

d. Jepang mempunyai teknologi pengolahan ikan yang canggih

16. Rendahnya pendapatan perkapita terkait dengan hal-hal berikut, kecuali … .

a. minimnya ketersediaan sumber-sumber alam

b. rendahnya tingkat pendidikan

c. tingginya angka kemiskinan dan pengangguran

d. tingginya angka beban ketergantungan

17. Sebagai negara yang menganut paham ekonomi kapitalis dan perdagangan bebas, Amerika Serikat menjalin hubungan dagang dengan hampir semua negara di dunia. Berikut ini yang bukan termasuk komoditas ekspor negara AS adalah … .

a. mesin-mesin otomotif

b. persenjataan

c. bahan-bahan baku industri

d. bahan-bahan kimia

18. Meskipun didominasi oleh wilayah gurun, sektor pertanian Mesir cukup maju. Hal tersebut karena … .

a. Mesir dilalui aliran Sungai Nil dengan kawasan lembah dan delta yang subur

b. Mesir memiliki iklim tropis yang banyak curah hujan

c. ditunjang oleh mekanisasi pertanian yang canggih

d. memiliki modal yang besar

19. Salah satu ciri negara-negara berkembang adalah produktivitas masyarakatnya masih didominasi barang-barang primer, hal ini dikarenakan … .

a. keterbatasan fasilitas umum

b. kualitas penduduk masih rendah

c. miskin kekayaan alam

d. sebagian besar penduduk bercorak agraris

20. Pada umumnya, sektor industri yang dikembangkan di negara-negara berkembang adalah industri yang bersifat padat karya. Hal tersebut dikarenakan alasan … .

a. modal yang kurang

b. kemajuan teknologi

c. penduduk yang banyak

d. tingkat pendidikan yang rendah

…. Bersambung…

dari buku sekolah

2009/11/07

Timelapse = Selang waktu,

Timelapse = Selang waktu.

Teknik sinematografi yang memungkinkan untuk mengekspose setiap bingkai berdasarkan selang waktu yang telah ditetapkan dari awal. Bila direkam dan diputar ulang dengan kecepatan normal akan terlihat proses yang sesungguhnya melalui waktu panjang kedalam waktu yang dipadatkan. Contoh : proses mekarnya bunga, menetasnya telur ayam dsb.

2009/11/05

Santoana – dongeng (mungkin bisa juga untuk bahan naskah drama)

Pada zaman dahulu di Pulau Jawa, hiduplah seekor burung cantik bernama Merak.

Bulunya mengkilat, berwarna indah. Lehernya panjang jenjang dengan kibasan ekor bagaikan kipas.

Merak yang cantik ini mendengar cerita dari teman-temannya sesama burung.

“Ada seekor burung gagah bernama Santoana. Burung ini tinggal di Pulau Sumbawa.

Hanya burung inilah yang pantas menjadi jodohmu. Kamu cantik dan Santoana gagah…”

Hampir setiap hari Merak mendengar kata-kata ini dari teman-temanya. Akhirnya, pada suatu hari, Merak memutuskan untuk mencari Santoana.

Di suatu pagi yang dingin, Merak pun pergi meninggalkan Pulau Jawa, yang ada di pikirannya hanyalah Santoana yang tampan. Perjalanan Merak memakan waktu berhari-hari. Beberapa laut dan pulau sudah dilewati.

Ketika ia bertanya pada burung di setiap pulau, jawabannya selalu sama, “Terbanglah terus! Pulau itu berada agak jauh ke timur.”

Jawaban dari para burung itu tidak membuat Merak putus asa. Ia terus terbang, terbang… sampai akhirnya ia tiba di sebuah pulau yang sangat panjang. Bertanyalah Merak dengan napas terengah-engah.

“Pulau apakah ini?”

“Ini adalah Pulau Panjang,” jawab Camar santun.

“Masih jauhkah tanah Sumbawa?” tanya Merak lagi.

“O, pulau yang terbentang di depan kita itu adalah Pulau Sumbawa.

Mendengar jawaban Camar, Merak pun sangat gembira. Setelah mengucapkan terima kasih, tanpa merasa lelah dia pun terbang lagi.

Pulau Sumbawa akhirnya berhasil ia pijak. Kini ia tinggal mencari Santoana.

Merak melangkah gemulai di sekitar pantai. Ekornya terkibas, leher jenjangnya melongok ke kiri dan ke kanan.

Setelah agak lama mengitari pantai bertemulah dia dengan burung hitam besar yang sedang mencari makan di tepi pantai. Orang Sumbawa menyebutnya Bongarasang.

Merak mendekat dan menceritakan maksud kedatangannya ke Pulau Sumbawa.

Ia juga bertanya tentang Santoana. Bongarasang sangat terpesona melihat Merak yang cantik. Timbullah akal liciknya. Bongarasang pura-pura diam dan tertunduk malu.

“Kenapa diam?” tanya Merak tak sabar.

“Aku diam dan malu karena akulah yang kau cari,” kata Bongarasang berbohong.

Merak lemas mendengar perkataan Bongarasang.

“Indah kabar daripada rupa,” keluhnya kecewa, sebab Bongarasang tidak setampan yang ia bayangkan.

Akan tetapi, karena sudah niatnya untuk menikah dengan Santoana, akhirnya Merak menikah dengan Bongarasang yang dianggapnya Santoana.

Waktu pun berlalu. Akhirnya pasangan itu mempunyai anak. Merak dan Bongarasang berencana mengadakan pesta besar. Bongarasang juga ingin memperkenalkan istrinya yang cantik kepada semua undangan.

Hari pesta pun tiba. Semua undangan berdatangan. Burung tua ketua adat juga datang. Merak dan anaknya sudah berdandan di tengah ruangan. Semua tamu memuji kecantikan ibu muda yang berasal dari Pulau Jawa itu. Bongarasang tersenyum bangga.

Ketika acara gunting bulu untuk keselamatan bayi burung akan dimulai, berkatalah ketua adat, “Tunggu sebentar, Santoana belum datang.”

Mendengar kata ketua adat itu, seketika wajah Merak berubah merah. Ia sangat marah kepada suaminya yang telah berbohong. Bongarasang tertunduk takut Merak menunggu dengan dada berdebar. Seperti apakah gerangan Santoana?

Dari kejauhan, Santoana datang dengan gagahnya. Bulunya indah mengkilat tertimpa sinar mentari. Suaranya terdengar nyaring. Pinggulnya melenggok dengan ekor berwarna hijau tua. Berjuntai tertiup angin. Bulu-bulu halus dengan perpaduan warna yang sangat indah, membungkus badan dan lehernya.

Tiba-tiba Merak terbang meninggalkan keramaian pesta. Hatinya sakit tak terkira menyangka kalau selama ini dia sudah dibohongi. Sambil menitikkan air mata, ia melantunkan lagu sedih daerah Sumbawa.

Kulempat let biru do,

Ku buya sanak parana

Kudapat taruna kokoh

(Kulewati beberapa pulau dan samudra, untuk mendapat jodoh yang sepadan, namun bertemu dengan lelaki pembohong)

Akhirnya Merak meninggalkan Pulau Sumbawa dengan perasaan malu dan kecewa. Anaknya ikut malu dan bersembunyi di dalam tanah. Sampai sekarang anak burung itu tetap bersarang di dalam tanah. Namanya Bartong. Santoana kemudian dikenal dengan nama Ayam hutan.

Menurut cerita, itulah sebabnya burung Merak tidak ada di Pulau Sumbawa sampai sekarang.

(Cerita rakyat Sumbawa – Nusa Tenggara Barat, diceritakan kembali oleh Agung TE Syahbuddin) Sumber: Bobo, 14 September 2006

dari buku sekolah

2009/11/05

Istilah-itilah dalam bidang pendidikan Kewarganegaraan (PKN)

konflik perselisihan atau pertentangan

kontingen rombongan yang dikirim untuk bergabung dengan kelompok yang lebih besar

lembaga badan atau organisasi yang tujuannya melakukan suatu penyelidikan atau melakukan suatu usaha

liberal paham yang menganut kebebasan

liga perserikatan antara beberapa negara

mandiri dapat berdiri sendiri atau tidak tergantung orang lain

misi utusan yang dikirim oleh suatu negara ke negara lain untuk melakukan tugas khusus

nilai sifat-sifat yang penting atau berguna bagi manusia

norma aturan atau ketentuan yang mengikat warga kelompok masyarakat

organisasi kelompok kerja sama untuk mencapai tujuan bersama

otonomi pemerintahan sendiri

partai perkumpulan orang-orang yang mempunyai asas yang sama

piagam surat resmi yang berisi pernyataan atau berisi peneguhan sesuatu hal

preambule pendahuluan

prerogatif hak istimewa yang dipunyai kepala negara mengenai hukum dan undang-undang di luar kekuasaan badan-badan perwakilan

priyayi orang yang kedudukannya dihormati oleh masyarakat

regional bersifat daerah; kedaerahan

republik bentuk pemerintahan yang berkedaulatan rakyat dan dikepalai oleh seorang presiden

rezim pemerintahan yang berkuasa

sekretariat bagian organisasi yang menangani pekerjaan dan urusan yang menjadi tugas sekretaris

sidang pertemuan untuk membicarakan sesuatu

sistem perangkat unsur yang secara teratur saling berkaitan sehingga membentuk suatu kesatuan

solidaritas perasaan setia kawan

stabilitas kemantapan; kestabilan; keseimbangan

status kedudukan dalam suatu tempat tertentu

teritorial mengenai bagian dari suatu wilayah negara

terorisme penggunaan kekerasan untuk menimbulkan ketakutandalam usaha untuk mencapai tujuan

toleransi membiarkan atau membolehkan adanya pendirian atau pendapat yang berbeda

Tag:
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.955 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: